Cara backup dan restore chat WhatsApp

Whatsapp memiliki fitur untuk mencadangkan seluruh riwayat chat agar tidak hilang ketika kita menginstal ulang aplikasi whatsapp atau memindahkan whatsapp ke perangkat baru.

Proses pencadangan ini biasa disebut backup. Sedangkan proses pemulihan datanya disebut restore. Proses backup dan restore ini bisa dibilang tidak terpisahkan. Karena tidak akan mungkin bisa restore (pengembalian data) tanpa ada proses backup (cadangkan data).

Jadi backup disini berfungsi untuk membuat copy dari data yang ada sekarang, dan copy tadi akan disimpan di penyimpanan lokal ataupun penyimpanan cloud. Sedangkan restore adalah proses pemulihan data tadi.

Aku harap bisa dimengerti ya terminologinya disini.

Pencadangan data Whatsapp bisa dilakukan menggunakan Google Drive atau pencadangan lokal. Pencadangan lokal dibuat otomatis setiap pukul 02.00 dini hari dan akan disimpan di memori telepon sebagai file.

Di sini penulis akan menerangkan cara backup dan restore chat whatsapp via google drive karena langkah ini adalah cara yang paling mudah untuk mentransfer data dari hp lama ke hp baru.

Cara backup chat Whatsapp lewat Google Drive

Sebelum memulai proses pencadangan, pastikan dulu hp kamu memiliki daya baterai yang masih banyak karena biasanya proses ini memakan waktu yang lama.

Selain itu pastikan juga hp-mu tersambung wifi karena semakin banyak riwayat chat yang harus dicadangkan, maka ukurannya juga semakin yang besar. Oleh sebab itu, kamu harus menghapus chat yang tidak penting terlebih dahulu.

Jika kamu tidak menggunakan wifi, pastikan data selularmu cukup untuk mencadangkan seluruh chat.

Untuk mulai proses backup chat ke Google Drive, perhatikan setiap langkah dan penjelasan di bawah ini karena proses ini “sedikit” rumit.

1. Buka aplikasi whatsapp dan ketuk tanda titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas. Perhatikan gambar di bawah ini.

ketuk tombol titik tiga di pojok kanan atas

2. Pilih menu “Setelan” yang ada di kolom paling bawah.

Pilih Setelan

3. Selanjutnya kamu bisa mengetuk menu “Chat”.

Ketuk menu “Chat”

4. Pilih menu “Cadangan Chat” yang ada di bagian bawah.

Pilih menu “Cadangan Chat”

5. Kamu akan masuk ke pengaturan cadangan (backup) chat seperti gambar dibawah ini. Yang ada di kotak merah ada data backup terakhir. Jika kamu belum pernah backup maka biasanya disana masih kosong.

Tunggu proses uploadnya hingga 100% dan muncul keterangan seperti ini

Perhatikan beberapa menu di “Setelan Google Drive” yang ada di bagian bawah, karena kita akan backup data nya ke google drive.

Cadangkan ke Google Drive. Menu ini akan meminta kamu untuk mengatur frekuensi pencadangan. Kamu bisa memilih Jangan pernah, Hanya ketika saya mengetuk “Cadangkan”, harian, mingguan, atau bulanan.

Atur frekuensi pencadangan

Pilih akun Google. Pada menu ini kamu harus memasukkan akun googlemu. Jika kamu tidak memiliki akun google yang siap digunakan, ketuk tambahkan akun ketika diminta.

Masukkan akun googlemu

Cadangkan melalui. Menu ini memintamu untuk memilih jaringan yang ingin kamu gunakan untuk malakukan pencadangan. Sebaiknya pilihlah wifi untuk menekan pemakaian biaya tambahan pada data selular.

Pilih jaringan yang ingin kamu gunakan untuk malakukan pencadangan

Sertakan video. Pada menu ini kamu bisa memilih untuk menyertakan video saat pencadangan atau tidak. Perlu diingat juga bahwa video-video yang ikut dicadangkan akan menambah ukuran file pencadangan. Jadi, jika kamu menyertakan video untuk dicadangkan, maka waktu pencadangan akan lebih lama.

Pilih untuk menyertakan video saat pencadangan atau tidak

6. Setelah melakukan pengaturan tersebut, kamu bisa klik “Cadangkan” di laman cadangan chat ini.

7. Tunggu proses uploadnya hingga 100% dan muncul keterangan seperti diatas. Keterangan ini menunjukkan bahwa proses backup data telah berhasil dilakukan, baik itu di pencadangan lokal dan Google Drive, beserta ukurannya. Proses ini akan lebih lama dan ukurannya bisa lebih besar jika chat yang kamu cadangkan banyak. So, keep that in mind.

Setelah backup file sudah terupload di google drive, itu artinya kamu punya backup di penyimpanan cloud. Jika suatu waktu kamu kehilangan ponsel dan ingin mengembalikan data chat whatsapp di ponsel baru, hal ini bisa dilakukan. Kamu juga bisa gunakan file backup saat kamu tidak sengaja menghapus chat, dan ingin mengembalikan chat tersebut.

Tapi perlu di ingat, bahwa chat data yang ada di file backup tersebut adalah chat yang di upload sebelum tanggal tersebut. Paham kan ya? kalau kamu set untuk backup mingguan, maka backup terakhir kamu bisa aja data saat 6 hari yang lalu.

Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah setiap kali kamu melakukan pencadangan menggunakan ke google drive, file backup yang sebelumnya akan ditimpa dengan file backup yang baru. Sehingga cuma ada satu file backup saja yang tersimpan, yaitu file backup terbaru.

Setelah backup berhasil, kita akan lanjut ke proses restore atau pengembalian data. Simak penjelasannya dibawah ini.

Cara restore chat Whatsapp dari Google Drive

Sebelum memulai proses restore, pastikan dulu kamu sudah menambahkan akun google dan nomor telepon yang sama di hp baru kamu tersebut. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa hp barumu memiliki cukup ruang untuk memulihkan cadangan chat dan memiliki layanan Google Play.

Berikut ini penulis akan menjelaskan langkah demi langkah untuk proses pemulihan (restore) chat whatsapp yang telah dicadangkan di Google Drive. Proses ini bisa dilakukan di ponsel baru ataupun ponsel lama, asalkan aplikasi whatsapp-nya clean (baru di install).

1. Buka aplikasi whatsapp dan kamu akan mendapati halaman seperti ini. Ketuk menu “Setuju dan Lanjutkan”.

Ketuk menu “Setuju dan Lanjutkan”

2. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor verifikasi. Masukkan nomor telepon yang lama dan ketuk menu “Lanjut” .

Masukkan nomor telepon yang sama antara hp baru dan hp lama dan ketuk menu “Lanjut”

3. Pilih “oke” untuk melanjutkan ke proses verifikasi. Pastikan nomor yang kamu masukkan benar. Edit kembali jika nomor tersebut ada yang salah.

Pilih “oke”

4. Tunggu SMS dari Whatsapp dan lihat kode verifikasi yang dikirimnya. Ingat, jangan bagi kode verifikasi ini kepada orang lain.

lihat kode ferivikasi di SMS

5. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim via SMS tadi.

Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim via SMS tadi

6. Selanjutnya kamu akan mendapati halaman seperti gambar di bawah ini yang berisi keterangan bahwa “cadangan ditemukan“. Ketuk menu “Pulihkan” untuk melanjutkan proses restore.

Ketuk menu “Pulihkan”

Admin note: Di proses backup penulis melakukan backup lokal dan backup ke google drive, saat akan melakukan pemulihan disini, whatsapp akan mendeteksi data di penyimpanan lokal dulu, baru penyimpanan di google drive. Karena backup lokal ditemukan, jadi prioritasnya disini menggunakan file tersebut sehingga tidak perlu unduh data dari google drive.

7. Tunggu proses pemulihan. Lama atau tidaknya proses pemulihan ini bergantung pada ukuran file yang kamu cadangkan sebelumnya. Proses pemulihan selesai jika sudah muncul tanda seperti gambar di bawah ini. Pilih menu “Lanjut”.

8. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan nama dan foto profil whatsapp. Menu ini bersifat opsional yang berarti bisa kamu isi bisa juga tidak. Jika kamu sudah selesai mengisi nama dan foto profil, ketuk menu “Lanjut”.

masukkan nama dan foto profil whatsapp

9. Tunggu proses inisialisasi.

Tunggu proses inisialisasi

10. Sampai disini sudah selesai, proses restore sudah berhasil. Dan kamu sudah bisa menggunakan whatsapp seperti biasa.

Ohya, ketika kamu sudah memasukkan nomor tapi whatsapp tidak mendeteksi adanya cadangan, kemungkinan hal disebabkan oleh akun Google dan nomor telepon yang kamu masukkan tidak sama antara hp lama dan hp baru, kartu SD atau riwayat chat rusak, tidak ada file cadangan di akun Google Drive atau cadangan lokal di teleponmu. Selain itu, koneksi internet yang tidak stabil juga dapat mengganggu prosesnya.

Sekian pembahasan kali ini. Selamat mencoba 🙂

Share woy :D

Tinggalkan Balasan