Cara membalikkan kamera saat membuat insta story

Instagram story atau biasa kita singkat sebagai insta story merupakan postingan di Instagram yang secara otomatis akan terhapus dengan sendirinya dalam jangka waktu 24 jam. Insta story juga biasa kita sebut sebagai snapgram karena banyaknya kesamaan dengan aplikasi Snapchat, termasuk di dalamnya sticker dan filter yang kekinian.

Rasanya tidak ada pengguna IG aktif yang tidak tau apa itu instastory.

Semakin berjalannya waktu, fitur pada Instagram pun semakin bertambah. Kini pengguna android juga dapat merasakan fitur yang sebelumnya hanya pengguna iPhone saja yang dapat mencicipinya.

Apa fitur yang dimaksud? Sekarang kamu bisa membalikkan atau beralih kamera ketika kamu membuat insta story.

Caranya pun cukup mudah. Untuk lebih jelasnya mari kita simak tutorial berikut ini.

Cara beralih kamera saat merekam insta story

1. Untuk membuat insta story, kamu bisa menekan foto profilmu di ujung kiri atas pada halaman utama Instagram kamu. Ini cukup jelas kan? Karena pasti para pembaca Bukugue dot com, terutama yang menggunakan media sosial Instagram, sudah beberapa kali membuat insta story.

Nah kita punya beberapa pilihan jenis insta story. Yang pertama kamu bisa membuat tulisan, yang kedua gambar, kemudian yang ketiga video.

Untuk tulisan kamu bisa menggunakan menu create atau type pada insta story. Kemudian untuk gambar kamu punya pilihan untuk memotretnya secara langsung, atau mengambilnya dari galerimu.

Sama dengan gambar, untuk video kamu juga punya pilihan untuk merekamnya secara langsung, atau mengambilnya dari galeri. Namun untuk video sendiri ada menu khusus yang memudahkan kita jika ingin merekam secara langsung. Menu yang dimaksud adalah hands free.

2. Buka menu hands free pada insta story.

alihkan mode insta story menjadi hands-free
alihkan mode insta story menjadi hands-free

3. Hands free memungkinkan kamu untuk merekam video story tanpa harus menahan jari pada layar. Jika secara manual, kita perlu menahan jari kita supaya video dapat terekam. Namun berbeda halnya jika kita menggunakan fitur hands free ini. Kita hanya perlu men-tap tombol rekam sekali, kemudian untuk menghentikan perekaman kita hanya perlu menekannya sekali lagi. Nah untuk merekam video story, tap tombol rekam pada ujung bawah layar.

tekan tombol tersebut untuk memulai proses perekaman video story

4. Sembari video direkam, untuk beralih kamera atau membalikkan kamera, kamu hanya perlu mengetuk layar dua kali saja. Maka secara otomatis kamera akan beralih menjadi kamera depan atau belakang, tergantung kamera mana yang kamu gunakan di awal.

tap dua kali pada layar untuk beralih kamera
tap dua kali pada layar untuk beralih kamera

Jika di awal kamu menggunakan kamera depan, maka ketika kamu mengetuk layar dua kali maka akan muncul kamera belakang. Begitu juga sebaliknya. Selain itu perlu diingat juga disini, kamu perlu mengetuk dua kali pada layar (bagian tengah), bukan pada tombol rekam.

Oh iya, ada cara lain untuk beralih kamera selain dengan mengetuk layar dua kali tadi, yaitu dengan cara menekan “icon beralih kamera” yang ada dipojok kiri bawah layar, seperti pada gambar berikut.

icon untuk beralih kamera
icon untuk beralih kamera

5. Jika sudah selesai videonya, kamu dapat mengakhiri video dengan menekan sekali pada tombol rekam untuk menghentikan proses perekaman video.

tap tombol rekam sekali lagi untuk menghentikan perekaman video

6. Setelah itu kamu dapat membagikan story yang baru saja kamu buat. Atau jika kamu ingin menyimpannya saja, kamu bisa menekan icon unduh. Selesai.


Bagaimana, sekarang pembaca Bukugue.com sudah tahu kan cara untuk beralih kamera ketika merekam story?

Untuk penulis sendiri menggunakan ponsel Xiaomi Redmi 4A. Sebuah sumber mengatakan bahwa cara ini dapat digunakan pada ponsel bermerk tertentu. Untuk ponselmu sendiri, kamu bisa men-test-nya sendiri untuk memastikan apakah cara ini dapat digunakan pada ponselmu.

Pastikan juga aplikasi Instagram-mu sudah diupdate versi terbaru ya.

Sekian informasi dari kami. Terus ikuti Bukugue.com untuk informasi terupdate seputar media sosial. Sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan