Cara mengaktifkan mode gratis Messenger (disemua operator)

Menjadi salah satu sosial media terbaik, membuat Facebook terus meluncurkan banyak fitur menarik. Salah satunya ialah memungkinkan penggunanya untuk bisa menggunakan mode gratis Facebook yang pernah aku bahas sebelumnya.

Tapi yang lebih menarik, mode gratis ini tidak hanya di Facebook saja. Melainkan bisa juga kamu dapatkan di aplikasi Messenger, atau tempat chatting-an dari Facebook.

Sederhananya, mode gratis di Messenger ini berfungsi untuk memungkinkan kamu bisa mendapatkan pesan walaupun tanpa memakai koneksi internet.

Mau tahu bagaimana cara mengaktifkan mode gratis Messenger? Lalu operator apa saja yang support fitur ini? Kalau begitu, simak panduan dan pembahasanku di sini.

Langkah-langkah mengaktifkan mode gratis Messenger

Bagi kamu yang ingin mengaktifkan mode gratis Messenger sebenarnya caranya cukup mudah. Karena kamu hanya perlu membuka Messenger dan cari pengaturan mode gratis saja.

Kalau ingin lebih jelas, bisa ikuti panduanku di bawah ini.

1. Buka aplikasi messenger kamu.
2. Tap foto profil kamu dipojok kiri atas.
3. Gulir kebawah dan cari menu “Messenger Gratis”

4. Dihalaman pengaturan “Messenger Gratis”, geser tombol navigasi untuk mengaktifkannya.

Aktifkan Messenger Gratis

5. Selesai. Pahami juga fitur ini dengan membaca pesan yang tertera di halaman “Messenger gratis” tersebut.

Singkatnya, Messenger gratis ini hanya bisa berfungsi untuk pesan masuk saja. Sedangkan kalau kamu ingin mengirim pesan keluar, maka memerlukan kuota data.

Keterbatasan Mode Gratis Messenger

Langsung saja, berikut adalah keterbatasan mode gratis Messenger setelah aku coba testing pakai sendiri.

  • Hanya bisa menerima pesan masuk, tidak bisa mengirim pesan keluar kalau tidak punya kuota data.
  • Hanya bisa menerima pesan teks, tidak bisa menerima video ataupun gambar di mode gratis.

Kesimpulan dariku, fitur mode gratis Messenger ini hanya cocok dipakai untuk mendapatkan pesan masuk saja ketika kamu tidak mempunyai kuota. Karena di fitur ini, belum bisa dipakai untuk chatting-an (mengirim dan menerima pesan).

Testing mode gratis Messenger di hampir semua operator

Aku pernah mendapatkan pertanyaan, mengenai operator apa saja yang sudah mendukung fitur ini. Sebenarnya ini pertanyaan yang menarik, karena menurut hasil testing yang aku lakukan, memang tidak semua operator support mode gratis di Messenger ini.

Berikut hasil testing yang sudah aku lakukan di beberapa operator:

1. Di Kartu Telkomsel (bisa)

Pertama aku coba testing menggunakan kartu Telkomsel. Karena kebetulan sekarang kartu utama yang aku pakai ialah provider ini.

Di kartu Telkomsel, mode gratis Messenger ini sudah support ya dan pesan dari orang lain masuk ke Messenger aku. Meskipun akun mengubahnya ke data 2G atau edge sekalipun.

2. Di Kartu Indosat Ooredoo (bisa)

Selanjutnya aku coba testing di kartu IM3 dari Indosat Ooredoo. Di kartu ini juga support memakai mode gratis di Messenger.

Karena aku tetap mendapatkan pesan dari orang lain di Messenger meskipun aku tidak punya kuota di kartu ini.

3. Di kartu XL Axiata (bisa)

Kemudian untuk XL Axiata juga sudah mendukung fitur mode gratis dari Messenger ini. Karena di sini, aku coba pakai jaringan edge untuk menerima pesan dan ternyata masuk.

4. Di kartu Axis tidak tersedia

Lalu aku coba pakai operator grup dari XL Axiata, yaitu Axis. Sayangnya operator Axis ini belum mendukung fitur mode gratis dari Messenger.

Contohnya seperti saat aku ubah ke edge di gambar ke dua tapi pesannya tidak masuk. Setelah aku hubungkan WiFi atau terkoneksi data internet, pesan Messenger ke operator Axis ini baru bisa masuk.

Tes Mode Gratis Messenger di Axis
Dijaringan wifi pesan masuk

5. Di kartu By.u tidak tersedia

Terakhir di kartu By.U sayangnya belum support fitur mode gratis Messenger ini.

Di kartu ini, kebetulan aku juga tidak mempunyai kuota, tapi seharusnya tetap bisa mendapatkan pesan masuk di Messenger kalau memang support. Ternyata pesan tidak masuk.

Setelah aku coba ganti ke operator Telkomsel dengan jaringan edge, semua pesan masuk untuk testing baru masuk ke aplikasi Messenger aku.

 Tes Mode Gratis Messenger di By.u
Dijaringan telkomsel pesan masuk

6. Di kartu Tri (3) tidak tersedia

Berikut hasil percobaan di kartu tri (3), menu “Messenger gratis” tidak tersedia. Artinya fitur ini tidak tersedia.

Apakah Messenger lite mempunyai mode gratis?

Sayangnya aplikasi Messenger Lite belum mempunyai fitur mode gratis. Aku sudah coba mencoba untuk melihat-lihat semua menu, baik di pengaturan atau halaman awal Messenger Lite dan fitur ini belum tersedia.

Tapi untuk kamu yang sering chatting-an di Messenger, menurutku menggunakan Messenger Lite merupakan salah satu opsi terbaik. Terutama untuk menghemat kuota kamu.


Kesimpulannya untuk mengaktifkan mode gratis di Messenger tidaklah sulit ataupun ribut. Namun kamu perlu menggunakan kartu provider yang memang bisa pakai mode ini.

Kenapa tidak semua provider bisa? Ini tergantung kerja sama provider dengan Facebook.


Sekian dariku, semoga informasi yang aku berikan bisa bermanfaat untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *