Benarkan Facebook Pro Bisa Menghasilkan Uang? Apa Syaratnya?

Terbit

Diperbarui

Baru-baru ini dunia maya sedang diramaikan dengan Facebook Pro yang diklaim dapat menjadi tempat untuk menghasilkan uang. Benarkah hal tsbt? Lalu apakah persyaratan yang perlu dipenuhi untuk hal ini?

Itulah yang akan dibahas ditulisan kali ini. Langsung saja disimak ya.

I. Cara Mengaktifkan Fitur Facebook Pro

Dengan mengaktifkan fitur ini, para pengguna akan mendapatkan akses berbagai alat dan fitur yang dapat membantu mereka menjangkau lebih banyak audiens dan menghasilkan uang dari konten-konten mereka.

Pengguna yang telah mengaktifkan Facebook Pro secara otomatis berubah menjadi ‘Digital Creator’.

Untuk mengaktifkan Facebook pro cukup mudah, Simak Langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Facebook Pro dibawah ini:

  1. Bukalah akun Facebook kalian, lalu masuk kehalaman profil.
  2. Jika sudah berada dihalaman profil, klik titik tiga di samping ’Edit Profil’.
  1. Pilih ‘Aktifkan mode profesional ‘
  2. Klik ’Aktifkan’ untuk mengaktifkan mode profesional atau Facebook Pro.
  1. Selesaikan profil kalian.

Setelah kalian berhasil mengaktifkan Facebook Pro, kalian akan mendapatkan fitur-fitur baru yang tersedia dan dapat membantu mengelola akun Facebook kalian.

Fitur profesional

Dasbor Profesional dirancang khusus untuk para pengguna yang ingin memaksimalkan penggunaan platform yang bertujuan untuk berbisnis atau profesional.

Dengan adanya Dasbor Profesional, kalian dapat melacak kinerja dan statistika postingan, memantau pesan dan komentar.

Pembaruan Profil

Untuk meningkatkan upaya akuntabilitas dan transparansi bagi pengguna sehari-hari, facebook menampilkan lebih banyak informasi mengenai profil dibagian ’Transparansi Profil’ pada profil mode profesional.

Ketika mode Profesional telah aktif, profil kalian akan diatur ke kategori ’Kreator digital’ decara default. Untuk mengubah kategori profil : Buka profil > Klik ikon titik 3 > Edit, dan pilihlah kategori.

Pengaturan ’Siapa yang bisa mengikuti saya’ secara default diatur ke publik, semua pengguna dapat mengikuti akun dan melihat konten kamu di kabar mereka. Tidak ada batasan jumlah pengikut yang dapat dimiliki.

II. Apakah Facebook Pro Bisa Menghasilkan Uang?

Tentu jawabanya adalah ‘Bisa’. Namun, tidak bisa dilakukan secara langsung, ada beberapa syarat dari Facebook yang harus diterapkan oleh pengguna, termasuk usia harus di atas 18 tahun.

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari Facebook pro, beberapa dinataranya adalah memasang iklan In-Stream, iklan di Reels, dan Bintang. Ada metode lain, tapi diakun yang baru aku buat ini, hanya tersedia 3 metode tsbt saja untuk monetisasi.

III. Syarat Monetisasi Facebook Pro Supaya Bisa Menghasilkan Uang

Pengguna Facebook dapat memonetisasikan konten Facebooknya namun terdapat sejumlah aturan yang harus dipatuhi agar konten-konten yang diunggah dapat dimonetisasikan.

Yang pertama adalah konten haruslah sesuai dan tidak melanggar ‘Standar Kebijakan Facebook’. Kalian dapat klik tautan dibawah ini untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut. https://www.facebook.com/policies_center/.

Setelah itu, masih ada persyaratan lainnya yang perlu dipenuhi sebelum monetisasi bisa aktif.

a. Untuk menampilkan Iklan In-Stream

Iklan In-Stream yaitu iklan yang dapat memutar sebelum, selama, sesudah video berdurasi pendek dan panjang yang memenui syarat di Facebook untuk menghasilkan uang. Cara ini cocok untuk konten video yang berdurasi panjang.

Sebelum itu, kalian harus mematuhi terlebih dahulu hal-hal dibawah ini :

Syarat Kelayakan Video On-Demand

  • Memiliki 5000 pengikut.
  • 60.000 total menit yang ditonton dalam 60 hari terakhir. Ini mencakup video on-demand, siaran langsung, atau siaran sebelumnya. Hal tersebut tidak mencakup jumlah menit ditonton dari waktu tonton video yang dipromosikan, crossposting, atau berbayar.
  • Halaman atau Fanpage harus memiliki minimal 5 video yang aktif. Video bisa berupa on-demand atau siaran langsung sebelumnya, tetapi ini tidak termasuk video aktif yang di crossposting atau konten yang dibagikan ke berbagai platform media sosial

Ada jenis iklan in-stream lainnya yang memiliki syarat berbeda, tapi tidak dijelaskan disini, karena tidak tersedia untuk pengguna Facebook pro (hanya tersedia untuk laman).

Setelah memenuhi syarat monetisasi dan mengaktifkan iklan in-stream untuk konten kalian, kalian harus terus memenuhi persyaratan kelayakan atau kalian bisa kehilangan akses ke iklan in-stream.

Jumlah iklan yang dilihat oleh penonton bergantung pada beberapa faktor seperti berapa banyak iklan yang telah dilihat pada hari itu dan durasi konten videonya. Iklan in-stream dapat ditampilkan pada video yang berdurasi 15 detik atau lebih. Jenis iklan yang dapat dilihat pemirsa bergantung pada video dan faktor lainnya.

b. Untuk menampilkan Iklan Reels

Iklan Reels di Facebook adalah iklan dalam konten yang ditempatkan di dalam atau di sekitaran content creator yang telah memenui syarat. Pengikut dapat melihat iklan saat menonton reel.

Ada 2 iklan yang ditayangkan yaitu iklan ’Banner Overlay’ dan iklan ’Post-loop’. Namun, hanya satu iklan saja yang dapat ditayangkan dalam satu reel.

Berikut cara agar kalian dapat memenui syarat untuk menghasilkan uang dengan iklan di Reels Facebook.

  • Kalian harus diundang dalam program iklan reel.
  • Harus menggunakan Halaman, Halaman baru, atau mode profesional untuk profil.
  • Telah lulus dan tetap mematuhi kebijakan Monetisasi Mitra dan Kebijakan Monetisasi Konten di Facebook.
  • Harus berusia minimal 18 tahun.
  • Tinggal di salah satu negara yang memenuhi syarat untuk iklan reel.

c. Bintang

Ketika kalian membagikan konten kepada penggemar, penggemar juga dapat memberikan dukungan finansial untuk menunjukan apresiasi terhadap konten yang telah dibuat dengan memberikan Bintang dan Hadiah.

Penonton atau penggemar dapat membeli Bintang dan mengirimkan kepada kreator yang mereka sukai untuk mengapresiasi konten-konten yang mereka buat.

Kalian dapat menghasilkan uang dari Bintang yang telah kalian dapatkan jika kalian memenuhi persyaratan kelayakan di bawah ini.

Kalian akan mendapatkan pembayaran dari Meta sebesar $0,01 USD untuk setiap Bintang yang kalian terima. Kreator juga dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Bintang kapan saja.

IV. Kesimpulan

Facebook pro adalah fitur yang memberikan wadah untuk para conten creator. Pengguna dapat mengakses berbagai fitur yang dapat meningkatkan pengalaman mereka dalam membuat konten.

Ada beberapa fitur unggulan Facebook pro yang melibatkan pembaruan algoritma yang lebih cerdas, analisis statistik yang lebih mendalam, serta akses ekslusif ke berbagai alat kreatif. Serta, pengguna juga dapat memonetisasikan konten mereka.

Fitur ini tidak hanya marak di kalangan anak muda saja loh, namun di kalangan orang tua bahkan ibu rumah tangga yang merasa bisa menghasilkan uang tambahan melalui produksi konten di Facebook.


Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mencoba mengaktifkan fitur Facebook Pro ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *