Cara menghapus akun whatsapp di hp yang hilang

Bagi pengguna Whatsapp, apapun hal yang berkaitan dengan akun Whatsapp pasti selalu bersifat personal dan rahasia. Kita tentu tidak ingin akun whatsapp kita di akses oleh sembarang orang. Bahkan dengan keluarga pun belum tentu kita bisa “rela” dan “ikhlas” mereka otak-atik whatsapp kita.

Yang jadi masalah adalah, bagaimana jika hp tersebut dicuri atau hilang, tentunya hal ini adalah kemungkinan terburuk yang terjadi.

Terlepas dari bagaimana cara kita berusaha menemukan hp yang hilang tersebut, tentunya kita harus berjaga-jaga juga agar akun whatsapp kalian tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Satu-satunya hal yang bisa dilakukan kalau sudah begini adalah memastikan bahwa akun tersebut tidak bisa di akses oleh si pencuri.

Kalian bisa memindahkan akun ke hp lain, atau menonaktifkan (menghapus) akun whatsapp di hp yang hilang tersebut. Hal ini tentu tidak semudah yang dipikirkan. Ini karena akun whatsapp kalian sudah terkoneksi dengan nomor telpon, sedangkan nomor telepon tersebut juga hilang bersamaan dengan hp tersebut.

A. Memindahkan akun whatsapp di hp yang hilang ke hp lain

Disini prinsip kerja nya adalah memaksa agar akun whatsapp pindah ke ponsel lain yang bisa kamu akses. Karena 1 akun whatsapp tidak bisa dibuka di 2 aplikasi whatsapp secara bersamaan, maka otomatis akun whatsapp di hp yang hilang akan ter-log out.

Cara ini punya 2 kelemahan, yang pertama, data-data seperti foto dan video whatsapp yang sudah tersimpan di galery tidak hilang, dan yang kedua kalian harus punya akses ke nomor whatsapp yang hilang tersebut.

Jadi langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mendapatkan kembali nomor yang hilang tersebut.

Yang perlu kalian lakukan adalah pergi ke kantor penyedia layanan seluler yang kalian gunakan saat ini. Setelah itu kalian minta untuk dibuatkan kartu perdana baru dengan nomor yang hilang tadi, tinggal kasih tau cs nya bahwa nomor tersebut barusan hilang. Jangan lupa bawa KTP karena setiap nomor hp saat ini sudah terdaftar dan terkait dengan KTP.

Prosesnya tidak lama, biasanya bisa selesai di hari yang sama.

Langkah selanjutnya adalah memindahkan akun whatsapp tersebut ke ponsel lain. Berikut caranya.

1. Pinjam hp teman atau keluarga. Pasang kartu yang sudah di dapat dari service center tadi. Lalu install aplikasi whatsapp business atau dual whatsapp. Yang penting disini kalian bisa pasang akun whatsapp baru di perangkat tersebut. Masuk ke aplikasi whatsapp, pilih agree and continue.

Masuk ke Halaman Awal Whatsapp

2. Masukkan nomor kalian yang terdaftar di whatsapp. Ingat di titik ini kalian sudah harus punya akses ke nomor yang hilang tadi, karena kita perlu kode verifikasi yang masuk ke nomor tadi.

Masukkan Nomor Telpon Terdaftar

3. Kalian akan mendapatkan pemberitahuan bahwa nomor kalian sudah terdaftar. Dan disini kalian ditanya, apakah kalian ingin memindahkan akun whatsapp tersebut. Pilih saja continue.

Pilih Continue

4. Masukkan kode verifikasi yang diterima lewat sms ke nomor tersebut.

Masukkan Pin

5. Jika kalian mengaktifkan verifikasi dua langkah maka langkah selanjutnya kalian harus memasukkan pin kalian

Masukkan Pin Verifikasi Dua Langkah
Masukkan Pin Verifikasi Dua Langkah

6. Lakukan restore jika perlu, jika ingin cepat, bisa pilih skip saja

Pilih Skip
Disini penulis pilih skip

7. Masukkan nama kalian

Masukkan Nama

8. Tunggu hingga proses instalizing selesai

Menunggu Proses Initializing
Menunggu Proses Initializing

9. Kalian sudah bisa masuk ke akun kalian di ponsel baru, dan secara otomatis whatsapp kalian di perangkat sebelumnya sudah tidak bisa digunakan lagi

Akun whatsapp di ponsel baru
Akun whatsapp di ponsel baru

Di HP kalian yang hilang atau dicuri tadi akan muncul pop up yang berisi bahwa akun whatsapp sudah digunakan perangkat lain, jadi whatsapp tidak bisa digunakan lagi di perangkat tersebut.

pop up dari whatsapp
pop up dari whatsapp

Sampai di titik ini kalian sudah berhasil menyelamatkan akun whatsapp kalian dari hp yang hilang tadi.

Dititik ini kalian tidak perlu menonaktifkan atau menghapus akun whatsapp tersebut, karena akunnya sudah tidak bisa diakses di hp yang hilang tadi.

B. Menghapus akun whatsapp di hp yang hilang dengan cara mengirim email ke support whatsapp

Whatsapp juga memfasilitasi kalian untuk menghapus akun dengan cara mengirimkan email dengan format yang telah ditentukan oleh Whatsapp. kalian bisa mengirim email untuk penghapusan akun dengan cara sebagai berikut :

  1. Tulis pesan email seperti biasa ke alamat [email protected]
  2. Tulis subject “Telepon telah dicuri/Hilang:Nonaktifkan account Saya
  3. Isi email yang harus kalian tulis adalah nomor telpon yang ingin kalian hapus. Namun jangan lupa nomor yang dimasukkan menggunakan kode negara (untuk indonesia +62).
  4. Kalian membutuhkan beberapa hari untuk mendapatkan tanggapan dari whatsapp.
  5. Untuk lebih jelasnya dapat kalian lihat pada gambar berikut.
Format Email Penghapusan Akun
Format Email Penghapusan Akun

Setelah kalian selesai mengirim email, tunggu kurang lebih 1 sampai 2 hari, kalian akan menerima email balasan dari Whatsapp yang berisi bahwa akun yang kalian gunakan sudah dinonaktifkan. Berikut tampilan emailnya.

Balasan Email dari Whatsapp
Balasan Email dari Whatsapp

Kalian juga disarankan untuk segera memblokir kartu SIM yang kalian gunakan karena dalam waktu 30 hari akun tersebut masih bisa didaftarkan kembali. Jika kalian tidak menonaktifkan kartu SIM, dikhawatirkan orang yang saat ini memegang ponsel dan nomor lama kalian, akan mendaftarkan ulang akun Whatsapp tersebut dengan nomor lama kalian tsbt.

Sebenarnya, cara pertama jauh lebih aman dan efektif, karena akun kalian bisa kalian dapatkan kembali. Nomor HP kalian juga kalian dapatkan kembali. Hanya saja sedikit ribet karena kalian harus datang ke service center atau gerai kartu seluler tersebut.

C. Lakukan Factory Reset dari jauh

Cara ini bisa dilakukan dengan mengakses akun gmail yang ada di ponsel kalian, lalu mengfactory reset akun tsbt.

Jika HP kalian sudah menggunakan OS Android, pasti connect ke akun google, maka kalian bisa melakukan reset pabrik (factory reset) pada HP kalian yang hilang melalui akun google tadi.

Dengan kata lain whatsapp yang digunakan di HP tersebut akan terhapus. Sama seperti dua cara diatas, kalian disini juga tetap harus menonaktifkan nomor kalian tadi, atau mendapatkannya kembali sehingga nomor tidak bisa digunakan. Karena kalau nomor masih bisa dipakai oleh si pencuri, mereka bisa daftarkan kembali akun whatsapp lama kalian.

Kelebihan cara ini adalah, semua data di hp kalian akan hilang sehingga foto dan video serta chat, sms, dll akan hilang tanpa sisa. Kekurangannya, kalau HP tersebut tidak koneksi ke internet, maka perintah reset dari jauh ini tidak akan sampai ke HP nya.

Satu lagi yang perlu kalian ketahui, jika kalian sudah melakukan reset factory, maka semua data termasuk koneksi ke account google juga akan terhapus di HP tersebut. Dengan kata lain setelah melakukan reset factory kalian tidak akan bisa lagi melacak HP kalian.

Untuk melakukan Reset Factory pada HP yang hilang, kalian bisa melakukan hal berikut:

1. Masuk ke alamat https://www.google.com/android/find di ponsel lain bisa juga lewat komputer.

Masuk ke Halaman Google Find
halaman awal google find

2. Tambahkan alamat email yang digunakan pada hp yang hilang dengan cara tap tanda poto profil di kanan atas layar hp. Pastikan alamat email tersebut adalah Gmail. Lalu tap manage account untuk menambah akun gmail kalian

Tambahkan Akun Google

3. Tap add account

Tap Add Account

4. Tap google

Tap Google

5. Masukkan alamat email dan Password kalian

Masukkan Email dan Password

6. Jika berhasil login kalian akan masuk ke halaman find my device. Disini kalian bisa mendapatkan informasi keberadaan hp kalian saat ini.

7. Untuk menghapus data pilih erase device.

Pilih Erase Device

8. Baca dan pahami notice nya. Lalu pilih erase device sekali lagi

pilih Erase Device
pilih Erase Device

9. Kalian diminta untuk memasukkan password sekali lagi untuk konfirmasi

10. Pilih erase untuk konfirmasi terakhir.

PIlih Erase Untuk Melakukan Factory Reset

Selesai..perangkat tersebut akan kembali seperti baru lagi, semua aplikasi yang di install, data yang tersimpan, dll akan hilang.


Itulah beberapa cara untuk menghapus akun whatsapp di HP yang hilang. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan dikolom komentar. Aku harap tulisan diatas bermanfaat buat kalian semua. Sekian dan terima kasih.

Share woy :D

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan