Berapa kuota yang dibutuhkan untuk Facebook-an setiap hari?

Facebook adalah sosial media yang masih populer sampai saat ini. Kemanapun perginya, dimanapun lokasinya, Facebook masih menjadi sosmed andalan meskipun hanya untuk sekedar mencari info – info terbaru atau melihat aktivitas teman – teman di beranda.

Saat kamu membuka Facebook, hal yang paling penting agar kamu tetap bisa mengaksesnya adalah kuota internet. Yap. Kuota internet (data) kini menjadi prioritas, bahkan bisa saja disebut sebagai kebutuhan primer bagi pemilik smartphone.

Besar kecilnya penggunaan kuota data tentu tergantung dengan kebiasaan kamu dalam mengakses internet. Jika kamu setiap hari dalam waktu berjam – jam membuka sosmed tertentu, tentu kuota data milikmu akan sangat cepat menyusut.

Terlebih Facebook. Banyak masyarakat sosmed beranggapan bahwa Facebook adalah monster pemangsa kuota data. Benarkah demikian?

Untuk menjawabnya, aku akan menjelaskan tentang seberapa besar sih sebenarnya kuota data yang digunakan untuk mengakses Facebook. Yuk simak!

Berapa besaran kuota data untuk Facebook?

Jika pertanyaannya seperti itu, jawabannya tentu tidak pasti. Karena masing – masing orang punya kebiasaan dan cara penggunaan yang berbeda. Tapi meskipun begitu, kita dapat meng-estimasi atau memperkirakan saja berapa kuota data yang dapat dihabiskan untuk ber-Facebook ria.

Dilansir dari situs wirefly.com, jika kamu mengakses Facebook menggunakan aplikasi Facebook standar maka kuota data yang akan dihabiskan berkisar 1.5 Mega Byte (MB) per menit. Dengan catatan, kamu mengakses Facebook hanya untuk scroll down beranda kamu, melihat postingan – postingan terbaru baik teks maupun foto –foto.

Berbeda halnya jika kamu juga menonton video di Facebook, kamu akan menghabiskan kuota data sebesar kurang lebih 2.6 MB per menit. Tetapi hal itu juga tergantung pada kualitas video yang di tonton.

Melihat dari perkiraan di atas, jika kamu mengakses Facebook untuk melihat news feeds, foto – foto dan juga video dalam waktu satu jam, diperkirakan kamu akan menghabiskan kuota data sebesar 246 MB. Namun jika kamu mengakses Facebook hanya untuk melihat news feeds atau foto – foto saja tanpa menonton video dalam waktu satu jam, berarti kurang lebih kamu akan menghabiskan kuota data sebesar 90 MB.

Nah, jika misalnya dibuat dalam waktu satu bulan (30 hari) dengan penggunaan Facebook standar 1 jam perhari tanpa menonton video, berarti kamu akan menghabiskan kuota data sebesar 90×30=2700 MB atau 2.7 GB dalam sebulan hanya untuk mengakses Facebook.

Nah, dalam sehari kamu bisa mengakses Facebook berapa jam? Kamu tinggal kalikan saja untuk mengetahui perkiraan kuota data yang habis kamu gunakan untuk Facebookan.

Jadi jika aku mengambil kesimpulan menurut informasi diatas, jika kamu mengakses Facebook selama satu jam dalam satu bulan akan menghabiskan kuota sebesar 2.7 GB – 7.3 GB.

Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu juga menghabiskan kuota data sebesar itu untuk Facebookan? Atau justru lebih kecil?

Berapa besaran kuota Facebook versi penulis?

Kalau dari versi aku, aku termasuk orang yang tidak betah berlama – lama di Facebook. Dalam sehari mungkin aku hanya membuka Facebook hanya sekali dan dalam waktu sekitar satu jam.

Saat membuka Facebook pun, aku hanya melihat – lihat news feeds dari teman Facebook, grup – grup Facebook, atau melihat update-an story mereka.

Selain itu aku tidak pernah menonton video – video yang tersebar di Facebook, jadi aku bisa pastikan bahwa saat aku Facebookan hanya akan mengabiskan kuota data yang sedikit.

Begini sedikit perhitungannya. Aku sudah mencoba menghitung jumlah kuota data yang ku habiskan dalam waktu 30 menit menggunakan signal standar (2G/3G). Sebelum aku membuka Facebook, kuota data milikku sebesar 843.3 MB. Lalu aku mulai Facebookan hingga 30 menit.

Sepanjang 30 menit, aku hanya melihat – lihat beranda Facebook. Melihat update-an teman – teman Facebook, membuka grup pasar online, melihat story terbaru dari teman – teman, dan aku juga meng-upload beberapa foto ke timeline ku.

Setelah 30  menit aku menjelajahi Facebook, lalu aku langsung cek kembali jumlah kuota data untuk melihat berapa banyak kuota yang tersedot selama menggunakan Facebook.

Ternyata jumlah kuota data milikku kini sebesar 824.8 MB. Itu artinya kuota data hanya berkurang sebesar 18.5 MB dalam waktu 30 menit. Berarti jika aku menggunakan Facebook dalam waktu satu jam, kuota yang tersedot sebesar 37 MB.

Itu artinya jika aku menggunakan Facebook selama satu jam perhari dalam waktu 30 hari, maka kuota data yang akan tersedot sebesar 1110 MB atau 1.1 GB.

Bila dibandingkan, menurut wirefly.com diatas, seseorang bisa menghabiskan 2.7 GB per bulan untuk mengakses Facebook (tanpa menonton video), dimana per harinya hanya mengakses Facebook dalam waktu satu jam. Sedangkan versi aku, aku bisa menghabiskan 1.1 GB per bulan untuk mengakses Facebook (tanpa menonton video) dengan menggunakan sinyal standar (2G/3G), dimana per harinya hanya mengakses Facebook dalam waktu satu jam.

Bagaimana menurut kamu? Mana yang lebih rasional? Memang terlihat sangat jauh perbedaannya antara versi wirefly.com dengan versi ku. Karena kualitas kecepatan internet di luar negeri tentu berbeda dengan di Indonesia. Semakin cepat kecepatan internetnya, aku rasa semakin besar juga kuota data yang tersedot.

Bagaimana cara menghemat kuota di Facebook?

Bagi para Facebook addict, kuota data masih menjadi keresahan berarti. Kuota sejumlah lebih dari 1 GB telah dihabiskan dalam waktu satu bulan hanya untuk Facebookan.

Tapi sebenarnya kamu tidak usah khawatir. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota kamu saat mengakses Facebook.

Kamu bisa lebih menghemat kuota dengan cara seperti menggunakan wifi saat online Facebook, menggunakana aplikasi Facebook Lite, atau bahkan menggunakan Facebook mode gratis.

Facebook mode gratis adalah sebuah layanan dari Facebook yang bekerja sama dengan penyedia layanan internet dimana penyedia layanan tersebut menghapuskan biaya data untuk mengakses Facebook di ponsel. Tetapi Facebook mode gratis ini tentu memiliki perbedaan dengan Facebook mode data seperti yang biasa kamu gunakan.

Facebook mode gratis memungkinkan kamu untuk tetap bisa Facebookan tetapi tidak memuat gambar / foto. Jadi hanya berupa teks saja.

Ini tentu sangat membantu kamu untuk lebih menghemat kuota data di Facebook. Silahkan mengaktifkan Facebook mode gratis untuk bisa menikmati layanan dari Facebook ini.

Kesimpulan

Besar kecilnya jumlah kuota data yang terpakai untuk mengakses Facebook tentu tidak dapat diukur secara pasti. Masing – masing individu pasti memiliki kebiasaan yang berbeda saat online di Facebook. Belum lagi kecepatan internet di masing – masing daerah berbeda.

Jadi penjelasan diatas hanya bisa dijadikan acuan saja. Kamu bisa melihat sekaligus memperkirakan sendiri seberapa besar kira – kira penggunaan kuota data milikmu untuk mengakses Facebook.

Share woy :D

ariskisaputri

my contact : email : [email protected] | or my twitter : @AriskiSaputri

Tinggalkan Balasan