6 aplikasi untuk mengelola banyak medsos secara bersamaan

Jaman sekarang ini siapa yang tidak memiliki media sosial? Tentu setiap orang pasti pernah memiliki yang namanya media sosial atau medsos. Bahkan saat ini rata – rata orang memiliki medsos lebih dari satu akun.

Alasan mereka memiliki lebih dari satu medsos juga beragam, mulai dari hanya untuk menambah luasnya interaksi sosial di dunia maya, sampai kepada urusan bisnis.

Kalau sudah memiliki lebih dari satu media sosial, otomatis daftar aplikasi yang ada di HP semakin banyak. Semakin banyak media sosial yang dimiliki biasanya semakin banyak juga aplikasi yang terinstal di HP.

Misalnya saja kamu memiliki 3 akun media sosial, yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram. Itu berarti kamu memiliki 3 aplikasi yang terinstal di HP kamu. Selain repot harus berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, cara seperti ini tentu akan membuat memori HP kamu menjadi boros karena banyaknya aplikasi yang terinstal.

Kamu mungkin pernah berpikir bagaimana caranya supaya kamu tetap bisa mengakses banyak media sosial tetapi dengan cara praktis tanpa perlu instal banyak aplikasi? Iyakan

Nah, disini kamu bisa mendapatkan solusinya.

Aplikasi android untuk mengelola banyak  medsos sekaligus

Pada artikel kali ini aku akan memberikan info tentang 6 aplikasi yang bisa digunakan untuk mengelola banyak akun sosmed secara bersamaan.

Jadi kamu tidak perlu lagi menginstal banyak aplikasi. Cukup pilih salah satu aplikasi dibawah ini untuk mengelola semua akun somsed-mu. Berikut ini aplikasinya – aplikasinya.

1.Hootsuite

Aplikasi android untuk mengelola banyak medsos
Tampilan aplikasi Hootsuite di Playstore

Hootsuite adalah salah satu platform manajemen media sosial yang tertua dan paling terkenal. Hootsuite adalah salah satu aplikasi android yang recomended buat kamu.

Jika kamu memiliki akun Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, ataupun Youtube, kamu bisa membukanya hanya dalam satu aplikasi ini.

Kamu bisa menggunakan Hootsuite jika kamu sudah mendaftar atau membuat akun Hootsuite di situs resminya.

Layanan Hootsuite ini gratis untuk tiga akun sosmed saja. So, jika kamu ingin mendaftarkan lebih dari tiga akun medsos, kamu perlu meningkatkan ke versi premium untuk mendapatkan layanannya.

Fitur menonjol dari Hootsuite adalah dasboardnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing akun medsos. Fitur lainnya yaitu kamu bisa menjadwalkan pesan massal sekaligus dengan cara mengimpor file Excel (.CSV).

Hootsuite versi gratis dapat melakukan penjadwalan otomatis yang akan dikirimkan pada waktu terbaik. Namun kamu hanya dapat menjdwalkan 10 postingan saja per harinya.

Untuk fitur analisisnya, Hootsuite menawarkan laporan analisis dasar yang baik. Namun kamu juga bisa meminta laporan yang lebih lanjut seperti menggunakan Google Analytics namun akan dikenakan biaya tertentu.

Untuk masalah ukuran aplikasi, Hootsuite memiliki ukuran yang ringan dan tidak akan membuat memori kamu terkuras. Hanya kurang dari 15 MB saja ukuran aplikasi Hootsuite ini. Jadi bagaimana? Tertarik untuk menggunakannya?

2.Buffer

Tampilan aplikasi Buffer di Playstore
Tampilan aplikasi Buffer di Playstore

Sudah pernah melihat atau mendengar aplikasi yang satu ini? Nama aplikasi ini sering didengar, namun tidak sedikit orang yang belum tahu kegunaan aplikasi ini.

Yang perlu kamu tahu, aplikasi Buffer juga merupakan salah satu aplikasi android yang rekomen banget buat kamu yang memiliki banyak akun medsos. Cukup instal aplikasi Buffer yang tersedia di Playstore, kamu bisa login ke banyak akun sekaligus di satu aplikasi.

Kamu bisa login ke akun Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Untuk di kelas premium, kamu juga bisa mengelola akun Pinterest juga. Tetapi yang perlu diingat untuk pengguna versi gratis, kamu hanya bisa login ke tiga akun media sosial saja.

Aplikasi yang memiliki ukuran kurang dari 15 MB ini juga termasuk aplikasi yang mudah untuk digunakan. Adanya tampilan statistik dasar yang mudah untuk dibaca sehingga dengan mudah pula kamu dapat melihat jangkauan postingan kamu. Selain itu, kemampuan fitur yang dapat melakukan penjadwalan postingan secara otomatis membuat kamu dapat dengan mudah mengelola banyak akun medsos tanpa perlu buka tutup dan berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya.

Buffer memiliki desain yang bersih dan minimalis sehingga membuat penjadwalan berbagai konten menjadi lebih mudah karena memang Buffer dirancang dengan memiliki fokus utama untuk melakukan penjadwalan dan berbagi konten terbaru.

Kelebihan lain dari Buffer adalah kamu dapat melakukan penjadwalan postingan dengan waktu yang berbeda – beda setiap harinya dalam satu minggu dengan fitur yang disebut dengan Awesome Plan.

3.FlySo

Tampilan aplikasi Flyso di Playstore
Tampilan aplikasi Flyso di Playstore

Kamu butuh keamanan privasi medsos yang lebih? Aplikasi Flyso ini bisa kamu coba. Flyso memiliki fitur yang dapat mengamankan akun medsosmu melalui passcode lock. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, keamanan medsos kamu lebih terjamin.

Aplikasi ini pun hanya berukuran kurang dari 5 MB, sangat – sangat ringan. Bahkan aplikasi Flyso jauh lebih kecil dibandingkan dengan aplikasi medsos lite yang kamu punya. Dengan ukuran aplikasi yang seringan itu, kamu sudah bisa login dan mengelola banyak akun medsos seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Kamu dapat dengan mudah mengakses masing – masing sosmed hanya dengan tombol sederhana dibagian bawah layar. Dengan melakukan swipe secara horizontal kamu akan menemukan menu tersembunyi yang digunakan untuk mengkonfigurasi masing – masing akun medsos kamu.

Fitur lain dari aplikasi ini yaitu, jika kamu sudah login ke beberapa aplikasi medsos milikmu, kamu bisa mendapatkan notifikasi secara realtime sehingga kamu dapat terus memantau perkembangan konten medsos milikmu.

Selain itu, FlySo juga menyediakan dark mode theme untuk kenyamanan pandangan bagi kamu yang sehari – harinya memantau medsos di depan layar HP kamu. Untuk masalah borosnya penggunaan data, Flyso memiliki fitur mode hemat data untuk meminimalkan penggunaan data pada setiap medsos sehingga kamu tidak perlu takut jika Flyso akan menghabiskan kuota data milikmu

4.Postcron

Tampilan aplikasi Postcron di Playstore
Tampilan aplikasi Postcron di Playstore

Postcron adalah aplikasi yang juga dapat membantu pengguna untuk menghemat waktu dalam melakukan pengelolaan dan penjadwalan postingan. Postcron dapat menjadwalkan postingan berupa video dan foto, baik di Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, maupun Pinterest.

Dalam versi gratis, Postcron dapat digunakan untuk login ke 4 akun media sosial. Jika ingin menggunakan lebih banyak, kamu bisa mencoba versi premium.

Pengoperasian aplikasi ini sangat mudah, bahkan untuk orang yang tidak paham teknologi. Fitur analitik yang mudah dipahami, serta kemampuan untuk dapat menjadwalkan banyak postingan di beberapa medosos sekaligus yang tentunya dapat menghemat lebih banyak waktumu.

Tak hanya itu, Aplikasi yang memiliki ukuran hanya kurang dari 10 MB ini memiliki kemampuan untuk mengunggah jadwal postingan dengan meng-impor file berbentuk CSV. Silahkan unduh aplikasi ini di Playstore untuk merasakan fitur – fitur aplikasi ini.

5.SproutSocial [berbayar]

Tampilan aplikasi SproutSocial di Playstore
Tampilan aplikasi SproutSocial di Playstore

Kamu butuh aplikasi yang dapat mengelola semua medsos kamu sekaligus? SproutSocial bisa menjadi pilihanmu. Meskipun dikenal dengan penawaran harga yang cukup tinggi dibanding dengan aplikasi serupa lainnya serta ukuran aplikasi ini yang lumayan besar yakni sekitar 17 MB, tetapi kamu tidak akan kecewa dengan fitur – fitur yang dimilikinya.

SproutSocial dapat membantu bagi para pebisnis untuk mengelola medsos dalam satu aplikasi sehingga jauh lebih efektif dan efisien. Mulai dari pengelolaan untuk Facebook, Twitter, Instagram, maupun LinkedIn.

Kamu dapat mengirimkan postingan ke beberapa media sosial yang bahkan postingan tersebut dapat kamu jadwalkan dan membuat pesan antrian untuk dikirimkan sesuai dengan pengaturan yang kamu lakukan.

Aplikasi SproutSocial didesain dengan fokus utama untuk menjadwalkan, menerbitkan, menganalisis, dan bahkan dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan audiens kamu.

SproutSocial memiliki fitur bernama ViralPost yang dapat menganalisis audiens dan mampu memberikan saran kepadamu tentang kapan waktu terbaik untuk menerbitkan suatu postingan antrian milikmu. Selain itu terdapat inbox terpadu yang dapat digunakan untuk melihat pesan dari semua media sosial milikmu dalam satu tempat.

Dari sisi analisis, SproutSocial menawarkan pilihan analisis mulai dari laporan yang tersegmentasi hingga laporan analisis yang paling komprehensif serta dapat membuatkan kamu laporan tentang aktivitas medsos milikmu secara keseluruhan.

Namun sebuah kelemahan dari SproutSocial adalah kurangnya kemampuan untuk mengirim sebuah postingan ke grup Facebook dan LinkedIn. Namun begitu, aplikasi ini patut untuk kamu coba dalam versi gratis untuk dapat merasakan fitur – fitur yang dimilikinya. Uji coba gratis ini berlaku untuk 30 hari.

6.MavSocial

Tampilan aplikasi MavSocial di Playstore
Tampilan aplikasi MavSocial di Playstore

MavSocial adalah aplikasi yang menawarkan kemudahan dalam hal otomatisasi postingan konten visual seperti foto, video, ataupun infografis pada media sosial. Kemampuan mengatur, menjadwal, mempublikasikan, dan menganalisis sebuah konten dengan hanya sebuah tombol merupakan hal yang sangat berharga bagi kamu yang sangat membutuhkan sebuah efisiensi dalam hal pengelolaan media sosial.

MavSocial memiliki berbagai fitur mumpuni dalam hal manajemen konten perencanaan, pengiklanan, penjadwalan, serta kotak masuk sosial. MavSocial tidak akan membuat kamu kesulitan dalam mengunggah, menyimpan, berbagi, dan mengelola pelaporan tentang kinerja media sosial kamu.

Bagi kamu yang selalu membutuhkan banyak gambar untuk keseharian konten milikmu, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya MavSocial menawarkan akses ke lebih dari 70 juta gambar gratis atau bebas royalti yang bisa kamu gunakan untuk konten harian kamu.

MavSocial adalah aplikasi yang sangat baik untuk mengelola Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Tumblr, dan YouTube. Bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini harus memiliki waktu khusus untuk mempelajari bagaimana cara menggunakannya dengan baik dan maksimal, karena aplikasi ini sarat dengan fitur – fitur, sehingga kamu perlu waktu untuk mempelajarinya.


Oke, sekarang kamu musti beralih ke aplikasi – aplikasi diatas bagi kamu yang memiliki banyak media sosial dan kerepotan untuk mengelolanya, terutama bagi para pebisnis yang perlu lebih banyak berinteraksi menggunakan banyak media sosial untuk menjangkau pelanggan.

Dari keenam aplikasi yang aku jelaskan diatas, mana yang ingin kamu coba gunakan? Sebenarnya semua aplikasi diatas terdapat kelebihan dan kekurangan masing – masing dalam hal fiturnya. Jadi jika kamu ingin memilih salah satunya, sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

Nah, Jika kamu sudah menginstal salah satu dari aplikasi diatas, kamu tak perlu lagi menginstal banyak aplikasi medsos seperti Twitter, Facebook, maupun Instagram secara masing – masing, karena tentu akan menghabiskan memori HP kamu.

Tinggalkan Balasan