Cara chat dan cek inbox di Facebook tanpa messenger

Beberapa tahun yang lalu, Facebook memutuskan untuk memisahkan fitur inbox dari aplikasinya. Sehingga, aplikasi Facebook dan Messenger sudah tidak lagi menjadi satu kesatuan.

Untuk dapat menggunakan fitur inbox, kita diharuskan memasang aplikasi Messenger secara terpisah. Pemisahan aplikasi ini ditujukan agar Facebook dapat memaksimalkan fitur dari masing-masing aplikasi.

tampilan aplikasi facebook ketika kita membuka inbox

Saat ini, jika kita membuka inbox di aplikasi Facebook akan muncul tampilan seperti pada gambar di atas. Kita akan diarahkan untuk memasang aplikasi Messenger.

Hal ini mungkin akan mempersulit sebagian orang. Ini dikarenakan ukuran dari aplikasi Facebook sendiri saja sudah memakan memori yang cukup banyak. Jika kita masih diharuskan untuk menginstall aplikasi Messenger tentu saja memori yang terpakai akan lebih banyak. Ruang memori akan menjadi semakin sempit.

Pada artikel ini, Bukugue dot com akan memberikan tutorial mengenai bagaimana cara membuka inbox atau kotak pesan di FB tanpa Messenger.

Buka inbox Facebook di aplikasi Fb Lite

Yang pertama, kita bisa menggunakan aplikasi Facebook Lite untuk membuka inbox Facebook. Facebook Lite pada dasarnya merupakan versi light atau ringan dari aplikasi Facebook. Meskipun ringan, uniknya kita masih dapat menjumpai fitur inbox pada aplikasi ini.

1. Unduh dan install aplikasi Facebook Lite di playstore. Kamu dapat mengunduhnya melalui link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.facebook.lite

2. Setelah memasang aplikasi ini di HPmu, buka aplikasi Facebook Lite dan login akun Facebook.

login aplikasi facebook lite

3. Setelah login ke akun Facebookmu, kamu dapat mencoba untuk mengecek inbox Facebook melalui aplikasi ini.

4. Kamu dapat chat seperti biasa, dan mengirimkan stiker kepada temanmu melalui inbox di aplikasi Facebook Lite ini.

Namun karena aplikasi Lite adalah versi mini dari Facebook, tentu saja ada beberapa fitur yang tidak tersedia. Misalnya video call, filter, percakapan rahasia, dan sebagainya.

Buka inbox Facebook dengan aplikasi pihak ketiga seperti Mako

Selain dengan menggunakan aplikasi Facebook Lite, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga (non-official atau tidak resmi). Biasanya aplikasi pihak ketiga dapat menawarkan fitur-fitur yang mungkin tidak disediakan oleh aplikasi resmi.

Salah satu rekomendasi aplikasi yang dapat kita gunakan saat ini adalah Mako. Selain menyediakan fitur untuk Facebook, aplikasi Mako juga menyediakan fitur untuk login akun Twitter, Instagram, Telegram, Reddit, dan masih banyak lagi.

Nah readers, untuk mengetahui bagaimana cara membuka inbox dengan menggunakan aplikasi Mako, silahkan baca langkah-langkah berikut ini.

1. Download aplikasi Mako di playstore, aplikasi ini cukup ringan jika dibandingkan dengan aplikasi Messenger. Aplikasi ini hanya berukuran 3,8 MB saja.

Admin note: Barusan aku cek aplikasinya di playstore, entah kenapa nama aplikasinya sekarang berubah jadi “Maki”.

install aplikasi mako

2. Buka aplikasi Mako tsbt, lalu login ke akun Facebook-mu dengan memasukkan username dan password di kolom yang tersedia.

masuk akun facebook di aplikasi mako

3. Setelah login, kamu dapat membuka inbox Facebook melalui ikon pesan. Berbeda dengan aplikasi Facebook Lite yang meletakkan menu bar pada bagian atas, menu bar aplikasi Mako berada pada ujung bawah tampilan.

buka ikon pesan di ujung bawah tampilan

4. Kini kamu dapat mencoba untuk berkirim pesan chat dengan teman-temanmu di Facebook.

tampilan inbox facebook di aplikasi mako

5. Selesai.

Menggunakan Mako untuk menggantikan aplikasi Messenger memang cukup menghemat ruang memori.

Terlebih lagi, kamu tidak hanya mendapatkan fitur Messenger Facebook saja. Kamu juga akan mendapatkan fitur untuk membuka aplikasi Messenger lainnya seperti Telegram. Namun, tetap saja, aplikasi Mako tidak dapat menawarkan fitur seperti video call seperti halnya aplikasi Messenger.

pilihan media sosial lainnya di aplikasi mako

Buka inbox Facebook di browser

Cara lain untuk membuka inbox Facebook tanpa Messenger adalah dengan menggunakan browser di smartphonemu. Tanpa menggunakan tambahan aplikasi pun, kamu masih bisa membuka inbox Facebook. Kamu bebas menggunakan browser apapun yang terpasang di HPmu. Namun kali ini kami akan mencontohkannya dengan menggunakan browser Chrome.

1. Buka link https://m.facebook.com di browser kamu.
2. Setelah itu login ke-akun Facebook seperti biasa.

login facebook mobile di chrome

3. Cobalah untuk membuka inbox Facebook. Kamu dapat membukanya melalui ikon pesan. Berikut tampilan inbox di situs facebook versi mobile.

4. Kamu bisa berkirim pesan disini, namun memang fitur yang disediakan disini tidak jauh berbeda dengan Facebook Lite. Pengguna masih dapat mengirimkan stiker ke lawan bicara seperti halnya pada Facebook Lite. Namun sekali lagi, fiturnya tidak selengkap saat menggunakan “messenger”.


Membuka inbox Facebook saat ini mudah untuk dilakukan. Kita juga memiliki berbagai macam pilihan untuk membukanya. Mulai dari menginstall aplikasi Facebook Lite, menggunakan aplikasi Mako, maupun menggunakan browser.

Cara tersebut memang mempermudah kita untuk membuka inbox tanpa Messenger. Namun fitur yang ditawarkan memang lebih sedikit. Jika kamu masih ingin mendapatkan fitur yang lengkap, seperti filter dan video call, menginstall aplikasi Messenger adalah pilihan tepat.

Namun jika kamu hanya ingin sekedar membuka pesan dan tidak membutuhkan fitur tersebut, ketiga pilihan tadi dapat kamu pertimbangkan. Mana yang sesuai dengan preferensimu?

Oh iya, selain aplikasi Messenger, Facebook juga menyediakan aplikasi resmi bernama Messenger Lite. Aplikasi ini memiliki ukuran yang lebih ringan dari Messenger biasa. Messenger Lite juga menyediakan fitur video call bagi kamu yang gemar melakukan panggilan video.

Untuk mengetahui bagaimana perbedaan fitur diatara kedua aplikasi ini, silahkan baca artikel berikut ini: https://bukugue.com/messenger-vs-messenger-lite/


Bagaimana, sekarang apakah kamu sudah bisa membuka inbox Facebook tanpa menggunakan aplikasi Messenger? Jika masih ada uraian yang kurang jelas, silahkan tanyakan pada kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan