6 Resiko Dan Bahaya Menggunakan WhatsApp Mod (Seperti GBWA, YoWA, dll)

Mudahnya proses mendapatkan dan menginstall aplikasi WhatsApp mod, diiringi dengan banyaknya kelebihan fitur WhatsApp mod dibandingkan aplikasi WhatsApp resmi, menyebabkan banyak pengguna beralih ke WhatsApp mod.

Padahal dibalik semua ‘keuntungan’ yang ditampakkan, ada resiko ataupun bahaya yang banyak pengguna WA mod tidak sadari.

Itulah yang akan dibahas kali ini. Langsung saja.

1. Resiko akun diblokir

Seperti yang telah kalian ketahui, bahwa whatsApp Mod adalah aplikasi yang tidak resmi yang bisa dibilang tidak legal. Pihak WhatsApp sendiri menindak tegas akun yang terbukti menggunakannya.

Sebagai peringatan dari pihak WhatsApp, akan memberikan peringatan penangguhan akun selama beberapa jam. Namun, jika terus diabaikan maka durasi akan diperpanjang bahkan bisa saja diblokir permanen.

Ada banyak penjelasan di halaman FAQ WhatsApp terkait hal ini,

2. Terdapat Iklan (Dan Iklannya bisa tidak aman)

Kebanyakan penyedia layanan WhatsApp Mod memasang iklan pada aplikasinya.

Bahkan, iklan tersebut cukup banyak sehingga terlihat seperti spammy. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu kalian yang menggunakan WhatsApp Mod. Tidak hanya itu, jika pengguna tidak sengaja mengklik iklan tersebut, maka akan terbawa ke website asing secara otomatis.

Parahnya lagi, berdasarkan kaspersky (Note: tulisan tsbt dalam bahasa Inggris), salah satu jenis WhatsApp mod saat itu, FMWA, disusupi oleh trojan bernama triada, yang salah satu tugasnya adalah menampilkan iklan popup yang tampil tidak menentu dan mengelola iklan tidak terlihat dilatar belakang.

Hal ini juga dibahas disitus berita nasional kita disini, https://tekno.kompas.com/read/2021/08/25/16280037/hati-hati-aplikasi-whatsapp-mod-ini-bawa-trojan-berbahaya?page=all

3. Resiko terkena Virus dan Malware

Yup, menggunakan WhatsApp mod bisa membuat ponsel kamu terserang virus ataupun malware seperti yang sudah dibahas diatas sebelumnya.

Diatas juga sudah dijelaskan sedikit, terkait jenis malware yang digunakan untuk menyerang pengguna, yaitu trojan dengan nama triada tadi.

Disitus securelist, dibahas lebih detail terkait apa saja yang dilakukan oleh trojan triada di WA mod tsbt (Note: tulisan tsbt dalam bahasa Inggris).

Selain menampilkan iklan secara paksa, trojan tadi juga mendownload trojan lainnya dengan berbagai fungsi, seperti fungsi mendaftarkan pengguna untuk konten berbayar.

4. Resiko akun dicuri dan digunakan oleh pembuat malware

Masih terkait malware, disitus securelist, dijelaskan penyebaran baru malware pada WA mod jenis YoWA dan WAplus (Note: tulisan tsbt dalam bahasa Inggris).

Disana jenis trojan yang digunakan masih triada, namun ada penambahan jenis fungsi seperti pengambilan data keys penting terkait akun WhatsApp, yang bisa memfasilitasi dalam pengambilalihan akun.

Setelah akun diambil alih, akun kamu bisa digunakan sebebas-bebasnya oleh penyebar malware tadi.

Mereka bisa gunakan akun untuk penyebaran malware lebih lanjut, atau gunakan untuk penipuan yang menargetkan kontak kamu, dll.

5. Tidak ada jaminan pesan dan media yang dibagikan bersifat privat dan aman

Salah satu kelebihan WhatsApp dibandingkan banyak jenis aplikasi chatting lainnya adalah teknologi end-to-end encription.

Dimana fitur ini memastikan bahwa seluruh pesan yang kamu kirim dan terima akan terenkripsi selama transit, sehingga tidak ada seorangpun yang bisa tau apa yang kamu bagikan di WhatsApp, termasuklah karyawan WhatsApp.

Nah hal ini tidak bisa dipastikan untuk WhatsApp mod.

6. Lebih jarang tersedia update

Ini bisa dibilang resiko paling ringan ya dari semua resiko yang ada. Namun tetap aku jelaskan disini karena walau bagaimanapun tetap ada dampaknya.

Seperti yang kamu tau, WhatsApp mod merupakan hasil modifikasi dari aplikasi WhatsApp resmi. Jadi setiap kali pihak WhatsApp resmi menyediakan versi terbaru, developer WhatsApp mod perlu memodifikasi versi terbaru tadi untuk menghasilkan WhatsApp mod versi terbaru.

Jika dalam setahun WhatsApp resmi update 12 kali, maka pihak dev WhatsApp mod perlu melalukan hal yang sama jika mereka ingin memastikan seluruh fitur baru di WhatsApp bisa dirasakan oleh pengguna mod.

Dan dalam kenyataannya tidaklah demikian, banyak jenis WhatsApp mod yang diupdate hanya 1 atau beberapa kali dalam setahun.

Sehingga seringkali jika ada fitur baru di WhatsApp, kamu perlu menunggu berbulan-bulan hingga dev WhatsApp mod menggunakan versi WhatsApp terbaru sebagai dasar (base) dari aplikasi mod-nya.


Jika kamu masih ingin menggunakan WhatsApp Mod, diharapkan untuk berhati-hati dan pahami benar resiko serta konsekuensi yang mungkin terjadi. Aku ingatkan kembali bahwa penggunaan aplikasi ini sangatlah tidak disarankan karena dapat membahayakan para pengguna.

Itulah penjelasan singkat mengenai bahayanya menggunakan aplikasi WhatsApp Mod. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa beri

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *