Cara DM Twitter Tanpa Follow (ke satu orang dan banyak sekaligus)

Sejak tahun 2015 silam, Twitter telah menerapkan aturan agar kita bisa mengirimkan DM tanpa harus mem-follow akun pengguna lain yang bersangkutan terlebih dulu.

Hanya saja, untuk bisa melakukan itu ada syarat yang harus terpenuhi. Syaratnya adalah kamu dan orang yang akan dikirim DM mengaktifkan fitur “izinkan permintaan pesan dari semua orang”. Hal ini sudah dijelaskan dalam artikel Bukugue yang membahas kenapa ada akun Twitter yang tidak ada tombol DM-nya.

Akun Twitter yang telah mengaktifkan pengaturan “izinkan permintaan pesan dari semua orang” ini, tombol DM-nya akan terlihat secara publik untuk semua orang.

Jadi, jika tidak ada tombol DM, itu berarti pengguna yang bersangkutan tidak mengaktifkan fitur ini, dan kamu tidak bisa mengiriminya DM.

Mengirim DM Twitter Tanpa Follow ke satu akun saja

  1. Bukalah aplikasi Twitter seperti biasa.
  2. Di beranda, tap menu pencarian (ikon kaca pembesar) di bagian bawah.
  3. Kemudian, kamu tap pada kolom “Search Twitter”.
  1. Ketikkan username akun pengguna Twitter yang mau kamu kirimi pesan.
  2. Kamu pilih “People” ya agar username yang dicari muncul di hasil pencarian. Jika sudah, tap pada nama akun trsbt.
  1. Di halaman profil akun yang kamu cari, silakan kamu tap tombol amplop.
  2. Silahkan kamu ketik pesan yang ingin dikirimkan di kolom “buat pesan”. Lalu setelah selesai, kamu tap tombol kirim.
  1. Selesai. Sampai sini, kamu sudah selesai mengirimkan DM Twitter tanpa follow. Kamu tinggal menunggu balasan dari penerima DM.

Akan tetapi, ada hal yang perlu kamu tahu, pesan yang kamu kirimkan, akan masuk ke akun penerima dalam bentuk ‘Message request’ atau ‘Permintaan pesan’. Jadi tidak akan langsung terlihat dihalaman awal DM.

Selain itu, setelah penerima membuka permintaan pesan dari kamu tadi, penerima bisa saja menghapus pesan dari kamu atau bahkan langsung melaporkan dan memblokir akunmu. Dan kamu takkan menerima balasan atau informasi terkait hal ini.

Jadi dititik ini kamu sudah berhasil mengirimkan permintaan pesan, ditahap ini kamu hanya bisa pasrah menunggu hingga orang tsbt menyetujui pesan tsbt dan membalasnya.

Namun tentu ada upaya yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin cepat direspon, misalnya dengan mengirimkan tweet dan memention orang tsbt, membalas tweetnya, dll.

Mengirim DM Twitter Tanpa Follow ke Banyak Orang Sekaligus (Maks 20 akun)

Sebelum mengirim DM Twitter ke banyak orang sekaligus yang tidak kita ikuti, kamu perlu tahu bahwa kamu hanya bisa mengirimkan DM ke orang yang sudah pernah kamu kirimi pesan personal sebelumnya dan mendapat respons balik.

Jika sebelumnya kamu pernah mengirim DM dan tidak mendapat responsnya, maka pesan grup yang dikirimkan tidak akan pernah sampai.

Oke, beginilah cara membuat grup DM di Twitter atau mengirimkan ke banyak orang sekaligus.

  1. Buka aplikasi Twitter kamu seperti biasa.
  2. Di halaman beranda, kamu bisa langsung tap tombol DM dengan simbol amplop yang berada di pojok kanan bawah.
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung tap tombol amplop plus untuk membuat grup percakapan.
  1. Tap menu ‘Create a group’ atau ‘Buat grup’.
  2. Pilih orang yang mau kamu kirimi pesan, hingga muncul tanda centang. Misalnya, pada artikel ini aku mau membuat grup percakapan dengan dua teman, yaitu @teikebo23 dan @maesawa23. Setelah itu, kamu tap tombol “Create” atau “Buat” di kanan atas.
  1. Terakhir, silahkan ketik pesan yang ingin disampaikan di kolom pesan.
  2. Jika sudah, tap tombol ‘Kirim’ seperti biasa.
Kamu isi pesan, lalu kamu bisa langsung kirim dengan tombol sent.
  1. Selesai. Mudah bukan?

Oke, demikianlah penjelasan yang bisa aku sampaikan terkait cara DM Twitter tanpa perlu follow, untuk dikirim ke satu orang ataupun ke banyak orang sekaligus.

Semoga artikel ini ada manfaatnya untuk para pembaca sekalian. Dan jangan segan untuk mengajukan pertanyaan jika ada hal yang dirasa belum jelas. Thank you.

Sumber :

1. https://bukugue.com/kenapa-tidak-bisa-kirim-dm-di-twitter/;

2. https://help.twitter.com/id/using-twitter/direct-messages;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *