Cara kirim voice note dengan “suara unik” di WhatsApp

Hai sahabat bukugue.com, apakah kalian pengguna aktif whatsapp ? Jika iya, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan fitur yang disediakan aplikasi ini tentunya.

Aplikasi yang masih satu perusahaan dengan facebook ini, sekarang merupakan aplikasi chating yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Aplikasi ini mendukung chating, video call dan berkirim pesan suara.

Apakah kalian sering berkirim dengan pesan suara di aplikasi ini? Apakah kalian juga sudah tau bahwa kalian bisa mengirim pesan suara dengan suara yang unik?

Kalian mungkin pernah mendengar pesan suara dari teman kalian namun suara yang mereka gunakan bukan suara mereka. Kalian juga bisa melakukannya dengan mengganti “efek” suara kalian.

Untuk mendapatkan suara unik ini, kalian memerlukan aplikasi tambahan yang harus kalian download. Nama aplikasinya adalah “Voice changer with effect“.

Aplikasi ini akan memberikan effect unik pada suara yang kalian rekam. Aplikasi menawarkan banyak efek suara yang bisa kalian pilih nantinya.

Langsung aja, kepembahasan. Tapi sebelumnya pastikan untuk mendownload aplikasi “Voice changer with effect” di playstore ataupun appstore kalian.

Cara Kirim Voice Note Unik di WhatsApp

Aplikasi bisa di jalankan dengan dua cara yaitu dengan merekam suara kita atau dengan meng-generate suara dari teks yang kita ketikkan.

A. Buat voice note unik dengan mengubah efek suara kalian

1. Buka apliasi “Voice changer with effect”. Setelah kalian buka aplikasinya, kalian akan di bawa ke halaman utama aplikasi seperti dibawah. Disini tap menu “Tap to start recording”.

2. Jika sudah, maka akan muncul halaman kecil berupa konfirmasi izin untuk “merekam audio” di HP kalian. Tekan “izinkan”.

3. Jika sudah, kalian sekarang bisa memulai rekaman suara kalian. Kalian rekam suara/pesan yang akan kalian kirim ke teman kalian.

4. Jika dirasa sudah cukup, tekan menu “tap to stop”.

5. Jika sudah kalian stop. Maka hasil rekamannya akan muncul di halaman utamanya. Kalian bisa coba putar rekaman kalian yang sudah diubah oleh voice effect. Misalnya tap tombol play disebelah menu “Helium” atau “Robot” untuk mendengarkan hasil rekaman yang sudah di ubah effectnya.

6. Jika kalian suka salah satu rekaman hasil effect tertentu, kalian bisa mengirimnya ke whatsapp kalian. Untuk mengirimnya, tap “ikon titik tiga” disebelah effect tersebut, lalu akan muncul kotak kecil berisi menu, pilih dan tap menu “Share”.

7. Jika sudah maka akan muncul jendela kecil berisi apliasi yang bisa membagikan pesan suara tadi. Disini pilih “Whatsapp”.

8. Jika sudah maka kalian akan di bawa ke halaman kontak whatsapp kalian. Setelah itu kalian pilih kontak, lalu tekan tombol kirim.

9. Jika sudah, maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.

contoh pesan suara yang berhasil di kirim

B. Generate voice note dari teks atau tulisan

1. Jika kalian ingin menggunakan teks untuk menghasilkan suara, kalian tinggal tekan “icon titik tiga” di bagian pojok kanan atas. Lalu pilih menu “Create voice from text”.

3. Setelah itu akan muncul kotak kecil untuk memasukkan text atau tulisan. Kalian bisa menuliskan teks yang akan kalian ubah menjadi voice di kolom tulisan. Jika sudah tap “OKE“.

3. Aplikasi lalu akan otomatis men-generate atau menghasilkan suara dari tulisan tadi. Kalian bisa putar suara dengan effect yang tersedia.

text sudah jadi pesan suara

4. Jika kalian ingin mengirim pesan suara tsbt ke teman kalian, kalian bisa ulangi langkah 6-9 di cara A diatas.

Admin: Aku sendiri belum testing aplikasinya, mungkin nanti bakal aku coba download dan test sendiri, tapi jujur aku agak skeptis dibagian B ini, karena pesan suara yang digenerate dari teks biasanya mengikuti aturan ketat dari program. Sejauh ini setauku bahasa indonesia belum banyak disupport untuk aplikasi yang terkait dengan voice. Windows 10 aja, tidak ada pilihan bahasa indonesia di aplikasi cortana-nya seingatku. CMIIW.


Jika smartphone yang kalian gunakan kurang mendukung di bagian microphone-nya, kalian bisa menggunakan cara yang kedua. Karena hasil suara dari text tentu akan lebih jelas dibanding dengan rekaman menggunakan suara kalian.

Sekian pembahasan kali ini. Jika ada pertanyaan atau saran, bisa tambahkan dikolom komentar. Sampai jumpa ditulisan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan