Cara menghemat kuota data saat twitter-an

Sempat tergeserkan popularitasnya, twitter kini kembali eksis sebagai media sosial yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan pengguna internet. Muncul sebagai media untuk microblogging, bermain twitter tak kalah asiknya dengan media sosial lain.

Namun hati-hati, jika kamu tak mengontrol pemakaian datamu di twitter, salah-salah nanti justru pengeluaran untuk internetmu melambung. Lalu bagaimana sih, cara untuk menghemat pemakaian data saat menggunakan twitter? Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan supaya pemakaian internet saat twitteran tak terlalu tinggi.

 

Mengaktifkan data saver pada twitter for android

Twitter for android merupakan aplikasi official yang dikeluarkan twitter untuk pengguna android. Sepertinya bukan rahasia lagi jika aplikasi ini paling banyak digunakan. Angka download-nya saja sudah mencapai 500 juta download.

Secara default, twitter for android akan memuat gambar dan video berkualitas tinggi, baik itu pada jaringan mobile maupun wifi. Selain itu, secara default twitter for android juga memungkinkan video yang ditampilkan akan diputar secara otomatis (autoplay).

Untuk itu kamu perlu mengaktifkan data saver pada aplikasi twitter for android agar dapat meminimalisasi pemakaian data. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Pada halaman utama aplikasi twitter for android, tap foto profilmu di ujung kiri atas. Akan muncul berbagai opsi atau pilihan, pilih settings and privacy.

    pilih “settings and privacy”

  2. Setelah masuk ke settings and privacy, pilih data usage untuk mengatur pengeluaran data selama pemakaian twitter.

    tap “data usage”

  3. Disini kamu bisa melakukan pengaturan pemuatan gambar, video, pemutar otomatis video, dan sinkronisasi data. Silahkan ubah pengaturan sesuai kebutuhanmu. Jika kamu ingin semua komponen tersebut diminimalisasi penggunaan datanya, silahkan langsung beri tanda centang pada data saver.

    beri tanda centang pada data saver

  4. Jika ingin mengatur pemuatan gambar, tap high-quality images, setelah itu tap wifi only. Dengan demikian, gambar dengan kualitas tinggi hanya akan ditampilkan saat kamu memakai koneksi internet wifi saja.

    pada high-quality images, pilih “wifi only”

  5. Jika ingin mengatur pemuatan video, tap high-quality video, lalu tap wifi only. Video berkualitas tinggi akan ditampilkan pada saat tersedia jaringan wifi saja. Sehingga pemakaian mobile datamu selama menggunakan twitter dapat diminimalisasi.

    pada high-quality video, pilih “wifi only”

  6. Jika ingin mengatur pemutar otomatis video, tap video autoplay, lalu tap wifi only. Dengan mengubah pengaturan ini, video autoplay atau pemutar otomatis video hanya akan dilakukan saat tersedia jaringan wifi saja.

    pada video autoplay, pilih “wifi only”

  7. Untuk sinkronisasi data, pastikan untuk menghilangkan tanda check atau centang pada sync data.

    hilangkan centang pada sync data

 

Mengaktifkan data saver pada twitter lite

Twitter lite merupakan aplikasi resmi dari Twitter Inc. selain twitter for android. Twitter lite bisa dikatakan merupakan versi mini dari aplikasi twitter for android. Secara umum tampilan twitter lite ini sama dengan tampilan twitter saat kamu membukanya melalui mobile browser.

Secara default, twitter lite sudah menonaktifkan fitur video autoplay. Namun meskipun demikian, fitur data saver di twitter lite ini masih disediakan. Berikut ini cara yang dilakukan untuk menghemat data selama pemakaian twitter lite.

  1. Pada halaman utama twitter lite, tap foto profil pada ujung kiri atas, sehingga muncul menu seperti pada gambar berikut ini.

    tap foto profil pada halaman utama, scroll ke bawah sampai menemukan “data saver”

  2. Scroll ke bawah, dan temukan data saver. Geser slider ke arah kanan pada data saver sehingga menjadi berwarna biru (aktif). Dengan demikian, data saver di aplikasi twitter lite berhasil dilakukan.

    pada data saver, geser slider ke kanan menjadi aktif

Dengan mengaktifkan data saver di twitter lite, gambar tidak akan ditampilkan secara otomatis, sehingga kamu perlu mengunduhnya setiap ingin membukanya. Mungkin sedikit merepotkan, akan tetapi jika kamu ingin super irit, tak ada salahnya kamu mencoba mengaktifkan fitur data saver ini

 

Meminimalisasi penggunaan data pada twitter web

Ketika kamu mengakses twitter pada web browser, secara default twitter akan menampilkan pemutar otomatis video (video autoplay). Jika ingin meminimalisasi penggunaan data, kamu dapat menonaktifkan fitur autoplay ini. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Pada halaman utama twitter web, silahkan klik foto profilmu seperti pada gambar berikut. Setelah itu pilih opsi settings and privacy.

    pada halama utama, klik foto profil, lalu pilih “settings and privacy”

  2. Pilih menu pengaturan account, lalu scroll ke bawah sampai kamu menemukan video tweets. Hilangkan tanda centang pada video autoplay. Setelah itu klik save change.

    pada video tweet, hilangkan centang pada “video autoplay”, lalu klik “save changes”

  3. Masukkan passwordmu, dan klik save changes.

    masukkan password, lalu klik “save changes”

Dengan menonaktifkan video autoplay pada twitter web ini, video yang keluar di timeline tidak akan terputar secara otomatis, sehingga ini akan membantumu dalam meminimalisasi penggunaan datamu.

 

Demikianlah langkah-langkah untuk menghemat kuota saat menggunakan twitter. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semuanya, terutama pengguna twitter, dan selamat mencoba.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan