Cara menghapus riwayat pencarian di Instagram

Sepeti yang kalian ketahui, ketika kalian masuk ke pencarian Instagram maka kalian akan menuliskan sebuah kata kunci. Jika kata kunci tersebut pernah kalian ketik, maka ketika masuk ke pencarian dan ingin mengetik apa yang ingin dicari, system di instagram secara otomatis akan menampilkan kata kunci yang pernah kalian ketik sebelumnya.

Sebenarnya ini sangat membantu. Karena adakalanya kalian ingin mencari kembali apa yang pernah kalian lihat di instagram. Kalian tidak perlu susah mengingat kata kunci tersebut sehingga lebih memudahkan mencari apa yang ingin kalian temukan di Instagram.

Namun ada beberapa dari kalian yang tidak ingin apa yang pernah kalian cari di instagram dilihat teman. Apalagi kalian yang sering meminjamkan Smartphone ke teman teman atau keluarga. Tentu kalian tidak ingin apa yang pernah kalian cari diilihat oleh orang lain.

Kelebihan dan Kekurangan membersihkan Riwayat Pencarian di Instagram

Kelebihan

Terlepas dari kekhawatiran akun instagram dilihat orang, membersihkan riwayat juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kelebihan yang paling menonjol dari penghapusan riwayat di Instagram adalah prosesnya yang sangat mudah. Kalian hanya perlu tap beberapa item pilihan di menu saja dan Riwayat pencarian bisa terhapus tanpa harus ribet. Selain itu penghapusan riwayat langsung tanpa loading.
  2. Kelebihan lainnya adalah jika dulu penghapusan dilakukan sekaligus tanpa bisa memilih mana riwayat yang akan dihapus, namun untuk saat ini kalian bisa menghapus riwayat di Instagram sekaligus atau secara manual satu persatu. Kedua cara tersebut juga sangat mudah dilakukan.

Kekurangan

Kekurangan yang sangat terlihat adalah jika kalian ingin mencari sesuatu yang sama, kalian harus mencari ulang dari awal karena history nya sudah bersih.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Instagram

Jika kalian adalah pengguna yang ingin selalu menjaga privacy, maka menghapus riwayat pencarian secara berkala mungkin sesuatu yang sudah jadi prioritas kalian. Berikut ini dua cara menghapus riwayat pencarian di instagram, versi bukugue.com.

A. Menghapus riwayat pencarian semuanya sekaligus (cepat)

Step 1. Buka Aplikasi Instagram di Android atau IOS lalu Buka menu profil di bagian kanan atas layar

Masuk Ke Menu Profil

Step 2: setelah berhasil masuk ke menu profil, Tap Pengaturan di bagian kanan bawah

Pilih Pengaturan
Pilih Pengaturan

Step 3: Tap Privasi dan Keamanan,

Piluh Privacy dan keamanan
Piluh Privacy dan keamanan

Step 4: Di pilihan paling bawah kalian tap “Hapus Riwayat Pencarian“.

Pilih Hapus Riwayat
Pilih Hapus Riwayat

Step 5: Tap “hapus riwayat pencarian

Hapus Pencarian
Hapus Pencarian

Step 6: Akan muncul pop up untuk konfirmasi, Tap Ya, Saya Yakin

Pilih Ya, Saya Yakin
Pilih Ya, Saya Yakin

Step 7: Masuk ke menu pencarian, lalu kita akan lihat bahwa kata kunci yang sering diketik akan hilang.

Kata Kunci di Pencarian Berkurang
Kata Kunci di Pencarian Berkurang

Sampai dititik ini semua riwayat pencarian harusnya sudah bersih dari instagram kamu. Tapi biasanya tetap ada sisanya, yaitu bagian suggested search atau pencarian yang disarankan seperti yang bisa kalian lihat diatas.

B. Cara menghapus suggested atau saran pencarian Instagram

Jika kalian sudah berhasil, maka kata kunci yang sudah pernah kalian ketik akan hilang dari riwayat. Namun jika diperhatikan tetap saja tidak semua kata kunci yang hilang. Masih ada saja kata kunci ataupun akun yang tersisa dilaman pencarian, nah yang tersisa ini dinamakan suggested search atau saran pencarian.

Hal ini muncul karena kalian sering mengkonsumsi atau melihat postingan terkait hal tsbt. Untuk menghapusnya kalian bisa gunakan cara manual, yaitu dengan mengikuti langkah berikut ini.

Step 1: Setelah kalian berhasil menghapus riwayat pencarian, masuk ke menu pencarian pada lambang kaca pembesar di layar bagian bawah.

Masuk ke Menu Pencarian
Masuk ke Menu Pencarian

Step 2: Masuk ke Pencarian

Masuk ke Pencarian
Masuk ke Pencarian

Step 3: Nah kalian akan langsung mendapati kata kunci tersebut ketika kalian tap pencarian. Kata kunci tersebut adalah kata kunci yang tidak terhapus namun hanya sedikit saja. kalian bisa menghapusnya dengan cara tap tanda silang disebelah kanan setelah nama.

tapp "x" untuk menghapus manual
tapp “x” untuk menghapus manual

Step 4: Setelah terhapus semua, maka riwayat pencarian kalian akan bersih seperti gambar dibawah ini.

semua riwayat sudah di hapus
semua riwayat sudah di hapus

Kesimpulan

Meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan tetapi saya rasa fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna instagram. Karena dengan adanya fitur ini kita sebagai pengguna Instagram bisa lebih menjaga privacy.

Sebenarnya untuk cara manual bisa juga kalian lakukan ketika riwayat belum dihapus. Namun jika sebelumnya kalian belum pernah menghapus riwayat, maka cara manual sangat tidak efektif dan akan memakan banyak waktu. Untuk itu kalian harus menghapus riwayat melalui menu setting, dan jika masih ada kata kunci yang belum terhapus maka gunakan cara manual agar bersih semua.

Pembersihan riwayat pencarian ini hanya bersifat sementara. Jika kalian mencari sebuah kata kunci setelah kalian menghapusnya, maka instagram tetap akan secara otomatis menyimpan riwayat tersebut. oleh karena itu agar privacy kalian tetap aman lakukan cara ini secara berkala.

Itulah cara mudah dalam menghapus riwayat pencarian di Instagram, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tambahkan di kolom komentar.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan