Cara membobol fitur fingerprint di whatsapp

Beberapa waktu yang lalu, Whatsapp mengeluarkan fitur teranyarnya yaitu fingerprint. Fitur ini memiliki kemampuan buat mengunci akses ke aplikasi WA. Kehadiran fitur ini jelas memberikan keamanan ekstra bagi para pengguna Whatsapp, khususnya pemilik smartphone berfitur fingerprint.

Kala mengaktifkan fitur fingerprint, maka aplikasi Whatsapp tidak bisa diakses sembarang orang. Hal ini akan mencegah “orang iseng” (biasanya keluarga atau teman), untuk mengakses obrolan Whatsapp-mu.

Peringatan sidik jari tidak dikenali di whatsapp
Peringatan sidik jari tidak dikenali di whatsapp

Sayangnya, fitur fingerprint ini bisa menimbulkan masalah jika hardware fingerprint smartphone-mu rusak. Dengan begitu, aplikasi Whatsapp-mu, takkan bisa dibuka bahkan oleh dirimu sendiri. Adakah solusi membuka Whatsapp yang sudah menerapkan keamanan dari fitur fingerprint ini?

3 Cara bobol fitur fingerprint di whatsapp

Ada tiga cara yang bisa dilakukan. Semua bisa dilakukan langsung dari HP-mu dan tanpa aplikasi tambahan. Silakan simak penjelasannya dari masing-masing cara tersebut!

A. Menghapus setelan sidik jari yang tersimpan di HP

Cara pertama, menurutku, adalah cara tersimpel dari ketiga cara membuka fingerprint Whatsapp. Kamu cukup menghapus “data sidik jari” yang ada di perangkatmu. Otomatis perangkat bisa dibuka tanpa sidik jari, tapi nanti setelah bisa masuk ke WA, fiturnya bisa disetel ulang. Langkah-langkahnya sebagai berikut!

1. Buka setelan HP, cari menu sidik jari. Menu ini beda-beda posisinya di tiap HP, jadi bisa coba explor bagian pengaturanmu, hingga ketemu menu “Sidik jari”.
2. Setelah itu tap “sidik jari”.

Admin: Seperti bisa dilihat diatas, beda HP, beda tampilan settingnya. Aku sendiri nemu pengaturan fingerprint itu didalam menu pengaturan keamanan.

3. Tap hapus fitur pemindai sidik jari di setelan HP

4. Selesai. Kamu sudah bisa masuk Whatsapp tanpa fingerprint lagi.

B. Menghapus data aplikasi Whatsapp

Sebelum menerapkan cara kedua ini, ada hal yang mau aku sampaikan, yaitu data Whatsapp-mu selama ini akan terhapus semua. Kamu bisa mengembalikan data tersebut jika memiliki backup data. Jika kamu benar-benar awam, silakan pelajari cara membackup data Whatsapp terlebih dulu. Setelah itu, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka setelan HP, cari aplikasi terpasang (ini juga berbeda antar merek HP).
2. Di HP-ku aku harus masuk menu RAM dan penyimpanan, lalu masuk ke “pengelola aplikasi terpasang”.

3. Tap “Whatsapp”.

3. Tap “penyimpanan”.

4. pilih “Hapus data” untuk menghapus seluruh data aplikasi Whatsapp.

5. Silakan buka lagi Whatsapp untuk melakukan login ulang sambil mengembalikan data yang sebelumnya kamu backup. Selesai.

C. Uninstall Whatsapp, lalu instal kembali

Sama seperti cara kedua, cara ketiga akan menghapus semua data di akun Whatsapp. Jadi persiapkan backup data WA-mu. Jika sudah siap, silakan ikuti petunjuk dibawah ini.

1. Buka Playstore, tap search untuk mencari Whatsapp.
2. Tap aplikasi Whatsapp.
3. Tap uninstal, tunggu sampai proses selesai.

4. Instal lagi aplikasi Whatsappnya.
5. Setelah itu buka kembali Whatsappnya, dan login dengan nomor telpon sama, dan kembalikan datamu. Selesai.


Demikianlah cara untuk masuk ke Whatsapp yang tidak bisa diakses karena terkunci dengan sidik jari. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk menambahkannya dikolom komentar dibawah ini.

aripranowo

Penyuka kopi item yang sering begadang malam.

Tinggalkan Balasan