Cara Mengatasi Bug di WhatsApp (Secara Umum)

Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal mendapati bug di WhatsApp kalian, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dicoba untuk menyelesaikan masalah bug tsbt.

Langsung saja.

Dibawah ini adalah langkah-langkah umum yang biasanya bisa memperbaiki bug-bug akibat konflik antar aplikasi, atau konflik akibat aplikasi update, dll.

1. Perbarui WhatsApp ke versi terbaru.

Pengembang secara teratur merilis pembaruan untuk memperbaiki bug dan meningkatkan stabilitas aplikasi. Buka Playstore di perangkat kamu dan periksa apakah ada pembaruan untuk WhatsApp. Jika ada, instal pembaruan tersebut.

2. Restart aplikasi WhatsApp.

Kadang-kadang, masalah sementara dapat diatasi dengan restart aplikasi. Paksa berhenti WhatsApp sepenuhnya, lalu buka kembali aplikasinya. Hal ini dapat membantu memperbaiki bug yang mungkin terjadi karena masalah sementara.

Yang tidak tau cara restart aplikasi WhatsApp, baca disini.

3. Restart perangkat kamu.

Jika memulai ulang aplikasi tidak memperbaiki bug, coba mulai ulang perangkat kamu. Matikan perangkat selama beberapa detik, kemudian hidupkan kembali. Setelah perangkat menyala, buka WhatsApp dan periksa apakah bugnya sudah hilang.

4. Bersihkan cache WhatsApp.

Cache di WhatsApp sendiri biasanya tidak berukuran besar, tapi ini salah satu langkah yang aku lihat cukup direkomendasikan, dan tidak ada salahnya untuk dicoba. Kamu bisa baca dihalaman ini cara membersihkan cache WhatsApp-nya.

Pastikan kamu hanya bersihkan cache, bukan semua data.

5. Install ulang aplikasi WhatsApp.

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, coba install ulang aplikasi WhatsApp. Hapus aplikasi WhatsApp dari perangkat kamu dan unduh kembali dari toko aplikasi resmi (seperti PlayStore untuk pengguna Android atau AppStore untuk pengguna iOS).

Setelah menginstal ulang, masuk dengan akun WhatsApp kamu dan periksa apakah bugnya masih ada.

Pastikan kamu melakukan backup percakapan penting sebelum menghapus aplikasi, supaya chat kamu tidak hilang.

6. Laporkan Bug ke tim dukungan WhatsApp.

Jika masalah masih persisten, ada baik kamu melaporkan bug tersebut kepada tim dukungan WhatsApp.

Caranya, masuk kehalaman setelan WhatsApp, lalu cari opsi “Bantuan” atau “Dukungan” disana. Prosesnya dijelaskan cukup detail dihalaman ‘Cara melaporkan bug WhatsApp ke pihak dev WhatsApp

Di sana, kamu dapat menemukan cara untuk menghubungi tim dukungan dan menjelaskan bug yang kamu alami. Sertakan detail yang lengkap tentang masalahnya, termasuk langkah-langkah yang kamu lakukan sampai menemukan bug tersebut.

Yang perlu diingat adalah, memperbaiki bug itu membutuhkan waktu, jadi setelah melapor, kamu hanya bisa menunggu dan berharap di versi terbaru kedepannya bug tsbt sudah tidak ada lagi.

7. Update OS Perangkat Kamu

Kamu bisa update Operating System (OS) atau system operasi ponsel kamu jika tersedia update-annya. Umumnya produsen smartphone, menyediakan update-an OS Android hingga 2-3 tahun semenjak masa produksi.

Jadi jika ponsel kamu masih tergolong baru, silahkan cek bagian pengaturan, dan cari opsi ‘Sistem’, lalu cari menu ‘Perbarui sistem’ atau ‘Update system’.

Update pada sistem operasi Android, biasanya disertai dengan perbaikan pada error atau bug yang ada. Jadi tidak jarang, error yang kamu temukan disalah satu aplikasi yang kamu gunakan, hilang setelah update OS dilakukan.


Mungkin itu saja terkait langkah-langkah umum yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bug di WhatsApp. Jika ada langkah-langkah lain yang patut dimasukkan kesini, silahkan jelaskan dikolom komentar dibawah ya.

Sekian dan sampai jumpa ditulisan lainnya.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *