Cara Mengaktifkan Dan Menonaktifkan Mode Diam di Instagram (Penjelasan Lengkap)

Disini aku akan bahas terkait mode senyap dan mode diam di Instagram dan cara penggunaannya. Langsung saja kita bahas.

Mode senyap dan mode diam itu sama

Di Instagram sendiri ada ‘Mode diam’ dan ada juga ‘Mode senyap’. Kedua Istilah ini mengacu ke fitur yang sama, entah kenapa Instagram menggunakan istilah berbeda dan malah membuat bingung.

Berikut contohnya, saat mematikan ‘Mode senyap’, ketika dikonfirmasi, Instagram menanyakan apakah ingin mematikan ‘Mode diam’.

Jadi disini jelas ya, ‘Mode Senyap’ itu nama lainnya ‘Mode Diam’. Selanjutnya aku akan bahas apa fungsi fitur ‘Mode Diam’ ini, dan cara menggunakannya. Langsung saja.

Apa Fungsi Mode Ini?

‘Mode senyap’ atau ‘Mode diam’ ini adalah mode bebas gangguan, dimana ketika mode aktif, pengguna tidak akan menerima notifikasi apapun dari Instagram. Mode ini akan aktif sesuai jadwal yang kamu atur.

Ketika mode ini diaktifkan, akan muncul tanda ‘Dalam mode diam’ dihalaman profil kamu. Tanda ini akan terlihat oleh teman dan pengikut, sehingga mereka bisa tau kalau kamu sedang mematikan semua notifikasi masuk.

Baca juga :  Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram

Selain itu, ketika seorang mengirim DM ke inbox kamu, akan ada balasan otomatis yang menjelaskan bahwa pengguna tsbt sedang dalam ‘Mode diam’.

Cara Mengaktifkan Mode Diam atau Mode senyap di Instagram

Untuk caranya sendiri, kamu bisa mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan buka aplikasi Instagrammu seperti biasa.
  2. Masuk kehalaman profil kamu. Dengan cara tap pada foto profil Instagrammu yang terletak di bagian kanan bawah.
  3. Di halaman ‘Profil’, tap ikon “garis tiga” yang terdapat di sebelah kanan atas.
  4. Lanjutkan dengan tap ‘Pengaturan dan privasi’.
  5. Dihalaman ‘Pengaturan dan privasi ini’, masuk ke menu ‘Notifikasi’.
  6. Di halaman ‘Notifikasi’, tap ‘Mode Senyap’. (Jika kamu tidak menemukan mode senyap, maka mungkin kamu perlu meng-update Instagrammu telebih dahulu)
  7. Tap tombol toggle untuk mengaktifkan mode senyap.
  8. Selanjutnya tap angka di sebelah ‘Mulai’. Lalu tentukan jam berapa mode senyap akan mulai aktif. Jika sudah, tinggal tap ‘Oke’.
  9. Selanjutnya, tap angka di sebelah kanan ‘Hingga’. Lalu tentukan jam berapa mode senyap akan dinonaktifkan secara otomatis. Jika sudah, tap ‘OKE’. Mode senyap hanya bisa aktif selama 12 jam sehari, maka di sini kamu tidak bisa memilih waktu lebih dari 12 jam dari waktu “Mulai” yang sudah kamu tentukan di langkah sebelumnya.
  10. Selesai, mode senyap sudah berhasil untuk dijadwalkan mulai dan berhenti di jam tersebut setiap hari secara otomatis.
Baca juga :  Cara menggunakan stiker “Di Rumah Aja” di story Instagram

Berikut ini screenshot setiap langkah-langkah diatas, jika kamu butuh intruksi visual. Tap gambar untuk zoom (memperbesar).

Apa yang terjadi setelah Mode senyap habis masa waktunya?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mode ini hanya bisa aktif maksimal 12 jam dalam sehari.

Setelah 12 jam atau waktu yang kamu atur berakhir, maka mode ini akan otomatis nonaktif (dan akan aktif lagi besok dijam yang kamu tentukan).

Setelah dinonaktifkan ini, pihak Instagram akan memberikan pemberitahuan singkat mengenai apa yang terjadi ketika kamu mengaktifkan mode senyap. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa yang telah kamu lewatkan.

Menonaktifkan mode senyap sehari saja atau menonaktifkannya secara permanen

Silahkan ikuti langkah-langkah pada cara mengaktifkan mode senyap yang saya bahas di atas hingga langkah nomor 6.

Setelah sampai dihalaman ‘Mode senyap’ seperti dibawah ini, tap tombol toggle yang terdapat di sebelah kanan “Mode Senyap”. Nanti, ada dua pilihan yang tersedia, yaitu “Lewati untuk saat ini” dan “Nonaktifkan mode diam”. Silahkan pilih salah satu.

Jika kamu men-tap pilihan “Lewati untuk saat ini”, maka mode senyap akan dinonaktifkan satu hari ini saja dan diaktifkan secara otomatis esok hari sesuai dengan waktu yang telah kamu tentukan.

Jika kamu memilih “Nonaktifkan mode diam”, maka mode senyap akan dinonaktifkan secara permanen.


Itulah pembahasanku mengenai ‘Mode senyap’ atau ‘Mode diam’ di Instagram. Semoga penjelasan ini bermanfaat. Sekian untuk pembahasan kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Terbit :

Terakhir Update:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *