Berapa kebutuhan kuota untuk instagram-an setiap hari ?

Jangan mengaku anak kekinian jika tidak tau apa itu instagram. Instagram merupakan sebuah aplikasi media social yang sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat.

Dengan instagram kalian bisa berbagi stories, video, dan  foto kepada keluarga atau teman kalian. Selain itu kalian juga bisa live streaming dengan menggunakan instagram.

Yang jadi masalah adalah, semakin sering pakai instagram, semakin besar kebutuhan kuota data yang digunakan. Mungkin untuk yang punya akses ke wifi tidak terlalu memusingkan hal ini. Tapi untuk sebagian besar kita, yang masih harus beli paket internet setiap bulan, hal ini bisa jadi bahan pikiran :D.

Disini kita akan coba kalkulasikan berapa penggunaan kuota instagram permenitnya, perjamnya dan perbulannya (dengan asumsi pemakaian sejam sehari).

Seberapa banyak penggunaan kuota Instagram kamu?

Setiap social tentu saja menggunakan internet, jika tanpa wifi maka kalian harus membeli paket data untuk dapat menikmati layanan Instagram. Nah pada artikel kali ini akan saya beritahu berapa kuota yang habis ketika kalian menggunakan Instagram.

Karena saya menggunakan Smartphone Xiaomi, maka saya bisa mengecek jumlah kuota yang sudah saya keluarkan. Berikut adalah rincian penggunaan kuota Instagram selama 1 jam.

Skenario pertama: 20 Menit Hanya menonton video

Jika kalian online Instagram hanya untuk menonton video, maka kuota yang kalian gunakan adalah sebesar 141mb per 20 menit. Video yang saya tonton adalah secara random di pencarian Instagram. Jadi jika kita akumulasikan maka jika kalian menggunakan instagram hanya untuk menonton video saja, maka kalian akan menghabiskan sekitar 7 MB permenit, 423 Mb per jam.

Skenario kedua: 20 menit hanya melihat foto dan status pengguna lain

Untuk kegiatan ini saya menghabiskan kuota 120 mb per 20 menit. Maka jika kita hitung perjam, maka jika kalian hanya melihat foto akan menghabiskan kuota sebanyak 6 MB permenit, dan 360 MB perjam.

Skenario ketiga: 1 Jam Beraktifitas seperti biasa

Untuk aktifitas ketiga ini saya bermain Instagram selama 1 jam, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

  • Bikin stories
  • Balas DM
  • Balas Komen
  • Upload foto
  • Nonton Video

Diaktivitas ini saya menghabiskan kuota sekitar 441 mb perjam.  Tentunya ini sifatnya tentative tergantung penggunaan kalian juga. Semakin banyak kalian menonton video, mengupload foto, dll, maka semakin besar kuota yang kalian keluarkan.

Penggunaan kuota Instagram Selama 1 Jam
Penggunaan kuota Instagram Selama 1 Jam

Nah khusus untuk pemakaian perbulan, ini sulit dikalkulasikan, karena ini bergantung seberapa lama kamu pakai instagram dalam sehari. JIka kita asumsikan kamu maksimal pakai instagram 1 jam sehari. Maka perkiraan kebutuhan kuota bulanan untuk instagraman saja berkisaran antara 360×30=10,8 GB sampai dengan 30×423= 12,6 GB perbulan.

Jadi kira-kira bisa terpakai 10-12 GB sebulannya.

Ini tentu bukan angka pasti untuk semua orang. Kecepatan internet juga mempengaruhi, misalnya kalau internet super cepat, kita ga perlu nunggu loading, sehingga konsumsi konten dalam waktu yang sama bisa lebih tinggi.

Bagaimana cara menghemat Kuota Instagram

Jika kita lihat list penggunaan kuota diatas, maka hal yang bisa disimpulkan adalah penggunaan kuota instagram selama 1 jam cukup menguras kuota. Cukup boros bukan? Berikut adalah tips untuk menghemat kuota Instagram.

  1. Gunakan paket instagram dari layanan kartu SIM

Saat ini semua kartu SIM memiliki paket media social. Karena sekaranng saya  menggunakan Telkomsel, maka saya akan menginformasikan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mendaftar paket Instagram. Untuk Telkomsel sendiri, layanan Instagram bisa kalian beli dengan harga Rp20.000 jangka waktu 7 hari. ini cukup murah karena dengan paket ini kalian mendapatkan 1GB paket internet dan 4GB paket Instagra. selain itu dengan cara ini kalian juga bisa lebih menghemat Kuota Utama

Paket Instagram
Paket Instagram

2. Aktifkan fitur “Use less Data”.
3. Matikan data Latar Belakang.
4. Gunakan aplikasi penghemat data.

Bukugue.com sudah menjelaskan mengenai penghematan data instagram di tulisan ini: bukugue.com/cara-hemat-kuota-instagram.

Ok. Sekarang kalian sudah tahu berapa kuota yang digunakan untuk instagram. Tidak sedikit memang, buat yang pengen ngirit, ada settingannya dan bisa diakalin memang. Tapi yang paling ngirit justru adalah dengan mengurangi intensitas kita sebagai pengguna instagram. Dari biasanya instagraman sejam sehari, coba kurangi jadi 40 menit dalam sehari.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa tinggalkan kolom komentar

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan