Arti dari 45 emoticon di WhatsApp

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : September 10, 2020
  • Post category:Topik : Whatsapp
  • Post comments:0 Comments

Ketika kamu chattingan di whatsapp, pasti kamu sering menggunakan emoticon atau emoji. Emoticon yang ada di WhatsApp ini membuat chatingan kamu lebih asyik dan berwarna. Bahkan emoticon juga bisa digunakan sebagai pengganti “kata-kata” tertentu, jika kamu sedang malas mengetik.

Yang jadi masalah adalah, apakah kamu tahu arti dari semua emoji yang kamu pakai? atau kamu hanya menggunakannya berdasarkan feeling saja?

Supaya kamu tidak sampai kamu keliru dalam memilih emoji yang digunakan, simak pembahasan kali ini sampai selesai. Ditulisan kali ini, mimin akan bahas pengertian dari beberapa emoticon populer (yang sering digunakan) di whatsapp.

Kenapa emoticon ini penting?

Emoticon merupakan simbol yang menggambarkan ekspresi wajah untuk menyalurkan emosi atau perasaan seseorang dalam bentuk pesan.

Ketika seseorang mengirimkan emoticon dalam pesannya, emoticon berfungsi untuk memberikan gambaran penyampaian nada suara, ekspresi wajah, dan gestur badan pengirim pesan ke si penerima.

1. Kamu lemot banget sih

2. Kamu lemot banget sih XD

Dua pesan yang sama, bisa memiliki intonasi berbeda hanya dengan menambahkan emoticon. Dipesan pertama, penerima bisa mengira bahwa pengirim pesan sedang marah, tapi di pesan kedua, bisa terlihat bahwa pesan tsbt ada nada “bercanda” atau “teasing“.

45 emoticon wajah di WhatsApp

Seperti yang mungkin sudah dijelaskan sebelumnya, mungkin kita tidak akan bahas semua emoji yang ada di whatsapp, mengingat emoji yang ada sekarang jumlahnya sangat banyak.

Disini jika ada yang berbeda, teman-teman bisa kasih saran, agar tulisannya bisa lebih relevan lagi.

1. Emoji ekspresi bahagia atau senang

Emoticon ini menggambarkan wajah dengan senyum lebar menampakkan gigi dan mata berbinar/terbuka. Ekspresi ini menunjukkan kebahagiaan yang dirasakan penggunanya. Emoticon ini bisa kamu gunakan untuk mengirim pesan jika perasaan kamu sedang baik dan merasa bahagia / senang.

2. Emoji ekspresi bahagia dengan mata membesar

Pada emoticon ini masih menunjukkan ekspresi bahagia namun perbedaan nya pada ekspresi matanya. Mata pada emoticon ini memiliki pupil yang besar atau lebih ekspresif. Emoticon ini menunjukkan perasaan yang lebih bahagia dibandingkan dengan emoticon bahagia sebelumnya.

3. Emoji ekspresi tertawa

Emoticon ini digunakan apabila ada yang dirasa lucu, atau bisa digunakan untuk keramahan dalam membalas lawan chatting. Emoticon ini menunjukkan kamu sedang tertawa biasa atau tertawa yang standar saja.

4. Emoji ekspresi tertawa sampai menangis

Emoticon dengan ekspresi tertawa sampai menangis ini menunjukkan sesuatu hal yang dirasa sangat lucu, saking kocak atau lucunya maka tertawa-nya sampai keluar air mata.

Emoticon ini bisa kita gunakan saat menerima pesan yang dirasa sangat kocak dan cocok sekali dengan guyonan atau bahasa kita sehari-hari.

5. Emoji ekspresi tersenyum tapi berkeringat

Pernah gak dapat pesan lucu dari teman yang garing banget? pesannya bikin kita heran? Emoticon ini cocok sekali menggambarkan ekspresi tsbt.

Kamu bisa menunjukkan kebingungan atau merasa lucu dan heran dengan pesan yang dikirim lawan chat kamu.

6. Emoji ekspresi senyum sambil berkedip genit

Emoticon seperti ini biasanya digunakan untuk menggoda lawan chatting. Tetapi bisa juga digunakan untuk beberapa hal. Misalnya untuk menunjukkan ekspresi bahwa kamu bisa diandalkan dalam mengerjakan suatu hal , emoticon ini mengisyaratkan lawan chat agar tenang atau menunjukkan ekspresi “tenang aja” atau hal lain yang berhubungan dengan makna tersebut.

7. Emoji ekspresi tersenyum hingga pipi merah

Emoticon ini biasa digunakan jika lawan chatting ada yang memuji atau menggoda sehingga membuat kamu merasa tersanjung.

8. Emoji ekspresi tersenyum kecil

Emoticon ini digunakan untuk orang yang biasanya dalam dunia nyata tidak terlalu suka tersenyum lebar. Ekspresi ini menandakan orang tersebut sebagai orang yang kalem.

9. Emoji ekspresi tersenyum tapi wajah terbalik

Ekspresi atau emoticon dengan senyum terbalik bisa digunakan ketika mendapat pesan yang lucu namun absurd atau aneh.

10. Emoji ekspresi wajah tersipu malu

Emoticon ini biasanya digunakan ketika seseorang tersipu dengan lawan chattingnya. Biasanya emoticon ini digunakan dengan orang yang ditaksir.

11. Emoji ekspresi menikmati makanan

Emoticon ini digunakan ketika melihat atau sesudah menyantap makanan lezat atau sedang ada orang yang menyajikan makanan lezat.

12. Emoji ekspresi tersenyum malu

Emoticon ini hampir sama artinya dengan emoticon dengan pipi merah. Emotikan ini menunjukkan jika kamu sedang malu namun pipinya tidak sampai merah.

13. Emoji ekspresi mata penuh cinta

Emoticon ini menunjukkan bahwa kamu sangat tertarik atau menyukai sesuatu yang dibicarakan oleh lawan chatting.

14. Emoji memberikan cium cinta

Emoticon ini menunjukkan ekspresi menunjukkan rasa suka tetapi tidak harus dianggap serius. Sebaiknya digunakan dengan lawan chatting yang sudah akrab, untuk meminimalisir kesalahpahaman. hehehe.

15. Emoji muka bebek (duck face)

Emoticon ini sebenarnya sama dengan emoticon mencium namun tidak ada tanda cintanya. Emoticon ini menunjukkan para cewek yang suka berselfie dengan ekspresi muka bebek agar terlihat cute atau unyu.

16. Emoji bersiul

Sebenarnya ekspresi ini mirip dengan ekspresi muka bebek, namun biasa diartikan dengan bersiul untuk menunjukkan ekspresi ketertarikan terhadap sesuatu.

17. Ekspresi muka gila (freak)

Ekspresi ini biasa digunakan untuk menanggapi hal gila, aneh atau terkesan sangat absurd.

18. Emoji tertawa sampai mengeluarkan lidah

Emoticon ini digunakan untuk membalas chatting lawan yang memberikan chat lucu atau konyol.

19. Emoji mata duitan

Emoticon ini bisa digunakan ketika kamu sedang membahas tentang uang dengan bercanda atau lucu lucuan. Bisa juga kamu gunakan saat kamu sangat senang terhadap uang yang kamu terima atau semacamnya.

20. Emoji muka cool

Ekspresi ini bisa kamu gunakan jika dalam grup sedang ramai membahas sesuatu, kamu bisa mengekspresikan muka cool untuk sekedar “nampang”.

21. Emoji memeluk

Banyak yang menggunakan emoticon ini untuk pesan ingin memeluk seseorang. Padahal emoticon ini memiliki arti yang sebaliknya, emoticon ini menunjukkan pada seseorang bahwa kamu ingin dipeluk seseorang. Ada juga yang “salah” mengartikan emoticon ini sedang tepuk tangan.

22. Emoji ekspresi senyum licik

Senyum ini dapat kamu gunakan jika kamu merasa tidak suka terhadap sesuatu sebagai sindiran. Bisa juga kamu gunakan jika kamu tidak menghargai hal tersebut.

23. Emoji hampa

Pernahkah kamu merasa bingung tidak dapat berkata apa-apa?

Kamu bisa menggunakan emoticon ini pada saat kamu merasa blank, emoticon ini menunjukan bahwa kamu tidak dapa membahas apapun dalam suatu percakapan.

24. Emoji muka “jutek”

Emoticon ini menunjukkan perasaan muka jutek, yang menunjukkan ketidaktertarikan kita akan hal yang sedang dibahas saat ini.

25. Emoji muka tanpa ekspresi

Jika kamu merasa masa bodoh atau tidak peduli , emoticon ini sangat cocok digunakan untuk mengekspresikannya.

26. Emoji berpikir

Emoticon berpikir ini menunjukkan bahwa percakapan kamu dengan dia butuh dipikirkan atau untuk memutuskan suatu hal baik atau buruk. Biasanya juga digunakan untuk memutuskan tawaran atau ajakan lawan chatting.

27. Emoji muka marah

Ketika kamu merasa marah dengan seseorang atau lawan chat kamu, kamu bisa menggunakan emoticon ini agar dia tahu bahwa kamu tidak suka dengan hal tersebut.

28. Emoji muka sangat marah

Ekspresi sangat marah ini menunjukkan jika kamu sedang marah sekali dan level marahnya lebih tinggi dari emoticon sebelumnya. Ekspresi ini menunjukkan bahwa kamu sedang sangat kesal, kecewa, bercampuraduk perasaan dan ingin melampiaskan kemarahanmu.

29. Emoji menggerutu

Selain emoticon marah dan sangat marah, ketika kamu merasa kesal atau marah (level marahnya rendah), kamu bisa menggunakan emoticon menggerutu ini.

30. Emoji muka kaget

Ketika lawan chattingmu membahas sesuatu yang mengejutkan , kamu bisa menggunakan emoticon ini agar terlihat imut.

31. Emoji muka terkejut plus takut

Emoticon ini digunakan ketika kamu merasa terkejut tetapi juga memiliki rasa ketakutan saat mengetahuinya. Emoticon ini juga bisa kamu gunakan untuk lucu-lucuan kok gaes 🙂

32. Emoji muka prihatin

Emoticon ini digunakan saat kamu menerima kabar buruk yang memprihatinkan misalnya orang meninggal, atau semacamnya.

33. Emoji muka tersakiti

Ekspresi ini bisa kamu tunjukkan ketika kamu merasa tersakiti dengan topik pembicaraan yang kamu lakukan.

34. Emoji kelelahan / tertidur

Emoticon ini menunjukan bahwa kamu sedang lemah, letih, lesu dan lunglai atau sedang tertidur.

35. Emoji menangis keras

Emoticon ini mengekspresikan bahwa kamu sedang merasa sedih dan ingin mengeluarkan air mata ketika mendengar atau mengalami suatu hal yang buruk.

36. Emoji melihat keatas

Emoji ini cocok untuk mengekspresikan ketidak tertarikan dengan cara lebih sopan.

37. Emoji bingung (hmmm)

Jika kamu merasa bingung, kamu bisa menggunakan ekspresi emoticon ini agar lawan chatting kamu tahu. Bisa juga untuk menunjukan ekspresi kebingungan terhadap suatu hal yang kamu hadapi.

38. Emosi wajah capek

Emoticon ini menunjukan kalau kamu membutuhkan istirahat dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

39. Emoji wajah muak

Ketika kamu merasa bosan dengan keadaan atau apapun, kamu bisa mengekspresikan dengan emoticon muak ini.

40. Emoji mulut di-resleting

Emoticon ini digunakan ketika kamu mengetahui sesuatu informasi tetapi tidak mau menceritakan hal tersebut dengan lawan chattingan mu.

41. Emoji menggunakan masker

Emoticon ini digunakan untuk memberitahu lawan chatting kamu untuk menggunakan masker agar tidak tertular virus/penyakit atau bisa juga diartikan bahwa kamu sedang sakit.

42. Emoji sakit demam

Emoticon ini menunjukkan bahwa kamu sedang demam atau dalam kondisi tidak enak badan.

43. Emoji kepala diperban (terluka)

Emoticon ini menunjukan kondisi fisik kamu dalam keadaan yang tidak baik atau telah terjadi kecelakaan.

44. Emoji sedang tidur

Jika kamu sudah sangat merasa mengantuk dan sudah tidak bisa lagi menahannya maka kamu bisa mengirimkan emoticon ini pada lawan chatting kamu, bahwa kamu sudah tidak bisa melanjutkan percakapan saat itu juga karena butuh tidur.

45. Emoji malaikat

Emoticon ini biasanya menunjukkan makna dari sikap kebaikan seperti menolong, memberi, atau lain sebagainya. Emoticon ini digunakan apabila kamu mau melakukan kebaikan, atau bisa ditujukan untuk lawan chatting kamu yang telah melakukan kebaikan.


Akhir Kata

Yang perlu dipahami adalah penggunaan emoticon itu sangat fleksibel, emoji marah bisa digunakan dipesan dengan nada bercanda, begitu-pun sebaliknya, dan kombinasi ini bisa menghasilkan intonasi yang berbeda.

Mungkin sampai disini dulu tulisan mengenai arti emoticon ini. Jika masih ada emoticon yang ingin kamu ketahui artinya, bisa kirim pertanyaannya dikolom komentar dibawah..

Terimakasih sudah menyimak artikelnya sampai selesai. Jangan lupa baca artikel lain dari mimin ya !

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi ditulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan