Status video di whatsapp tidak ada suara? Ini solusinya

Whatsapp saat ini menjadi sebuah aplikasi yang tidak hanya digunakan untuk mengirim dan menerima pesan. Dengan whatsapp kalian bisa melakukan banyak hal seperti update status, video call-an bareng, melakukan panggilan suara, bahkan kalian juga membuat sebuah grup komunitas di Whatsapp.

Namun diantara kelebihan whatsapp tbst, hal yang paling membuat orang orang senang menggunakan whatsapp adalah karena bisa membuat penggunaan pulsa lebih irit (dengan kata lain, hemat kuota data).

Admin: Whatsapp didesain untuk bisa mengkompress otomatis file seperti foto atau video, sehingga video dan foto yang beredar, berukuran lebih kecil. Akibatnya memang pemakaian kuota jauh lebih kecil dari aplikasi lain sejenis. Tapi tetap ada trade off disini, artinya hasil foto atau video yang dishare biasanya akan keliatan pecah-pecah karena kualitas yang diperendah tadi.

Salah satu fitur whatsapp yang sampai saat ini membuat whatsapp semakin populer dikalangan muda adalah fitur update status. Kalian bisa mengekspresikan apa yang kalian rasakan saat ini dalam bentuk video, foto, bahkan hanya sekedar kata kata.

Pernahkan ketika kalian mengupload status berupa video, ketika di cek, video tersebut tidak mengeluarkan suara sama sekali. Meskipun volume suara sudah dikencangkan, namun video yang kalian upload sebagai status masih saja tidak mengeluarkan suara.

Nah pada artikel kali ini akan dijelaskan kenapa video yang kalian upload tidak mengeluarkan suara dan apa solusi untuk masalah ini.

1. Restart ponsel kalian

Ini merupakan solusi paling simpel dan paling mudah untuk dicoba. Bisa jadi ponsel kalian baru update os, atau karena sudah lama tidak pernah di restart, ada konflik (bug) di systemnya. Dengan merestart, hal ini diharapkan bisa hilang.

Kalau tidak bisa, baru lanjut ke pembahasan berikut dibawah ini.

2. Cek apakah ada masalah di speaker atau mic

Ketika kalian membuat dan mengupload status video diponsel, ada komponen yang mempengaruhi suara video, yaitu mic atau microphone. Komponen ini berfungsi menangkap suara saat kalian sedang membuat video. Jika mic rusak, maka di video tidak akan ada suara yang tertangkap.

Untuk cek microphone, paling gampang adalah mencoba telepon ke ponsel lain. Jika saat kalian telepon, suara kalian tidak terdengar diponsel tersebut. Maka ini masalahnya di microphone tadi.

Solusinya adalah dengan memperbaiki ponsel ke tukang servis, atau mencari headset yang ada microphonenya.

Untuk speaker sendiri, komponen ini berfungsi untuk mengeluarkan suara. Bisa jadi video kalian tersebut ada suaranya, tapi karena speaker rusak, tidak ada suara yang keluar. Untuk testing apakah speaker kalian dalam keadaan baik, bisa dengan putar lagu atau radio yang ada di ponsel kalian, lalu pastikan volumenya up (kalau bisa full).

Kalau tidak muncul suara, kemungkinan besar speakernya rusak (ada kemungkinan lain misalnya bug di system), solusinya sama dengan masalah mic tadi, yaitu bawa ke tukang servis hp atau cari headset karena diheadset ada speakernya (langsung masuk telinga malah).

3. Cek apakah ada masalah pada sinyal internet

Pada saat kondisi sinyal buruk, kalian akan kesultan dalam mengupload video. Apalagi jika video yang kalian upload dalam ukuran yang besar.

Tidak menutup kemungkinan bahwa video tersebut berhasil di upload, namun tidak menutup kemungkinan juga video yang kalian upload corrupt atau tidak bisa diputar.

Namun ada beberapa kasus video yang berhasil diupload dalam kondisi sinyal lemah tidak bisa mengeluarkan suara karena file nya error.

Untuk mengatasi hal ini adalah kalian harus upload ulang video tersebut ketika sinyal sudah kuat. Kalian juga bisa menggunakan wifi public jika sinyal masih lemah.

4. Cek apakah ada masalah di perizinan whatsapp

Jika 3 solusi diatas ternyata tidak menyelesaikan masalah kalian, maka ada kemungkinan kalian belum mengaktifkan izin penggunaan microphone di Whatsapp. Hal ini jarang sekali terjadi. Bisa terjadi karena salah saat mengutak-ngatik setting whatsapp, atau karena pengaturannya berubah ke default karena hal tertentu (bug misalnya).

Kalian bisa cek ulang perizinan whatsapp dan pastikan bahwa microphone di perbolehkan untuk digunakan oleh aplikasi whatsapp. Berikut cara cek dan mengubah settingnya.

Pengaturannya ada di pengaturan aplikasi yang ada di system hp. Setiap hp berbeda-beda tampilan dan posisi menunya, tergantung versi OS dan vendor hp tsbt. Ditulisan ini, saya menggunakan HP merk Xiaomi. Silahkan menyesuaikan.

1. Masuk ke setting di hp kalian masing-masing.

masuk ke pengaturan sistem

2. Scroll kebawah lalu pilih “Installed Apps”. [Admin note: Aku pakai ponsel android dengan os pure android, versi 9. Aku pilih menu "Apps & Notification”. Intinya pengaturan yang berkaitan sama aplikasi yang di install]

pilih installed apps

3. Kalian akan diarahkan untuk memilih aplikasi, jika kalian tidak ingin susah mencari secara manual, kalian bisa ketikkan “whatsapp” dikolom pencarian yang sudah disediakan. Lalu pilih aplikasi whatsapp kalian tsbt.

pilih aplikasi whatsapp

4. Jika sudah men-tap aplikasi whatsapp tadi, kalian akan dibawa kehalaman pengaturan aplikasi whatsapp seperti dibawah ini. Selanjutnya dipengaturan whatsapp ini, pilih “Apps permission” atau “Perizinan aplikasi” kalau dalam bahasa indo.

masuk ke halaman pengaturan aplikasi

5. Kalian akan masuk ke pengaturan perizinan aplikasi seperti dibawah ini. Pastikan kalian mengaktifkan izin pemakaian microphone dengan slide kekanan di ikon slider disebelah tulisan “microphone” tsbt.

masuk ke pengaturan aplikasi

6. Jika sudah diaktifkan seperti dibawah ini. Kalian bisa coba membuat ulang video tadi.

microphone sudah diizinkan

Itulah beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi status video whatsapp yang tidak ada suaranya.

Jika ada yang ingin kalian tanyakan, bisa kirim ke kolom komentar. Jika kalian tau penyebab dan solusi lainnya, silahkan tambahkan dikolom komentar untuk membantu pengguna lain dengan masalah yang sama.

Sekian dan terimakasih.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan