Cara Download Foto & Video di Instagram (Tanpa Aplikasi Tambahan)

Terbit

Diperbarui

Secara default Instagram tidak menyediakan fitur download, baik itu untuk video ataupun foto. Namun ada banyak trik yang bisa digunakan untuk download foto dan video di Instagram, mulai dari cara manual via inspect element di browser, ataupun cara ringkas dengan bantuan tool online.

Disini aku akan jelaskan cara ringkas-nya saja, supaya semua pengguna, termasuk pengguna awam bisa dengan mudah mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dibawah.

Proses download foto dan video Instagram (Tanpa Instal apapun)

Supaya mudah dipahami, prosesnya akan dibagi menjadi 3 langkah utama. Pertama adalah mengambil tautan foto atau video yang ingin didownload, kedua adalah membuka situs online yang membantu proses download, dan terakhir mendownload hasilnya dari situs online tadi.

Langsung saja,

Step 1: Mengambil tautan foto atau video yang ingin didownload

  1. Buka aplikasi Instagram kalian.
  2. Cari foto atau video yang ingin kalian download.
  3. Jika sudah, tap menu titik tiga diatas postingan tsbt.
  4. Selanjutnya pilih menu “Salin tautan”

Step 2: Buka situs online yang membantu proses download

Yang perlu kalian lakukan hanyalah masuk ke situs online yang menyediakan alat untuk mendownload foto atau video dari Instagram. Ada banyak situs-situs seperti ini, berikut beberapa yang cukup populer:

Semua situs tersebut menggunakan cara dan fungsi yang sama. Oleh karena itu pada tutorial kali ini aku hanya akan menjelaskan salah satu saja, disini aku akan pakai situs https://snapinsta.app/id saja.

Step 3 : Mendownload hasilnya dari situs online tsbt

  1. Buka situs https://snapinsta.app/id
  2. Paste atau tempel tautan yang dicopy sebelumnya dikolom yang tersedia.
  3. Setelah itu tekan tombol ‘Donwload’.
  4. Tunggu beberapa detik, kamu akan dibawa kehalaman baru berisi foto atau video dari postingan Instagram sebelumnya.
  5. Disini tekan tombol ‘Download video’ (dicontoh ini aku downloadnya video ya).
  1. Jika muncul pop-up konfirmasi simpan, tap “simpan”. Tergantung browser, ada yang otomatis menyimpan hasil download, ada juga yang tanya dulu dan minta diatur dimana file mau disimpan.
  2. Tunggu proses download selesai.

Kamu bisa cek hasil downloadnya di browser tsbt atau bisa juga buka galeri HP dan cari dari sana, seharusnya terlihat di galeri HP jika downloadnya berhasil dan selesai.

Yang perlu kamu perhatikan

Kegiatan mendownload foto atau video orang lain dari Instagram tanpa izin pemiliknya “dapat” dianggap melanggar hukum, terutama jika dilakukan untuk tujuan komersial atau disebarluaskan tanpa izin.

Beberapa hal berikut perlu diperhatikan ya:

  1. Foto dan video yang diunggah ke Instagram biasanya dilindungi oleh hak cipta. Mendownload dan menggunakannya tanpa izin bisa dianggap pelanggaran hak cipta.
  2. Menggunakan foto/video pribadi orang lain tanpa izin bisa melanggar privasi mereka. Apalagi jika kemudian disebarluaskan tanpa seizin yang bersangkutan.
  3. Potensi pencemaran nama baik. Jika foto/video yang didownload kemudian disebarluaskan tanpa konteks dan tanpa pertimbangan, kita bisa saja dengan tidak sengaja membuat atau menimbulkan efek negatif pada nama baik seseorang. Hal ini juga berpotensi menimbulkan masalah hukum.

Jadi kesimpulannya, meskipun tidak selalu diproses secara hukum, tindakan mendownload dan menggunakan foto/video Instagram orang lain tanpa izin sangat tidak dianjurkan dan berisiko menimbulkan masalah hukum.

Sebaiknya selalu minta izin terlebih dahulu ke pemilik akun sebelum menggunakan konten pribadi mereka.


Mungkin sampai disini tulisan kali ini terkait cara download foto dan video di Instagram. Selamat mencoba.

Ohya, jika ada yang ingin ditanyakan bisa tinggalkan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *