Cara mem-backup data (foto, video, pesan, dll) di facebook

Hai Bukugue readers!

Pernah nggak sih, kamu pengen mendownload semua foto di Facebook-mu, tapi kamu merasa kesulitan karena foto yang telah kamu upload di facebook jumlahnya tidak sedikit? Nggak mau dong, kalau harus download satu-satu? Capek pastinya.

Atau pernah nggak sih, kamu pengen download semua status, pesan, foto, video, dan semua riwayatmu selama kamu menggunakan facebook? Foto dan video mungkin masih bisa didownload. Tapi, kalau status, komentar, dan riwayat pesan, bagaimana ya caranya?

Dari pengalamanku, pernah suatu ketika aku ingin menutup akun facebook-ku secara permanen. Tapi aku gak mau kehilangan satu-pun jejakku di facebook itu karena terlalu banyak kenangan, hehe. Maklum-lah, akunku saat ini sudah berusia 10 tahun. Mungkin sudah ratusan foto aku upload, ribuan status aku bagikan, dan mungkin sudah puluhan ribu kali aku berkirim pesan ke teman-temanku melalui facebook.

Mungkin ada dari kamu yang mengalami hal demikian, sama seperti aku.

Kali ini aku akan menjelaskan bagaimana caranya mendownload atau backup semua data di facebook dengan menggunakan ponsel saja. Wah emang bisa ya?

Jawabannya: Bisa dong!

Jaman sekarang gitu, hampir semuanya bisa dilakukan lewat ponsel. Termasuk yang satu ini. Langsung aja, simak yuk!

Langkah-langkah backup data facebook

Lalu bagaimana ya langkah-langkahnya? Kita lihat yuk berikut ini aku jabarkan langkah-langkah backup data semua data facebook melalui ponsel.

  1. Langkah pertama, masuk ke akun facebookmu melalui browser ponsel kamu. Atau kamu bisa kunjungi link berikut https://facebook.com supaya lebih gampang. Disini aku mencontohkan dengan menggunakan google chrome karena aku yakin hampir semua orang menginstall chrome di ponsel kalian bukan?
    masuk facebook melalui browser ponsel

    Pastikan kamu tidak lupa passwordmu ya. Jika kamu lupa password facebookmu, kamu dapat membaca tulisan berikut ini: bukugue.com/lupa-kata-sandi-facebook/

  2. Setelah kamu berhasil masuk ke akun facebookmu, silahkan klik icon garis tiga pada ujung kanan atas layar. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan Pengaturan, klik menu atau opsi tersebut.
  3. Pada menu pengaturan, terdapat beberapa pilihan setting untuk mengatur akun facebookmu. Mulai dari pengaturan akun, keamanan, informasi facebook, hingga iklan. Scroll ke bawah hingga kamu menemukan unduh informasi anda. Klik opsi tersebut.
  4. Di gambar di bawah ini terlihat beberapa penjelasan mengenai pengunduhan informasi atau data facebook. Kamu dapat memilih untuk mendownload hanya beberapa jenis informasi, beberapa rentang waktu saja, atau semua informasi dan data dari awal facebookmu dibuat.
    Kali ini aku akan coba untuk mendownload semua jenis data dan rentang waktunya aku tentukan dari awal facebookku dibuat sampai hari ini. Maka dari itu, pastikan semua jenis data yang kamu inginkan untuk diunduh telah dicentang. Selain itu atur rentang tanggalnya menjadi semua data saya.

    Disini aku gak otak-atik sama sekali, format datanya aku biarkan HTML. Termasuk juga kualitas medianya aku biarkan sedang. Walaupun sebenarnya tergantung selera dan kebutuhan kamu sih.
    Kalau sudah, kamu bisa mengklik buat file.

  5. Silahkan menunggu sampai file-mu tersedia untuk didownload. Facebook akan memberimu notifikasi jika datamu sudah siap diunduh.
    file akan diproses selama beberapa waktu

    Pengalamanku dengan facebook tua yang datanya segunung makan waktu nggak terlalu lama kok, nggak sampai 2 jam. Namun waktu itu aku hanya mendownload riwayat pesan dan foto saja. Di percobaanku kali ini, datanya tersedia lebih cepat karena memang aktivitas di facebook-ku yang ini tidak terlalu banyak.

  6. Setelah datanya tersedia kamu bisa klik unduh dan setelah itu masukkan kata sandimu.

    Dan sekarang, selesai deh! File-mu akan terdownload.

Catatan

Alternatif pilihan selain format HTML disini adalah JSON, namun aku sendiri prefer pakai HTML karena kalau pakai format ini nantinya tak perlu pakai aplikasi tambahan lagi untuk membuka riwayat pesan, komentar, dan lain-lain.

Nantinya seluruh file akan terdownload sebagai ZIP. Beberapa hape mungkin ada yang support ZIP dan bisa langsung di-extract.

Namun jika ponselmu tidak bisa langsung meng-extract file ZIP, kamu bisa download aplikasi pembuka RAR atau ZIP di ponsel androidmu melalui playstore. Aku sendiri pakai aplikasi ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rarlab.rar

Yak sekian itu tadi informasi mengenai langkah-langkah mengunduh data facebook melalui ponsel. Semoga informasi kali ini bermanfaat, dan jangan lupa stay tuned di Bukugue dot com untuk informasi menarik lainnya.

Selamat mencoba.

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan