Cara download video di Instagram lewat HP atau PC

Melihat postingan postingan di media di Media social merupakan sebuah hal yag menyenangkan.  Banyak sekali yang bisa kita lihat mulai dari foto, story, bahkan video.

Diantara beberapa banyak postingan yang kita lihat, pasti ada salah satu yang sangat kita sukai dan ingin kita share ke teman teman. Namun Instagram membatasi pengguna dalam hal mendownload media postingan yang sudah pernah diupload oleh pengguna lain.

Secara default Instagram tidak menyediakan fitur download, baik itu untuk video ataupun foto.

Jadi jika kalian ingin mendownload foto atau video, kalian perlu tool atau alat tambahan. Baik itu berupa aplikasi tertentu yang di download di playstore, ataupun situs online tertentu yang bisa dipakai untuk mendownload tanpa harus install aplikasi tambahan. Disini kita akan bahas semuanya.

Cara download video Instagram tanpa aplikasi tambahan

Disini kita akan bahas ini terlebih dahulu, karena banyak teman-teman yang tidak suka jika harus mendownload aplikasi tambahan. Cara download video ini bisa dipakai di semua perangkat, karena kita menggunakan tool online, jadi mau pakai android, iphone ataupun komputer, caranya sama saja.

Yang perlu kalian lakukan hanyalah masuk ke situs online untuk mendownload video (yang sudah tersedia di Internet). Ada banyak situs-situs seperti ini, berikut ini dua yang sering digunakan.

  1. Downloadgram.com
  2. Dredown

Admin: Aku cek dua situs diatas, aku lebih rekomendasikan downloadgram untuk saat ini. Dredown iklannya cukup banyak sehingga pas di coba agak ngelag browsernya. Jika ada situs download yang lebih clean dan ringan, silahkan rekomendasikan dibawah, nanti aku tambahkan disini.

Kedua situs tersebut menggunakan cara dan fungsi yang sama. Oleh karena itu pada tutorial kali ini saya hanya akan menjelaskan disalah satu saja, disini saya akan pakai situs Downloadgram saja, karena situs ini yang paling sering saya gunakan. Berikut adalah caranya:

1. Masuk ke akun instagram
2. Cari video yang akan kalian download

Video Yang Akan didownload
Video Yang Akan didownload

3. Tap titik tiga diatas video yang akan kalian download, jika sudah akan muncul menu lagi, pilih salin tautan

Pilih Salin Tautan
Pilih Salin Tautan

4. Jika tautan sudah di salin, sekarang kalian buka jendela baru di browser kalian, lalu masuk ke situs downloadgram.com

Buka Situs Downloadgram.com
Buka Situs Downloadgram.com

5. Masukkan link yang sudah kalian copy tadi ke dalam kotak yang disediakan di “downloadgram”, lalu tap download.

Paste Link Ke Downloadgram
Paste Link Ke Downloadgram

6. Akan muncul pilihan baru yaitu download video. Tap pilihan tersebut

Pilih Download Video
Pilih Download Video

7. Kalian akan masuk proses download. Tunggu hingga download selesai

Proses Download
Proses Download

8. Video berhasil di download. kalian bisa mencari file yang sudah kalian download tersebut di penyimpanan perangkat.

File Selesai di Download
File Selesai di Download

Hingga saat ini download video Instagram menggunakan situs downloadgram.com masih sangat efektif. Namun ternyata setelah saya coba ada beberapa video yang tidak bisa di download.

Dari hasil percobaan saya mencoba mendownload 5 video, ternyata hanya 2 video saja yang bisa di download. Jadi tidak perlu heran jika kalian juga mengalami gagal download dengan cara ini. Bisa jadi Instagram sendiri yang membatasi video apa saja yang bisa di download. saya belum menemukan kategori video apa saja yang tidak bisa didownload di situs ini, jika ada informasi akan saya update di tulisan ini.

Nah jika kalian sangat butuh video tersebut maka mau tidak mau kalian harus mencari alternative lain untuk mendownload video Instagram seperti menginstal aplikasi pihak ketiga.

Cara download video instagram menggunakan aplikasi

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mendownload Instagram, namun jika disuruh memilih saya lebih memilih aplikasi snaptube yang bisa kalian download di playstore. Aplikasi ini sangat ringan, kalian tidak hanya bisa download video instagram namun bisa juga download video lainnya seperti youtube.

Admin : Barusan aku search di google play dan sayangnya tidak ketemu aplikasi ini, sepertinya sudah di remove dari google play. Kamu bisa download aplikasi ini di situs resminya di https://www.snaptubeapp.com/

Untuk menggunakannya sebenarnya sama seperti tanpa menggunakan aplikasi, namun link yang kalian copy tersebut kalian paste ke snaptube. Berikut caranya.

1. Buka Instagram dan cari video yang ingin kalian download.
2. Tap tanda titik 3 lalu pilih salin tautan

Pilih Salin Tautan

3. Masuk ke aplikasi snaptube, ada kotak pencarian di bagian atas layar. Paste kan link tersebut kedalam kotak itu. Lalu Tap gambar kaca pembesar di sebelah kanan tulisan.

Tap Icon Kaca Pembesar
Tap Icon Kaca Pembesar

4. Kalian akan masuk ke halaman instagram yang berisi video yang ingin kalian download. Namun bedanya disini ada pilihan download di bagian kanan bawah gambar. Tap icon download untuk memulai download video

5. Pilih Unduh

Pilih Unduh
Pilih Unduh

6. Kalian juga bisa mengganti nama file video serta lokasi penyimpanannya. Hal ini perlu dilakukan untuk memudahkan kalian mencari video ketika sudah selesai download.

Pilih Unduh
Pilih Unduh

7. Tunggu hingga proses download selesai

Proses Download
Proses Download

8. Jika sudah selesai, cari video tersebut di penyimpanan perangkat, Jika ada maka proses download video dengan menggunakan aplikasi selesai dan video tersebut sudah bisa kalian nikmati.

Alternatif aplikasi download video yang dari google play

Jika kalian tidak menemukan snaptube di google play, kalian bisa menggunakan aplikasi lain yang banyak sekali tersedia di playstore.

Rekomendasi dari saya adalah menggunakan aplikasi downloader for Instagram. Selain simpel dan sangat mudah digunakan, aplikasi ini bisa digunakan untuk mendownload video facebook juga loh.

Untuk mencobanya silahkan download di Playstore dengan kata kunci “Download for Instagram”. Berikut adalah cara menggunakannya.

  1. Masuk ke halaman instagram dan cari video yang ingin kalian download
Masuk ke Instagram
Masuk ke Instagram

2. Tap titik tiga dibagian atas video dan pilih salin tautan

Pilih Salin Tautan
Pilih Salin Tautan

3. Buka aplikasi “downloader for instagram

Masuk Ke Aplikais Downloader For Instagram
Masuk Ke Aplikais Downloader For Instagram

4. Pastekan tautan video kalian tadi di aplikasi ini, lalu pilih download.

paste tautan
paste tautan

5. Video akan langsung didownload, setelah selesai akan ada pilihan view untuk menonton video yang sudah tersimpan di penyimpanan internal.

Pilih View Untuk Menampilkan Video
Pilih View Untuk Menampilkan Video

6. Video dari instagram telah selesai di download dan sudah bisa di putar.

Video Selesai Di Diownload
Video Selesai Di Diownload


Salah satu tujuan Instagram membatasi download video adalah agar video yang diupload oleh pengguna lain tidak disalahgunakan untuk kepentingan pribadi. Namun masih ada saja cara pengguna untuk dapat mendownload video yang ada di Instagram.

Dari kedua cara tersebut diatas, saya lebih suka menggunakan cara pertama karena selain tidak perlu mendownload aplikasi tambahan apapun, cara pertama bisa digunakan dimanapun baik di desktop/komputer maupun di smartphone android ataupun iPhone, karena disana hanya perlu browser untuk akses tool online tersebut.

Itulah tutorial bagaimana cara mendownload video Instagram. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa tinggalkan di kolom komentar.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan