Voice note WhatsApp suaranya kecil? Ini penyebab dan solusinya

Terbit

Diperbarui

Pernah dapat voice note yang kecil dan hampir tidak terdengar? Atau bingung kenapa voice note yang kamu kirimkan selalu kecil sementara voice note dari teman normal saja?

Hal ini bisa terjadi, dan disini aku akan bahas penyebabnya dan solusinya. Aku harap tulisan ini bisa membantu kamu.

Sama seperti bahasanku di “Kenapa status WhatsApp tidak bersuara“, aku akan pecah masalahnya jadi dua kategori supaya mudah dipahami.

Sebagian atau keseluruhan?

Disini kamu perlu cek terlebih dahulu apakah masalahnya voice note kecil ini terjadi disebagian atau keseluruhan voice note yang kamu terima.

  1. Sebagian disini maksudnya adalah mungkin hanya voice note kamu saja, atau hanya 1 atau 2 orang temanmu saja yang bermasalah, sementara sisanya normal.
  2. Keseluruhan disini artinya seluruh voice note suaranya kecil tanpa terkecuali.

Jadi silahkan coba dengarkan banyak voice note dari banyak pengirim, sebisa mungkin sebanyak mungkin sampelnya, supaya kamu bisa lebih memastikan apakah ini masalah yang sifatnya sebagian atau menyeluruh.

Penyebab voice note kecil di WhatsApp

Sekali lagi, kalau hanya voice note kamu sendiri yang suaranya kecil, atau ada salah satu teman kamu yang voice note kecil, aku cukup yakin sumber masalahnya adalah dari perangkat si pengirim voice note tsbt.

Jika seluruh voice note, dari puluhan teman kamu, semuanya suaranya kecil. Kemungkinan besar masalahnya ada diperangkat kamu sebagai penerima, bukan dari teman kamu tsbt.

Jadi sebab 1 sampai 5 dibawah ini adalah sebab yang bersumber dari pengirim, sedangkan sebab 6 – 8 bersumber dari perangkat penerima. Untuk sebab terakhir nomor 9, terkait error dan bug, bisa terjadi dari pengirim ataupun penerima.

Aku harap bisa dipahami ya disini. Langsung saja, berikut kemungkinan penyebabnya.

  1. Pengirim salah posisi bicara (mic di ponsel umumnya menangkap suara dengan baik dari arah depan)
  2. Pengirim berbicara terlalu jauh
  3. Suara gangguan lingkungan (noise) yang kuat disekitar pengirim.
  4. Sinyal yang kurang baik dilokasi pengirim.
  5. Mic pengirim rusak.
  6. Pengaturan volume penerima salah.
  7. Speaker di ponsel penerima bermasalah.
  8. Kuping penerima yang bermasalah. :D.
  9. Error atau bug di aplikasi WhatsApp (seperti misalnya yang dibahas disini, pengirim melaporkan suara voice notenya terdengar seperti dari kejauhan dan ada distorsi suara)

Solusi untuk voice note WhatsApp yang suaranya kecil

Pahami penyebabnya dan sumber masalahnya disini. Pahami posisi kamu, apakah kamu sebagai pengirim yang mengirim voice note dengan suara kecil, ataukah kamu penerima yang merasa seluruh voice note yang kamu terima sangat kecil suaranya. Dan terapkan solusi yang sesuai untuk kamu.

Sekali lagi, untuk solusi 9, terkait error dan bug, bisa dicoba oleh pengirim dan penerima.

1. Perbaiki posisi bicara pengirim

Jika kamu tidak menggunakan headset, pastikan kamu berbicara dari arah depan, karena umumnya mic di HP bisa menangkap suara lebih baik dari depan.

Nah jika menggunakan headset, pastikan kamu tidak berbicara kearah mic di HP, karena saat headset dipakai, WhatsApp akan menangkap suara dari mic di headset.

Berikut difoto diatas adalah posisi mic di headset. Aku rasa hampir semua pengguna tau ya, yang perlu aku tekankan adalah itu tadi, jangan salah posisi bicara, arahkan mulut kearah mic yang aktif saat itu.

2. Pengirim jangan berbicara terlalu jauh

Masalahnya hampir sama dengan masalah sebelumnya, dimana posisi mulut pengirim jauh dari mic yang aktif.

Hal ini bisa terjadi jika si pengirim voice note sedang melakukan sesuatu, misalnya pengirim sedang makan dan ponsel diletakkan diatas meja, sehingga saat bicara dan merekam voice note, posisi mic ponsel terlalu jauh dari mulut.

Adanya jarak yang jauh ini bisa membuat microphone sulit menangkap suara si pengirim tadi.

3. Pengirim sebaiknya menghindari tempat bising

Dari yang aku pahami, ada proses optimasi voice note sebelum dikirim.

Berdasarkan testing yang pernah aku lakukan, level noise/gangguan di voice note itu umumnya jauh teredam jika dibandingkan dengan rekaman video biasa.

Jadi jika kamu membuat voice note ditempat bising yang level gangguannya tinggi, bukan tidak mungkin suara di voice note yang terkirim jadi sangat kecil, karena WhatsApp ingin meredam gangguan noise yang tinggi tadi.

4. Pastikan sinyal dalam keadaan baik dilokasi pengirim

Yang keempat ini aku kurang yakin sebenarnya ini bisa jadi penyebab suara kecil, yang lebih mungkin terjadi kalau sinyalnya jelek adalah voice notenya gagal terkirim.

Tapi aku rasa tidak ada salahnya jika kamu pastikan kalau sinyalmu dalam keadaan baik dan stabil.

Kamu bisa lakukan refresh jaringan misalnya dengan mematikan dan menghidupkan jaringan internet, atau bisa juga dengan menghidupkan lalu mematikan Mode Pesawat.

Atau kalau bisa, coba ganti ke jaringan lain, misalnya dari wifi ke jaringan mobile atau sebaliknya. Atau bisa juga dengan nebeng hotspot dari keluarga yang menggunakan jaringan provider lain.

Intinya pastikan bahwa jaringan internet dalam kondisi stabil.

5. Jika mic pengirim rusak, perbaiki mic atau gunakan headset

Mic yang rusak bukan berarti full tidak berfungsi, bisa jadi berfungsi tapi tidak maksimum.

Namun sebelum buru-buru memvonis mic rusak, pastikan kamu testing terlebih dahulu.

Kamu bisa testing rekam video di kamera, dan lihat apakah suara kamu ditangkap dengan baik. Kamu bisa juga testing mengirim voice note di aplikasi lain seperti Telegram misalnya, lihat apakah hasilnya baik.

Jika memang hasilnya baik, maka bukan mic yang salah. Silahkan lanjut coba solusi lainnya.

6. Naikkan semua pengaturan suara menjadi maksimum

Seperti yang kita tau, besar suara di voice note mengikuti pengaturan volume media.

Namun kalau kamu baca tulisanku sebelumnya ditulisan ‘Status WhatsApp yang tidak bersuara‘, disana aku menemukan bahwa pengaturan volume dering juga berpengaruh ke suara status di WhatsApp, dan ini jelas bug, karena dua pengaturan ‘volume dering’ dan ‘volume media’ berpengaruh untuk hal tsbt.

Jadi silahkan naikkan semua pengaturan suara yang ada, untuk memastikan suara kecil bukan karena pengaturan suara yang salah akibat bug yang mencampur adukkan pengaturan volume seperti kasusku tsbt.

7. Untuk speaker yang bermasalah, perbaiki ke service center atau gunakan headset.

Sebelum memvonis speaker rusak, testing dulu misalnya dengan memutar musik atau video dari Youtube, memutar radio, memainkan game, dll.

Coba dengarkan apakah speakernya berfungsi dengan baik atau tidak. Jika speaker berfungsi dengan baik dikondisi lain, berarti bukan disini masalahnya.

8. Untuk yang kupingnya bermasalah, beli kuping baru 😀

Ini jelas bercanda ya bro. Sejauh yang aku tau, tidak ada tempat jual kuping didunia ini.

Tapi mengingat kemajuan dunia teknologi saat ini, dimana implant untuk bantu pendengaran sudah ada (hanya saja levelnya masih sederhana, hanya untuk bantu dalam percakapan saja, tidak bisa untuk dengarkan suara detail seperti musik), bukan tidak mungkin kedepannya kita bisa beli kuping baru.

9. Solusi untuk error dan bug

Ini tidak bisa dipungkiri, ada puluhan merk ponsel di seluruh dunia, dan tiap merk ponsel punya puluhan varian, dan varian ini punya banyak macam konfigurasinya, mulai dari versi OS android yang digunakan hingga konfigurasi OS itu sendiri. Dan aplikasi WhatsApp harus kompatibel dengan semua itu. Jadi wajar jika ada bug/error di WhatsApp.

Misalnya di thread disini, pengguna menemukan masalah di voice notenya setelah dia upgrade OS diponselnya. Atau kalau menurut diskusi disini, masalahnya muncul tiba-tiba sebelumnya tidak ada kendala.

Untuk solusi terkait error dan bug seperti ini, ada solusi yang sifatnya umum. Berikut ini solusi umumnya.

  • Restart ponsel. Ini solusi sapu jagat yang paling banyak menyelesaikan masalah. Dengan mematikan ponsel lalu menyalakan ulang ponsel tsbt, seluruh aplikasi akan ditutup dan dimulai ulang saat ponsel menyala.
  • Update aplikasi WhatsApp jika ada tersedia update. Update-an seringkali menutup celah keamanan dan juga bug-bug yang ada.
  • Update OS. Seperti yang aku jelaskan sebelumnya, disalah satu forum diskusi yang sebutkan sebelumnya, pengguna menemukan masalah di voice note mereka setelah mereka update OS. Dan biasanya masalah yang seperti ini akan diselesaikan oleh vendor ponsel di update OS berikutnya. Jika kamu sabar menunggu, ada kemungkinan di update OS berikutnya masalah kamu bisa terselesaikan.
  • Install ulang WhatsApp. Seperti kita tau, aplikasi WhatsApp diupdate cukup sering dalam setahun, dan residu atau sisa dari versi lama bisa jadi menyebabkan gangguan ke aplikasi. Jadi menginstall ulang WhatsApp bisa mengatasi hal tsbt. Pastikan backup data WhatsApp sebelum melakukan hal ini.
  • Kembali ke versi WhatsApp sebelumnya. Jika kamu merasa masalah hanya muncul baru-baru ini, sebelumnya aman-aman saja. Maka kamu bisa coba balik ke versi WhatsApp sebelumnya. Pastikan backup data WhatsApp sebelum melakukan hal ini.
  • Kembali ke versi OS sebelumnya. Ini resikonya tinggi dan sangat tidak direkomendasikan. Tapi dikasus tertentu dimana update OS adalah penyebab muncul bug, balik ke versi sebelumnya seharusnya memang menghilangkan bug tsbt. Hanya saja ya itu, proses ini sangatlah sulit untuk pengguna biasa, dan umumnya tidak worth it. Aku sendiri jika menemukan bug dan tidak bisa diselesaikan dengan semua metode sebelumnya, aku akan lebih milih ada bug tsbt dari pada harus downgrade OS.

Selain dari solusi umum diatas, ada solusi yang sifatnya khusus ataupun workaround dari masalah/error/bug tertentu.

Di tulisan terkait “Status video WhatsApp yang tidak ada suara“, aku jelaskan satu bug dan satu workaroundnya. Untuk kali ini aku akan kasih workaround untuk masalah ini juga.

Buat yang tidak paham, workaround itu maksudnya solusi yang tidak menjawab masalah tapi lebih kayak solusi yang menghindari masalahnya. Umumnya prosesnya lebih panjang atau ribet.

Workaround kali ini untuk pengguna yang mengirim voice note suaranya kecil. Jika memang masalahnya masih tetap ada setelah mencoba semua solusi diatas, workaroudnya adalah kamu membuat voice notenya dari aplikasi recorder lain, lalu dari sana barulah kirim ke WhatsApp.

Kamu bisa gunakan aplikasi recorder unik seperti yang digunakan ditulisan “Cara membuat voice note dengan suara unik“. Disana aplikasi yang digunakan cukup simpel dan ada fungsi tambahan, jadi setidaknya bisa mengurasi rasa kesal kamu karena harus pakai aplikasi pihak ketiga untuk merekam voice note.


Bagaimana menurutmu? apakah ada penyebab lainnya suara kecil di WhatsApp? jika ada, mohon ditambahkan dikolom komentar dibawah ya. Ohya kalau kamu punya solusi, jangan sungkan untuk berbagi, mungkin bisa membantu teman-teman yang lain.

Sekian pembahasan kali ini, sampai jumpa ditulisan berikutnya. Thanks.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

14 tanggapan untuk “Voice note WhatsApp suaranya kecil? Ini penyebab dan solusinya”

  1. Avatar GUE PINTER
    GUE PINTER

    Gak relevant! Judulnya “Voice note WhatsApp suaranya kecil? Ini penyebab dan solusinya” TAPI isinya speaker, microphone, pengaturan suara dll. KALAU BENAR itu penyebabnya ya ganti aja judulnya jadi “Suara HP kecil” karena dari penjelasan diatas itu dampaknya bukan cuma ke WhatsApp tapi semua aplikasi yang menggunakan speaker atau microphone.
    Saya kesini sedang cari solusi terkait dengan voice note WhatsApp sangat kecil bahkan nyaris tidak terdengar dalam mode handsfree padahal pengaturan suara sudah maksimal dan suara redam begini tidak terjadi pada aplikasi lainnya, seperti pemutar musik/video, game, telephone dll. Semua normal kecuali WhatsApp.

    1. Avatar yudha
      yudha

      Ini tutorial untuk umum mas.. banyak pengguna awam yang tidak terlalu paham masalah ini, dan solusinya memang sesimpel itu.

      untuk masalah khusus seperti mas, penyebabnya bisa kompleks, ga gampang untuk tau masalahnya jika tidak testing langsung.. beberapa forum diskusi ada yang diskusiin hal ini, misalnya disini https://forums.crackberry.com/blackberry-key2-f472/whatsapp-volume-low-voice-messages-after-october-abi067-update-key2-1158536/. Disana ada yang bilang itu penyebabnya terkait bug, atau yang bilang masalahnya terkait hubungan antara driver software dengan hardware micnya.. either way, ini penyebab yang solusinya ga ada, solusinya menunggu jika memang itu bug dari aplikasi WhatsApp, atau menunggu update dari vendor ponsel jika itu isu antara driver software dengan hardware mic-nya, atau bawa ponselnya ke service senter vendor seperti yang disarankan di diskusi disini

      Sekali lagi, tulisan ini hanya solusi secara umum, selain itu baik aku dan penulis, kita tidak punya background teknikal level tinggi.

      Kedepannya aku akan update tulisannya supaya lebih lengkap dan bermanfaat. Terimakasih untuk sarannya mas..

  2. Avatar Dady Iskandar
    Dady Iskandar

    Kasus yg sama
    Blm dpt solusi

    1. Avatar yudha
      yudha

      ada informasi tambahan ga mas? mungkin dari sana aku bisa dapat ide untuk cari dan research lebih lanjut..

  3. Avatar Miftha huljannah
    Miftha huljannah

    Kak ini saya kalau rekam pake video atau memo suara normal kok audionya, tp pas telfon WA, bikin video di instagram, bahkan voice note pun tuh kecil bgttt suaranya. Aku udah otak atik tp tetep kayak gitu 🙁 apa bisa dibantu untuk solusinya?

    1. Avatar yudha
      yudha

      susah untuk liat masalahnya kalau aku ga pegang langsung ponselnya mba..

      Dari informasi yang mba kirimkan, masalahnya ada di WA (telpon dan vn) dan IG ..namun untuk rekam video biasa tidak bermaslah.. disni baik wa dan ig adalah aplikasi dibawah naungan facebook.. coba testing buat story facebook, liat apakah bermasalh juga? jika iya, bisa jadi memang ada masalah/bug/incompatibility antara ponsel mba saat ini dengan aplikasi META.

      solusinya, coba liat apakah ponsel bisa diupgrade androidnya? coba liat apakah app bisa diupgrade?

  4. Avatar Edi Bustomi
    Edi Bustomi

    Ada yang bisa bantu gak? punya saya juga sama, nangkep suara voice note ku kecil jadi mulut harus bener2 deket sama hp klo gak suaranya kecil yang diterima

    1. Avatar yudha
      yudha

      Udh cobain tips2 yang kita jelaskan diatas mas?

    2. Avatar Sasa
      Sasa

      Punya ku jugaa sama,pas aku ngirim vn suara aku kecill bangettt padahall udahh besariin suara aku

      1. Avatar yudha
        yudha

        Aku ada update sedikit tulisannya, bisa baca ulang. Mungkin bisa membantu.. Ini masalahnya muncul tiba2? apakah sebelumnya ada update OS? update WhatsApp? dll.

  5. Avatar Lilin
    Lilin

    iya ni Kaka hp aku WhatsApp untuk VN kecil banget pada saat ak VN suaraku tak dengarkan sendiri kecil
    begtupun juga kalo dapet vn dari orang lain kecil bahkan sampe g kedengaran
    harus bawa henset
    kemarn2engga

    1. Avatar yudha
      yudha

      kalau sebelumnya tidak ada masalah, bisa coba cek kapan masalahnya muncul, bisa coba downgrade versi WhatsAppnya, kemungkinan masalahnya setealah update sesuatu itu, bisa jadi wa, bisa jadi androidnya.

  6. Avatar Fika
    Fika

    Ini kak klw saya dengar rekam suara di wa saya kecil nd bisa di dengar kak saya bingung

    1. Avatar yudha
      yudha

      sudah coba dipastikan apakah itu masalah yang sifatnya sebagian atau keseluruhan? cek dan dari sana baru bisa dicobain proses penyelesaiannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *