Apa itu Giveaway di Instagram? Bisakah dipercaya?

Bagi kamu yang baru bermain Instagram dan mengikuti artis atau selebgram, pasti pernah menemukan postingan dengan caption giveaway. Di dalam postingan tersebut, biasanya disebutkan hadiah atau reward yang bisa kamu dapatkan.

Oleh karena itu, banyak dari kita yang penasaran dengan adanya giveaway yang ditawarkan oleh mereka. Sehingga kita mungkin ingin ikut mencoba menjadi peserta giveaway tersebut.

Pertanyaannya, apakah kamu tahu apa itu giveaway yang ada di Instagram? Bagi pengguna baru Instagram mungkin belum tahu ya. Jadi silahkan perhatikan pembahasan arti giveaway di Instagram yang akan dijelaskan di sini.

Apa Itu Giveaway Di Instagram?

Contoh giveaway dari indomaret di Instagram

Secara harfiah “Giveaway” artinya “Sesuatu yang dibagikan gratis”. Giveaway di Instagram artinya akun Instagram tersebut sedang membagikan hadiah secara gratis, tapi biasanya ada beberapa persyaratan yang harus kamu ikuti supaya bisa menjadi peserta giveaway tsbt.

Beberapa persyaratan yang paling sering itu seperti follow akun Instagram pihak tertentu, mengirim komentar dengan tag teman kamu dan membagikan postingan giveaway Instagram ke sosial media lain. Atau contoh persyaratannya bisa kamu cek pada gambar di atas.

Nah setelah itu, kamu akan resmi menjadi peserta giveaway. Lalu tinggal menunggu saja sampai saat pengundian pemenang giveaway Instagram tiba. Kalau akun yang mengadakan itu asli memberikan giveaway dan kamu menang, maka mereka akan langsung mengirim pesan ke Instagram kamu untuk pemberian hadiah.

Apakah semua Giveaway di Instagram itu sungguhan?

Giveaway di Instagram itu benar adanya. Terutama kalau akun yang mengadakan giveaway itu termasuk akun besar, misalnya seperti Artis, Brand dan Selebgram.

Tapi sayangnya, ada memang giveaway palsu, yang dibuat hanya untuk mencari follower atau mempromosikan sesuatu. Yang lebih parahnya ada giveaway yang tujuannya menipu, misalnya dengan mengundi pemenang, lalu menghubungi pemenang giveaway dan meminta data-data sensitif sebagai alasan mengirimkan hadiah, atau bahkan meminta uang dengan alasan pajak/ongkir/dll.

Jadi jika ditanya apakah semua giveaway di Instagram bisa dipercaya, maka jawabannya tidak.

pengumuman pemenang giveaway

Contoh Giveaway Instagram yang Legit

contoh giveaway "AceIndonesia" di Instagram

Kalau kamu mencari contoh giveaway Instagram yang legit atau hadiahnya besar dan tidak menipu, bisa lihat contoh di atas. Ya, di atas adalah contoh giveaway yang diadakan oleh Ace Hardware Indonesia.

Kamu hanya perlu mengikuti persyaratan yang diminta oleh Ace Hardware, lalu kirim pesan ke akun Instagram tersebut untuk mengkonfirmasi. Setelah itu, kamu akan menjadi peserta giveaway.

Supaya tidak bingung, ada beberapa tips nih untuk mencari giveaway yang legit di Instagram, seperti:

1. Akun Instagram Terverifikasi

Akun Instagram yang sudah diverifikasi atau mendapatkan centang biru, pastinya sudah terjamin originalitasnya. Sehingga akun Instagram ini sangat kemungkinan kecil sekali untuk menipu.

Biasanya akun Instagram yang terverifikasi dan sering mengadakan giveaway hadiah besar adalah Instagram artis dan selebgram. Tapi tidak jarang juga pihak jasa atau perusahaan mengadakan giveaway untuk menarik minat pembeli mereka. Contohnya seperti yang kita bahas tadi.

2. Mempunyai Banyak Followers

Kemudian akun Instagram yang sudah memiliki banyak followers juga biasanya cukup sering mengadakan giveaway yang legit. Karena seperti yang kita tahu, di Instagram jumlah followers menjadi salah satu elemen untuk melihat kredibilitas akun.

Tapi untuk hal ini kamu perlu sedikit lebih teliti. Karena banyak juga saat ini jual beli akun Instagram yang memiliki followers tinggi. Oleh sebab itu, bisa jadi hadiah dari giveaway yang ditawarkan tidak sesuai. Kecuali kalau punya history giveaway sebelumnya.

3. Terdapat History Giveaway Sebelumnya

Terakhir adalah terdapat history giveaway yang asli sebelumnya. Kalau akun Instagram tersebut benar-benar mengadakan giveaway yang tidak menipu, biasanya mereka akan membuat history berupa postingan atau storygram.

Postingannya bisa seperti list pemenang giveaway, bukti pengiriman giveaway bahkan sampai giveaway berhasil terkirim ke pemenang.

Bagaimana Ciri-Ciri Giveaway Instagram yang Memiliki Unsur Penipuan?

Dari pembahasan kita di atas, giveaway di Instagram ini lebih banyak memberikan benefit-nya. Karena meskipun hadiah yang kita menangkan tidak sesuai, setidaknya kita masih diberikan hadiah dalam nominal tertentu.

Tapi masalahnya, ada banyak juga akun Instagram yang memanfaatkan istilah giveaway ini untuk menipu lho. Berikut ini ciri-ciri giveaway Instagram yang menipu:

  • Diminta untuk mentransfer sejumlah uang dengan alasan tertentu (seperti pajak, ongkos kirim atau hal lainnya).
  • Meminta data pribadi kamu (seperti password akun, kode OTP, NIK dan lainnya)
  • Memakai metode jemput bola atau mereka yang gencar mempromosikan giveaway sampai mengirim pesan ke akun pribadi
  • Adanya testimoni palsu
  • Jumlah followers dan kredibilitas akun tidak sinkron (bisa saja followers hasil membeli akun atau pakai jasa penambah followers)
  • Mematikan kolom komentar

Kalau kamu menemukan ciri-ciri diatas saat mengikuti giveaway, sebaiknya langsung dihindari saja. Supaya bisa mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tertarik untuk mencoba mengikuti Giveaway di Instagram?

Kamu tidak perlu susah mencari akun yang mengadakan giveaway saat ini, biasanya mereka selalu memberi tagar giveaway mereka, jadi lebih mudah ditemukan. Kamu bisa explore dengan tagar seperti “Giveaway“, “GiveawayIndonesia“, dstnya.

Berikut contoh beberapa giveaway yang muncul di tag “GiveawayIndonesia“.

contoh giveaway di menu explore instagram

Kesimpulannya, Giveaway di instagram merupakan kegiatan bagi-bagi sesuatu gratis oleh akun tertentu namun dengan “syarat tertentu” pula. Jika ada banyak waktu luang, kamu bisa iseng-iseng ikut giveaway, tapi jangan lupa untuk teliti dan hati-hati supaya tidak salah ikut.

Sekian dulu penjelasanku kali ini. Kamu bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar kalau masih ada yang kurang kamu pahami. Sampai jumpa ditulisan selanjutnya.

2 responses to “Apa itu Giveaway di Instagram? Bisakah dipercaya?”

  1. Vhi el Avatar
    Vhi el

    Sangat membantu 🙏

    1. yudha Avatar
      yudha

      Senang bisa membantu. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *