Cara menghemat kuota internet saat pakai LINE

LINE merupakan salah satu aplikasi messenger andalan pengguna smartphone di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. LINE menempati posisi teratas pada top grossing app untuk messenger di Playstore. Aplikasi ini juga bahkan sudah diunduh lebih dari 500 juta kali di Playstore. Ini membuktikan eksistensi dari aplikasi LINE itu sendiri.

LINE juga memungkinkan penggunanya untuk dapat login di lebih dari satu gadget. Menariknya, selain dapat digunakan pada berbagai platform, LINE juga masih memiliki beberapa fitur menarik lainnya. Fitur yang disediakan mungkin tidak dapat kamu temukan pada aplikasi messenger lainnya. Adapun fitur yang dimaksud beberapa diantaranya adalah sticker, timeline, Line Square (sekarang berganti menjadi OpenChat), dan Line Today.

Karena banyaknya fitur yang tersedia, seringkali LINE menyebabkan pengeluaran kuota internet semakin banyak. Padahal, aplikasi messenger digunakan sebagai jawaban atas mahalnya biaya SMS dan telepon. Sehingga besar harapan jika pengeluaran kuota pada aplikasi messenger tidaklah besar.

Namun demikian kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa trik dan cara yang dapat kamu lakukan agar dapat menghemat kuota internet saat menggunakan Line. Apa saja trik tersebut?

Menghemat kuota melalui aplikasi LINE langsung

Disini kamu tidak perlu download ini itu, kamu cukup lakukan settingnya di aplikasi LINE yang kamu gunakan saat ini.

a. Mengatur kualitas gambar

Salah satu media yang memakan banyak kuota adalah image atau gambar. Kamu bisa cek sendiri, jika kamu buka satu halaman, setidaknya hampir setengah dari kuota akan termakan untuk donwload image, bahkan bisa lebih jika laman yang dibuka itu image heavy,

Jadi, buat kamu yang suka berkirim gambar dengan temanmu melalui LINE, untuk dapat meminimalisir pengeluaran kuota internet, kamu bisa memulainya dari sini. Yuk simak langkah-langkah berikut.

1. Buka menu settings pada aplikasi LINE. Untuk membukanya, kamu harus tap roda gerigi dibagian kanan atas. Roda gerigi ini hanya muncul di tab “friends” dan “more“. Jadi masuk ke salah satu tab tersebut dulu baru cari roda geriginya. Disini aku masuk ke tab friends, lihat gambar dibawah.

2. Setelah masuk ke pengaturan Line, scroll layar ke bawah sampai kamu menemukan photos & videos, tap pilihan tersebut.

tap “photos & videos”

3. Pada set photo quality, pastikan bahwa opsi yang dipilih adalah standard, bukan high. Dengan diturunkannya kualitas gambar, pengeluaran kuota internet saat menggunakan Line akan dapat diminimalisir.

atur kualitas gambar menjadi “standard”

b. Mematikan autodownload dan autoplay gif

Selain kedua cara tadi, kamu juga masih dapat mematikan fitur auto-download images dan autoplay GIF.

pastikan untuk menghilangkan centangnya

Dengan mematikan fitur auto-download images, gambar yang kamu terima di Line tidak akan terdownload secara otomatis, sama halnya seperti saat kamu mematikan fitur download otomatis pada Whatsapp. Sedangkan untuk fitur autoplay GIF, jika dimatikan, GIF atau animasi yang kamu terima tidak akan diputar secara otomatis.

c. Menonaktifkan autoplay pada video

Apakah kamu salah satu orang yang gemar membuka timeline pada LINE? Kamu mungkin tahu bahwa secara default, LINE akan secara otomatis memutar video yang ada pada timeline. Ini tentunya akan membuat pengeluaran data menjadi boros. Namun demikian, kamu tidak usah khawatir. Kamu dapat mengatur pemutar otomatis video menjadi nonaktif dengan beberapa langkah saja.

Masih di laman pengaturan yang sama, di laman setting > Photos & Videos tersebut, kamu bisa mematikan pengaturan untuk autoplay video.

atur “auto-play videos”

Tap pada auto-play videos. Disini kamu akan mengatur kapan fitur autoplay video akan aktif.

pilih “on wi-fi only”

Ada 3 opsi yang dapat kamu pilih disini. Yang pertama, kamu dapat men-tap on mobile & wi-fi jika kamu menghendaki autoplay video selalu diaktifkan. Yang kedua, kamu dapat memilih on wi-fi only jika kamu menghendaki fitur autoplay aktif hanya saat terdapat jaringan wi-fi saja. Atau yang ketiga, ada opsi never dimana fungsi autoplay video dinonaktifkan pada jaringan mobile maupun wi-fi. Disini aku akan pilih “on wi-fi only”.

Menghemat kuota melalui pengaturan android

Pada dasarnya, sebenarnya aplikasi-aplikasi android akan tetap berjalan pada latar belakang ketika dalam keadaan tertutup sekalipun. Oleh karena itu, penggunaan data menjadi boros. Akan tetapi kamu masih bisa kok, untuk mematikan aplikasi pada latar belakang. Selain pada aplikasi LINE, kamu juga dapat menerapkan cara ini pada aplikasi-aplikasi lainnya agar pengeluaran kuota internetmu dapat diminimalisir.

1. Buka statistik penggunaan data (data usage) pada ponselmu. Kamu dapat membukanya melalui menu pengaturan pada ponselmu kemudian pilih data usage. Lalu pilih aplikasi LINE pada statistik penggunaan data seperti gambar berikut ini.

Diponselku sendiri, untuk dapat membuka statistik penggunaan data ini dapat diakses melalui menu security, lalu pilih data usage. Hal ini bisa saja berbeda tergantung dengan versi android yang kalian gunakan.

tap aplikasi Line pada data usage statistics

2. Akan terlihat pemakaian data pada aplikasi Line selama periode tertentu. Pada gambar berikut ini, terlihat berapa pemakaian kuota internet pada aplikasi Line selama satu bulan terakhir. Kemudian pada backgroud data, geser slider ke arah kiri menjadi nonaktif. Dengan begini, Line tidak akan berjalan pada latar belakang.

Akan tetapi ada catatan penting yang perlu kamu tahu. Jika kamu mematikan background data, maka notifikasi aplikasi juga mungkin tidak akan bekerja dengan baik. Preview dari pesan mungkin tidak akan dapat ditampilkan pada notification bar. Sehingga untuk mengetahui isi pesan di LINE, kamu perlu membuka aplikasinya secara langsung.

Menghemat kuota dengan cara ganti ke LINE Lite

LINE Lite merupakan aplikasi resmi dari Line Corporation yang merupakan versi alternatif dari aplikasi LINE reguler. Aplikasi ini berukuran mini dan memangkas beberapa fitur yang ada di aplikasi LINE biasa, sehingga LINE Lite bisa lebih sederhana, ringan dan memakan kuota lebih sedikit.

Jika kamu tertarik pembahasan lengkapnya, kamu bisa baca dilaman ini: bukugue.com/line-vs-line-lite/

Karena LINE Lite memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan tersendiri jika dibandingkan dengan LINE reguler. Jadi pastikan bahwa kamu tau apa saja fitur yang hilang jika kamu pindah ke LINE Lite.


Demikianlah itu tadi informasi mengenai trik-trik agar dapat menghemat kuota internet saat menggunakan LINE. Silahkan pilih salah satu, dua, atau terapkan semua caranya supaya dapat menghemat pengeluaran kuota internet pada aplikasi Line.

Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk kamu para pengguna LINE. Jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya seputar media sosial, hanya di Bukugue dot com.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan