Apa itu kultwit dan fitur thread di twitter ?

Pernahkah kamu mendengar istilah kultwit atau kepanjangannya adalah Kuliah Twit? Mungkin bagi pengguna lama Twitter sudah paham akan hal ini. Kuliah twit maksudnya adalah memberikan postingan – postingan Twitter secara serial dengan bahasan topik tertentu yang menarik untuk dibahas.

Entah mengapa disebut dengan kuliah tweet. Tapi yang paling penting, kamu bisa berbagi pengetahuan kepada sesama pengguna Twitter yang lain dengan memberikan sebuah kultwit yang membahas topik tertentu sesuai kemampuanmu.

Berbicara mengenai kultwit, kini kamu tak perlu kerepotan untuk menulis dan memposting satu persatu dengan cara menautkan antara twit satu dengan yang lain. Pihak Twitter telah memberikan kemudahan untuk kamu yang biasa melakukan kultwit.

Kini kamu sudah bisa membuat kultwit dengan menggunakan fitur thread yang telah diluncurkan oleh Twitter.

Fitur thread ini memungkinkan kamu untuk membuat dan memposting twit secara langsung dalam jumlah banyak dan sudah saling terkait satu sama lain, atau biasa disebut utas.

Lalu bagaimana caranya? Kalau untuk cara membuat kultwit dengan fitur thread ini mudah sekali. Berikut ini akan aku jelaskan cara membuat kultwit di Twitter.

Cara membuat kultwit di Twitter

1.Sebelum membahas cara membuat kultwit, perlu diketahui bahwa disini aku membuka tweet dengan browser HP, jika kamu ingin membuat kultwit di  PC bisa menyesuaikan.

Oke. Sekarang akan ku jelaskan cara membuatnya. Silahkan masuk ke akun Twitter kamu terlebih dahulu, lalu pilih ikon yang biasa digunakan untuk menulis tweet.

Membuat thread Twitter melalui ikon yang biasa digunakan untuk menulis
Membuat thread Twitter melalui ikon yang biasa digunakan untuk menulis

2.Nah, disini kamu sudah bisa memulai untuk membuat kultwit. Pada twit bagian pertama, kamu harus menyapa dan kalau perlu menjelaskan apa yang akan kamu bahas dalam kultwit, sertakan hastag dengan nama sesuai dengan judul kultwit kamu.

Penyertaan hastag cukup penting, karena jika orang lain atau bahkan kamu sendiri ingin mencari thread milik mu di masa lalu, kamu hanya tinggal search menggunakan hastag yang kamu sertakan dalam setiap kultwit milik mu itu.

Pada contoh, aku akan membuat kultwit dengan tema dunia usaha dan judulnya Peluang Usaha Kerajinan Indonesia. Jadi aku menggunakan hastag #PeluangUsahaKerajinanIndonesia.

Tampilan saat akan memulai menulis Kultwit
Tampilan saat akan memulai menulis Kultwit

Lalu kamu bisa membuat twit baru untuk memulai membuat kultwitnya dengan cara memilih ikon + atau seperti pada gambar yang aku lingari.

3.Lihat pada gambar. Inilah yang disebut dengan utas. Antara twit satu dengan yang lainnya saling terhubung secara teratur sesuai urutannya sehingga mudah dibaca. Dengan fitur thread ini kamu bisa membuat kultwit yang panjang tanpa harus memposting dan menautkan satu persatu.

Kalau kamu sudah membuat cukup banyak, silahkan pilih “Tweet semua” untuk mengunggah kultwit yang kamu buat tadi.

Contoh tampilan thread Twitter yang siap dikirim
Contoh tampilan thread Twitter yang siap dikirim

Apa manfaat kultwit untuk mu dan untuk orang lain?

Nah, kalau berbicara mengenai manfaat kultwit, aku yakin kamu sudah mengerti apa manfaatnya.

Kalau kamu adalah seorang pengguna Twitter aktif yang memiliki ribuan followers, kamu bisa manfaatkan kultwit untuk membahas sesuatu yang bermanfaat sesuai dengan niche akun twitter kamu.

Jika akun Twitter kamu berniche humor misalkan, beberapa minggu sekali kamu bisa membuat kultwit yang berhubungan dengan humor. Misalkan kamu membuat kultwit tentang macam – macam teknik standup comedy, atau bahasan mengenai bagaimana perkembangan dunia lawak di Indonesia.

Kamu bisa bahas itu dan didiskusikan dengan followers kamu. Ajak mereka untuk berkomentar dan menanggapi kultwit buatanmu. Pasti akun Twitter milikmu lebih ramai dan seru.

Lalu kalau kamu malas untuk membuat kultwit, hanya ingin menikmati kultwit buatan orang lain untuk mendapat pengetahuan, bisa.

Aku punya contoh salah satu akun Twitter yang rajin membuat kultwit. Akun twitter ini sangat bermanfaat buat kamu yang hobi dengan segala sesuatu yang berbau bisnis, manajemen, dan ekonomi.

Ini penampakan akunnya.

Tampilan akun Twitter @Strategi_Bisnis
Tampilan akun Twitter @Strategi_Bisnis

Nama akunnya adalah @Strategi_Bisnis. Followers nya juga sudah lebih dari 120 ribu. Kalau penasaran, cobalah follow sekarang juga. Baca setiap kultwit yang dibuat. Kamu akan mendapatkan pengetahuan luar biasa yang aku rasa tidak banyak dibahas diluaran sana.

Kalau kamu sering membaca thread dari @Strategi_Bisnis, aku rasa kamu benar – benar seperti sedang mendapatkan materi kuliah yang tak membosankan. Kultwit buatan @Strategi_Bisnis ini memang sangat bermanfaat.

Selain akun @Strategi_Bisnis, kamu juga bakal bisa mendapatkan thread – thread yang menarik dari akun yang satu ini.

Tampilan akun Twitter @ThreadBerfaedah
Tampilan akun Twitter @ThreadBerfaedah

Nama akunnya adalah @Threadberfaedah. Memang dari segi followers tidak begitu banyak, tapi jangan salah. Akun ini adalah akun yang sering me-repost ulang thread – thread yang bergentayangan di Twitter.

Thread – thread yang dianggap menarik dan termasuk best thread akan di repost disini. Kalau kamu ingin membaca berbagai thread – thread terbaik tanpa harus mencari – cari terlebih dahulu, silahkan follow saja akun @Threadberfaedah ini, karena memang thread – thread yang dibagikan disini sangat berfaedah semua!

Kesimpulan

Fitur thread yang dimiliki oleh Twitter mempermudah penggunanya untuk membuat thread menarik dan diminati banyak orang, termasuk kultwit yang membuat kamu sedikit lebih pintar.

Thread membantu mereka para pengguna Twitter aktif untuk dapat berkomunikasi dan memberikan pengetahuan kepada followersnya dan bahkan tak jarang bila sebuah akun Twitter mendadak menjadi ramai dan terkenal karena thread buatannya yang dianggap menarik untuk dibahas.

Kamu sebagai pengguna Twitter yang mungkin tak terlalu aktif, tak ada salahnya bila kamu sekali – kali membaca berbagai thread yang bermunculan di Twitter, baik itu thread yang menghibur maupun kultwit yang mencerahkan pengetahuanmu.

Share woy :D

ariskisaputri

my contact : email : [email protected] | or my twitter : @AriskiSaputri

Tinggalkan Balasan