Apa itu Msgstore.db.crypt14 di Whatsapp? Apakah Boleh Dihapus?

Ditulis pada

Diperbarui

Disini aku akan jelaskan apa sebenarnya file Msgstore.db.crypt14 ini, dan apakah file tsbt aman untuk dihapus. Langsung saja disimak.

Apa Sebenarnya File Msgstore.db.crypt14 ini dan apa fungsinya

Msgstore.db.crypt14 adalah file cadangan terenkripsi yang dibuat oleh WhatsApp untuk membackup riwayat obrolan kita di WhatsApp.

Fungsi file ini ya itu, sebagai file backup offline yang bisa digunakan untuk mengembalikan riwayat percakapan kamu. Semisal kamu tidak sengaja menghapus aplikasi WhatsApp, kamu bisa install ulang aplikasi WhatsApp, dan saat proses login, aplikasi akan mendeteksi dan menggunakan file tsbt untuk pemulihan riwayat chat kamu.

Jika kamu membuka folder “Databases” di “WhatsApp”, kita akan menemukan banyak file msgstore sekaligus.

File mgstore memiliki dua tipe, yaitu: file mgstore utama dan file mgstore yang telah dicadangkan.
File msgstore dari Whatsapp bisnisku.

Tidak perlu bingung dalam membedakannya. Kita hanya perlu menggolongkan file msgstore ini ke dalam dua tipe. Yaitu “file msgstore utama” dan “file msgstore lama”.

Tipe pertama, “file msgstore utama” adalah file yang bernama “msgstore.db.crypt14”.

Dan tipe kedua, “file msgstore lama” adalah file yang dibagian tengah namanya ditambahkan timestamp (informasi waktu). Timestamp yang terdapat pada file msgstore lama ini mengacu pada waktu pembuatannya yang terdiri dari tahun, bulan, dan tanggal. Misalnya, “msgstore-2022-12-14.1.db.crypt14” yang berarti file msgstore trsbt dibuat tanggal 14 Desember 2022.

File msgstore utama dan lama dibuat secara otomatis oleh Whatsapp. Whatsapp akan melakukan penghapusan file msgstore lama dan menggantinya dengan file msgstore baru secara berkala. Bisa satu minggu, dua minggu, sebulan, atau beberapa bulan sekali, tergantung pengaturan backup kalian.

Bolehkan file Msgstore Ini di Hapus?

Apakah file msgstore boleh dihapus? Mungkin itu pertanyaan yang terlintas saat melihat ukuran file-file msgstore di folder “Databases” yang tergolong besar.

Jawabannya adalah boleh, tapi kamu sebaiknya tidak menghapus file msgstore utama. Kamu bisa menghapus file msgstore lama. Selain itu disarankan kamu juga mengatur agar backup WhatsApp tersync ke google drive, jadi jikalau penghapusan file msgstore ini mengakibatkan sesuatu yang tidak diinginkan, kamu masih punya file backup di cloud (dalam hal ini google drive).

Total kapasitas file mgstore Whatsapp bisa kecil (ukuran KB), bisa juga besar (ukuran MB, bahkan GB).
File msgstore Whatsapp biasa milikku ukurannya sekitar 350-an MB.

Langkah-langkah Menghapus File Msgstore Cadangan di WhatsApp

Kamu hanya perlu membuka File Manager, lalu mengakses folder Whatsapp dan folder Databases. Selanjutnya, kamu tinggal hapus file msgstore cadangan secara manual dari sana.

Berikut langkah-langkah detailnya:

  1. Buka aplikasi File Manager di ponselmu. Pilih dan buka opsi menu penyimpanan internal.
  2. Buka folder “WhatsApp”, lalu pilih folder “Databases”.
  1. Tap dan tahan file-file msgstore cadangan agak lama hingga muncul ceklis dan blok berwarna biru. Sekali lagi, hanya hapus file cadangan, jangan file utama.
Tap dan tahan sebentar file mgstore cadangan sampai muncul ceklis.
  1. Setelah itu, tap ikon tempat sampah untuk menghapus file msgstore.
  2. Lalu, tap “Ok” saat muncul popup notifikasi untuk mengkonfirmasi penghapusan file msgstore.
Tap ikon tempat sampah untuk menghapus file mgstore, lalu tap ok ketika muncul popup konfirmasi.
  1. Selesai.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan terkait file msgstore ini serta boleh tidaknya file tsbt dihapus. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *