Cara backup data [foto,video,story,chat dm,komentar,dll] di instagram

Hallo pembaca bukugue kali ini aku akan menjelaskan mengenai tutorial mendownload data instagram atau dengan kata lain backup data. Simak yuk.

Instagram menjadi salah satu media sosial untuk berbagi konten (gambar dan video) yang cukup populer di kalangan pengguna internet di Indonesia. Setiap harinya kamu bisa menemukan ribuan postingan baru yang dapat kamu lihat melalui akun instagrammu.

Selain memberikan fitur untuk membagikan foto dan video, ternyata instagram juga memberikan fitur untuk men-download semua kontennya lho. Kamu bisa mengunduh semua data instagram, bukan hanya foto, video, dan story saja, akan tetapi juga komentar, like, pesan dan chat dm, dll juga dapat kamu unduh.

Ini berguna ketika kamu ingin menutup akunmu tapi tak ingin kehilangan satu data pun. Kalau kamu mendownloadnya satu per satu repot bukan? Instagram juga tidak menyediakan fitur untuk mendownload post dan story secara langsung.

Meskipun post bisa didownload dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi, begitu pula dengan stories, namun merepotkan bukan jika harus mengunduhnya satu-satu? Terlebih untuk komentar dan pesan, tidak mungkin kan untuk kamu simpan dengan cara biasa (screenshot)?

Oleh karena itulah kamu bisa memanfaatkan fitur download data ini agar tak kesulitan mengunduh satu per satu kontennya. Tapi bagaimana ya cara melakukan backup data di instagram?

Berikut langkah-langkah backup data di instagram

Kita bisa melakukan backup data instagram ini melalui komputer maupun ponsel. Disini aku hanya akan menjelaskan tutorial backup data melalui ponsel saja, mengingat ini merupakan cara termudah untuk backup data di instagram. Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi instagram dan browser ponselmu.

Melalui aplikasi instagram

Kali ini aku akan menjelaskan bagaimana melakukan backup data instagram melalui aplikasi official-nya. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini aku akan jabarin langkahnya

  1. Pastikan kamu telah masuk ke akunmu. Dari home, silahkan menuju halaman profil.

    buka halaman profil instagram kamu

  2. Pada halaman profil, klik icon garis tiga. Setelah itu, pilih setting.
  3. Dari beberapa opsi yang tersedia, pilihlah setting untuk privacy and security.

    pilih “privacy and security”

  4. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan download data. Pilih opsi tersebut.

    klik “download data”

  5. Kemudian masukkan alamat email kamu tap request download. Setelah itu masukkan passwordmu dan tap next.
  6. Silahkan tunggu dan cek emailmu, instagram akan mengirimkan email saat data kamu sudah siap untuk di download. Jika sudah, buka email dari instagram. Disitu akan tersedia link button untuk mendownload datanya, klik download data seperti gambar berikut.

    cek email, buka pesan dari instagram, tap “download data”

  7. Kamu akan diarahkan menuju halaman login instagram di browsermu. Meskipun demikian, setelah login kamu akan langsung ditujukan ke halaman untuk mendownload data instagram. Silahkan masukkan email atau username dan password, lalu log in.

    login kembali pada browser ponsel

  8. Sampai disini kamu akan diberikan link untuk mendownload data instagrammu. Klik download data, maka data instagram kamu akan terdownload.

    klik ‘download data”

Menggunakan browser hp

Ada kalanya pengguna instagram sengaja tidak menginstall aplikasi official-nya dengan beberapa alasan tertentu. Namun tak usah khawatir, karena untuk melakukan request download data instagram tidak harus melalui aplikasinya. Bahkan dengan login melalui mobile browser pun, backup data instagram dapat dilakukan. Berikut ini aku akan tunjukkan bagaimana langkah backup data instagram melalui mobile browser.

  1. Disini aku akan pakai chrome untuk menjelaskan. Pertama-tama log in ke akun instagram-mu melalui browser ponselmu. Kunjungi https://instagram.com dan masukkan email atau username dan passwordmu, lalu log in.

    login melalui mobile browser

  2. Setelah berhasil login, silahkan menuju halaman profil. Setelah itu klik icon pengaturan seperti gambar berikut ini.
  3. Dari beberapa opsi pengaturan seperti pada gambar berikut, pilihlah privacy and security.

    pilih privacy and security

  4. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan opsi untuk melakukan data download. Tap request download.
  5. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengetikkan alamat email-mu dan tap next. Kemudian masukkan passwordmu dan klik request download. Setelah datanya tersedia untuk didownload, instagram akan mengirimi pesan atau notifikasi melalui emailmu.
  6. Silahkan cek apakah ada pesan masuk ke email-mu. Jika sudah ada pesan masuk, buka pesan tersebut. Instagram akan memberikan link untuk mendownload data instagram-mu. Tap link yang diberikan seperti gambar berikut.

    cek email dari instagram dan tap “download data”

  7. Kamu akan ditujukan ke halaman login melalui browser ponselmu terlebih dahulu. Silahkan masukkan alamat email atau username dan kata sandi akun instagram-mu kemudian login.

    login kembali pada mobile browser

  8. Setelah login, kamu akan langsung menuju halaman untuk mendownload data instagram-mu. Silahkan tap download data, maka secara otomatis data instagram-mu akan terdownload.

    klik “download data”

 

Catatan

Untuk melakukan request download data instagram, kamu tidak bisa melakukan secara terus menerus dan sewaktu-waktu. Instagram memberikan batasan, bahwa setelah kamu melakukan download data, maka selama 4 hari kedepan kamu tidak dapat melakukan permintaan download.

File yang diunduh memiliki format ZIP sehingga harus di-extract terlebih dahulu. Namun jika ponselmu tak mendukung file dengan format zip atau rar, kamu bisa mengunduh aplikasi rar untuk android melalui playstore. Aku sendiri pakai aplikasi ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rarlab.rar

Sedangkan komentar yang didownload memiliki format JSON bahkan setelah di-extract, sehingga kamu perlu menggunakan aplikasi pembuka json. Kamu dapat mengunduhnya melalui playstore. Aku sendiri pakai aplikasi json genie karena cukup ringan dan tidak banyak makan memori. Kamu dapat mengunduhnya melalui link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tuyware.jsongenie

Ya, sekian itu tadi tutorial backup data instagram melalui handphone. Semoga informasi kali ini bermanfaat, dan selamat mencoba.

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan