Cara Menghapus Riwayat Pencarian Instagram dengan Cepat dan Mudah

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Instagram Dengan Cepat dan Mudah ~ Instagram pada awalnya adalah media sosial untuk berbagi aktivitas secara visual yaitu foto atau gambar.  Seperti slogan Instagram yaitu “Instagram is a simple way to capture and share the world’s moments”.

Namun seiring dengan perkembangannya, Instagram kini menjadi sosial media yang dapat digunakan sebagai sumber informasi , media iklan dan media komunikasi. Hal ini didukung oleh penggunanya yang mencapai satu miliar dengan bintang 4,5 oleh hampir lima puluh juta pengguna dan rating 12+ pada bulan Mei 2017.

Instagram juga mencatat bahwa setiap bulan Instagram digunakan oleh enam ratus juta pengguna aktif dan empat ratus juta pengguna aktif perhari.

Para pengguna instagram menyediakan berbagai informasi, baik yang bersifat momen pribadi, hal hal unik hingga berita yang bersifat serius. Untuk mendapatkan informasi mengenai hal hal tertentu bisa kita lakukan dengan membuka profil akun Instagram yang fokus menyediakan informasi bagi para followernya.

Misalnya adalah akun berita nasional, akun tentang fakta dan mitos, akun mengenai informasi kesehatan dan berbagai macam informasi lainnya. Baik akun milik jurnalis resmi maupun khusus informasi di Instagram.

Selain dengan cara tersebut, kita bisa mendapatkan informasi dengan menggunakan hastag pada bilah pencarian. Contohnya untuk mencari informasi terkait pemilihan  umum daerah, cukup gunakan #pilkada atau informasi mengenai wisata di suatu daerah hanya dengan menggunakan #wisatakaranganyar #wisatasleman maka kita akan disuguhkan berbagai foto mengenai hal tersebut.

Namun Instagram ternyata menampilkan daftar kata kunci pencarian yang pernah kita gunakan, yaitu di bawah kolom pencarian. Padahal seringkali kita tidak ingin apa yang pernah kita cari diketahui oleh orang lain. Terutama bagi yang smartphonenya sering dipinjam oleh orang lain.

Hal ini tentunya akan membuat kita kurang nyaman meminjamkan smartphone ke orang lain. Walaupun sebenarnya daftar pencarian ini bermanfaat bagi kita agar mudah dalam mencari ulang akun atau hastag yang pernah kita buka.

Agar daftar akun atau pencarian yang pernah kita cari di kolom pencarian itu hilang, maka kita dapat menghapusnya atau membersihkan riwayat pencarian. Untuk melakukannya hanya dengan beberapa kali klik. Tetapi cara membersihkan riwayat pencarian Instagram ternyata memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini cara menghapus riwayat pencarian Instagram beserta kelebihan dan kekurangannya.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Instagram

  1. Buka bilah pencarian Instagram

Halaman ini tentu saja sudah cukup familiar, karena untuk mencari berbagai macam foto bisa dilakukan disini. Baik dengan nama akun, hastag maupun lokasi. Bahkan tanpa kata kunci pun kita sudah disarankan dengan foto yang topicnya sering kita cari.

  1. Pastikan tidak ada riwayat yang penting untuk disimpan

Pastikan kembali bahwa anda sudah yakin untuk menghapus seluruh riwayat pencarian Instagram anda. Catat terlebih dahulu riwayat pencarian yang dirasa penting. Karena setelah dihapus, seluruh riwayat pencarian akan hilang.

  1. Masuk ke bagian profil Instagram

Setelah kamu yakin untuk menghapus riwayat pencarian, masuk ke bagian profil akun instagram kamu.

  1. Klik tiga titik di pojok kanan atas (menu opsi)

Di bagian pojok kanan atas, kamu bisa menemukan tiga titik berjajar ke bawah. Tiga titik ini adalah menu opsi, mirip dengan menu pengaturan di aplikasi aplikasi lain. Semua pengaturan mengenai akun Instagram dapat ditemukan disini.

  1. Scroll hingga mentok ke bawah

Dari berbagai pilihan opsi, scroll layar hingga ke bagian paling bawah. Sampai pada bagian yang tidak memiliki sub judul.

  1. Klik bersihakan riwayat pencarian

Pada menu di bagian bawah, tepatnya diatas pilihan log out dan tambahkan akun, kamu akan menemukan tulisan “Bersihkan Riwayat Pencarian”. Klik bagian ini untuk menghapus seluruh riwayat pencarian Instagram di smartphone kamu.

  1. Klik “Ya, saya yakin”

Instagram akan meminta konfirmasi satu kali lagi untuk menghapus seluruh riwayat pencarian Instagram. Apabila kamu sudah yakin, tinggal klik saja pilihan “Ya, saya yakin”

  1. Selesai!! Cek kembali bilah pencarian Instagram

Proses penghapusan riwaqyat pencarian Instagram kamu telah selesai denganb beberapa langkah mudah tadi. Cek kembali ke bilah pencarian untuk memastikan bahwa seluruh pencarian Instagram terbaru sudah terhapus

Kelebihan dan Kekurangan Membersihkan Riwayat Pencarian

1. Kelebihan membersihkan riwayat pencarian Instagram

Sesuai dengan tujuannya untuk menghapus riwayat pencarian yang tidak ingin diketahui orang lain, berikut ini beberapa kelebihan dari fitur pembersihan riwayat pencarian Instagram diantaranya:

  1. Proses penghapusan mudah dilakukan karena hanya melewati beberapa tahapan klik saja.
  2. Dilakukan secara kolektif baik nama akun, hastag maupun lokasi sehingga proses pembersihan tidak perlu satu persatu.
  3. Bisa menyembunyikan riwayat pencarian yang tidak ingin diketahui oleh orang lain.
  4. Proses pembersihan berlangsung cepat dan tanpa loading, berbeda dengan pembersihan riwayat pencarian di browser yang cukup lama.

2. Kekurangan membersihkan riwayat pencarian Instagram

Dengan berbagai kelebihan dan kemudahan dalam menghapus riwayat pencarian instagram, ternyata cara menghapus riwayat pencarian ini masih memiliki beberapa kekurangan yang cukup membuat kita repot. Berikut ini beberapa kekurangan dari fitur pembersihan riwayat pencarian Instagram:

  1. Semua riwayat dihapus tanpa pengecualian.Karena semua riwayat dihapus sehingga riwayat pencarian yang sekiranya penting tetap ikut terhapus. Oleh karena itu kita tetap harus mengingat maupun mencatat nama akun, hastag atau lokasi yang ingin kita cari kembali. Hal ini tentu saja kurang efektif.
  2. Masih terdapat daftar akun yang disarankan.Setelah riwayat pencarian dihapus, kolom pencarian pada daftar akun masih ada daftar akun yang disarankan. Meskipun tidak ada pada daftar hastag dan lokasi. Sayangnya sering kali daftar nama akun yang muncul ini bukanlah akun yang sering dicari. Sehingga hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna Instagram.
  3. Terjadi keterkaitan riwayat pencarian dengan akun yang terhubung.Hal ini sering terjadi pada aplikasi Instagram yang login hingga beberapa akun. Selain itu akun yang login pada smartphone lain juga akan terpengaruh dalam hal riwayat pencarian. Riwayat pencarian antar akun sering kali terhubung.

Meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan tetapi saya rasa fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna instagram. Karena dengan fitur ini kita bisa terlindung dari amukan pacar atau pasangan hidup 🙂 . Khususnya untuk orang orang yang suka iseng untuk mencari akun orang lain yang sering membuat mereka cemburu 🙂 . Bercanda ya teman teman 🙂 .

Sekian tadi cara menghapus riwayat pencarian Instagram hanya dengan beberapa kali klik saja. Hanya dengan beberapa langkah saja kita sudah menghilangkan berapapun akun dan hastag yang pernah kita cari. Meskipun cara ini masih belum efektif karena masih ada nama akun yang disarankan, tetapi semoga tetap bermanfaat dan Instagram segera memberikan update yang membahagiakan untuk kita. Karena sampai saat ini belum ada cara untuk menghilangkan daftar akun Instagram yang disarankan ini. Semoga bermanfaat 🙂

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Seorang Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *