Cara download foto di Instagram tanpa aplikasi tambahan

Walaupun instagram sudah semakin canggih dan fitur-fitur baru terus bermunculan, tapi fitur untuk download foto masih saja belum ada sampai saat ini.

Padahal simpel sih harusnya, entah kenapa pihak instagram tidak mempermudah pengguna dengan menyediakan fitur ini.

Nah, buat kalian yang ingin mendownload foto, biasanya akan install aplikasi dari playstore ataupun appstore kalian. Aplikasi tambahan seperti ini biasanya berfungsi sesuai harapan kita, namun ada beberapa kekurangan misalnya kita tentu harus menyediakan ruang lebih diponsel untuk menginstall aplikasi ini, belum lagi masalah keamanan, tidak semua aplikasi yang ada diplaystore itu aman.

Disini kita akan bahas bagaimana mendownload foto instagram tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Disini kita akan gunakan tool dari situs downloader yang bisa diakses melalui browser kita masing-masing. Tools dari situs downloader ini selain bisa digunakan untuk download foto biasanya juga bisa digunakan untuk download video.

Ok, langsung aja kita masuk ke pembahasan.

A. Ambil foto Instagram dengan Screenshot

Yup, ini sebenarnya bukan mendownload foto, tapi tujuan akhirnya tetap sama. Dan untuk kasus tertentu, lebih simpel untuk screenshot atau screen capture sebuah foto, lalu dilanjutkan dengan meng-crop bagian yang tidak perlu.

Cara ini simpel, tapi mungkin tidak semua orang mau menggunakannya. Karena biasanya foto hasil screenshot lebih kecil resolusinya dari foto yang didownload full.

Penting untuk diketahui, setiap merk smartphone memiliki tombol shortcut berbeda untuk melakukan screenshoot atau capture. Tapi biasanya, tombol screenshootnya adalah dengan menekan “tombol volume bawah” dan “tombol power” secara bersamaan. Kalian bisa browsing sendiri untuk tombol screenshoot di merk hp yang kalian gunakan saat ini untuk lebih pastinya.

Berikut caranya.

1. Masuk ke aplikasi Instagram seperti biasa.
2. Cari foto yang ingin kalian download, lalu ambil screenshot atau capture layar saat itu juga.

Capture foto

3. Masuk ke galery dan cari foto hasil screenshot tadi.

cari foto di galery

4. Foto yang kalian capture sudah ada di galery.

Foto Berhasil di Capture

5. Karena capture ini merekam semua layar, maka foto yang masuk ke galery adalah foto semua layar yang kalian capture. Namun tidak usah khawatir, kalian tinggal masuk ke menu editing dan crop bagian tulisan-tulisan dari foto tersebut. Harusnya tidak ribet, hanya beberapa kali klik, tapi memang tiap ponsel beda-beda aplikasi bawaan editingnya, jadi disini kita tidak jelaskan lebih lanjut.

Bahkan jika kalian langsung upload foto pun bisa, kaena di aplikasi seperti facebook ataupun whatsapp, biasanya menyediakan fitur crop setelah foto diupload.

B. Cara download foto di Instagram tanpa aplikasi di HP

Disini kita tidak akan gunakan semua situs downloader yang ada, karena ada banyak banget diinternet saat ini. Jadi kita akan pilih satu aja sebagai contoh, kalian bisa gunakan situs yang sama atau gunakan situs lain yang nyaman untuk kalian gunakan. Berikut beberapa situs downloader yang ada diinternet.

  • https://instadownloader.co/
  • https://gramsave.com/
  • https://downloadgram.com/
  • https://www.dinsta.com/
  • https://instaoffline.net/
  • https://instadp.org/download-instagram-photos.php
  • https://insta-downloader.net/

Keuntungan menggunakan situs dowwloader adalah, situs ini bisa diakses dari manapun secara cepat, baik itu lewat ponsel jadul sampai komputer lawas, asalkan bisa akses internet, situs ini bisa digunakan.

Selain itu hasil foto yang didownnload memiliki resolusi full atau resolusi yang sama dengan yang kalian lihat diinstagram, berbeda dengan screenshot tadi yang menurunkan resolusi atau ukuran foto.

Keuntungan lainnya kalian juga bisa download video instagram dengan situs downloader ini langsung.

Ada banyak sekali situs yang bisa kalian gunakan untuk mendownload foto ataupun video di Instagram. Namun dari semua link download foto/video Instagram, yang paling simple dan mudah digunakan adalah insta-downloader.net/instagram-video, jadi disini kita akan pakai situs tsbt sebagai contoh. Berikut caranya.

Admin: Aku ga tau kenapa penulis menyarankan pakai “insta-downloader.net/instagram-video” sementara dihalaman utama “insta-downloader.net” sudah ada tool untuk download foto. Tapi yang jelas, caranya berhasil jadi tidak ada masalah disini.

1. Masuk ke aplikasi Instagram kalian seperti biasa.
2. Cari foto yang ingin kalian download, lalu tap “ikon titik tiga” dibagian kanan atas foto seperti pada gambar. Lalu pilih “copy link” dari menu yang muncul.

3. Jika berhasil, biasanya akan muncul bacaan “Link copied”. Itu artinya link sudah tercopy ke clipboard.

Link tercopy

4. Tutup dulu aplikasi instagram kalian, lalu buka halaman “insta-downloader.net/instagram-video” di browser kalian.

masuk ke alamat download instagram

5. Akan ada kolom untuk memasukkan link dihalaman ini, paste kan link tadi kekolom tersebut. Lalu tekan “Download Video”. Disini kita memang mau download foto, tapi sama saja, tool download video dan foto disitus ini sama saja.

paste link

6. Setelah kalian tap donwload video, kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah. Kalian akan diredirect kehalaman seperti dibawah, scroll terus kebagian bawah sampai muncul tombol “Download Photo”. Tekan tombol “Download Photo” tersebut.

7. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman file photo seperti dibawah ini. Disini tekan dan tahan dibagian photo, lalu pilih “Download Image” dari menu yang muncul.

8. Browser kalian akan mulai mendownload photo tsbt. Jika sudah selesai, biasanya ada notifikasi selesai download seperti dibawah ini. Ini notifikasi di chrome, jika kalian pakai browser lain, notifikasinya mungkin berbeda.

Foto berhasil di download

9. Foto sudah berhasil didownload ke ponsel kalian, kalian bisa buka langsung dari browser dengan mengklik notifiaksi donwload tadi, atau bisa cari hasil download-an di galeri kalian.

C. Cara download foto di Instagram tanpa aplikasi di komputer/PC

Kalian bisa gunakan cara screenshot ataupun dengan situs downloader untuk mendownload foto instagram di komputer kalian.

Untuk cara screenshot tidak akan dijelaskan ulang, intinya cuma ambil screenshot dengan tombol “Prtsc” atau printscreen, lalu paste di “Paint”. Gunakan fitur crop di “Paint” untuk mendapatkan foto dan membuang bagian yang tidak dibutuhkan.

Sedangkan untuk cara download foto dengan situs downloader, hampir sama dengan yang di HP, cuma disini kita tetap akan kasih contoh agar lebih mudah dipahami.

Jika di HP tadi kita menggunakan situs insta-downloader.net, di komputer atau PC kita akan coba situs lain yaitu downloadvideosfrom.com/id/Instagram.php. Berikut caranya.

Admin: Lagi-lagi aku tidak tau kenapa penulis menyarankan situs ini, karena beberapa situs downloader lain seperti downloadgram jauh lebih populer dari situs yang di coba oleh penulis disini. Either way, its work just fine, jadi tidak ada masalah disini.

1. Seperti biasa, masuk dulu ke akun instagram kalian.
2. Cari foto yang kalian ingin download lalu klik “ikon titik tiga” seperti pada gambar.

cari foto yang ingin di download

3. Pilih “Salin tautan” atau “Copy link” dari menu yang muncul.

Pilih Salin Tautan

4. Selanjutnya, masuk kehalaman “https://www.downloadvideosfrom.com/id/Instagram.php“. Lalu paste-kan link atau tautan tadi ke kolom yang disediakan.

pastekan link

5. Selanjutnya kalian tap “Unduh Foto”. Kalian juga bisa download MP4 atau video disini.

unduh foto

6. Seharusnya foto akan mulai didownload, saat selesai biasanya juga akan ada notifikasi dibrowser kalian bahwa foto sudah berhasil didownload. Biasanya kalian bisa akses foto di folder download di komputer kalian.

Yup, penulis salah kasih panah, itu iklan yang dipanahin.
Yup, penulis salah kasih panah, itu iklan yang dipanahin.

7. Selesai. Itulah cara donwload foto instagram di komputer atau PC. Caranya kurang lebih sama dengan di hp atau smartphone, yang membedakan hanyalah dari segi tampilannya saja.


Ada banyak situs downloader diluar sana, ada yang pakai iklan biasa, ada juga yang pakai iklan pop-up, ada juga yang iklan-nya minim dan tidak terlalu banyak.

Yang jelas fungsi dari situs ini sama saja, dan tidak ada yang lebih baik dari yang lainnya. Biasanya yang membedakan memang dari segi tampilan dan jenis dan jumlah iklan yang dipakai disitus tsbt.


Sepertinya sudah cukup lengkap pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tambahkan dikolom komentar dibawah. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Posted inInstagram

Published by digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *