Cara membersihkan cache Whatsapp dan meringankan beban memori

Whatsapp kini menjadi aplikasi favorit yang paling banyak di gunakan masyarakat untuk berkirim pesan. Selain bisa di akses melalui aplikasi wa di hp, whatsapp juga bisa di akses di browser laptop/komputer lewat wa web.

Aplikasi ini sangat banyak fungsinya, selain dari fungsi dasar mengirim pesan, bahkan banyak fungsi wa yang kita jarang tahu, karena fungsi tersebut jarang kita pakai, misalnya wa web, status musik atau grup video call sampai dengan 4 orang di wa, dan masih banyak lagi.

Banyaknya fitur-fitur keren di wa ini lah yang menyebabkan total pengguna whatsapp sekarang sudah mencapai 1 Miliar lebih di seluruh dunia.

Ok, disini kita akan membahas salah satu masalah yang sering terjadi di whatsapp kamu. Masalahnya adalah terlalu banyak chat whatsapp yang menumpuk di memori kita terkadang membuat hp kita lemot, lag bahkan tidak responsif.

Ya mungkin jika data hanya sebatas tulisan atau teks mungkin tidak terlalu banyak memakan ruang di hp kita, tetapi jika data-data yang tersimpan berupa foto atau video maka akan sangat memakan banyak ruang di hp android kita.

Banyak teman-teman saya yang mengeluhkan hpnya lemot padahal tidak banyak aplikasi yang terinstal di hpnya ternyata setelah saya cek masalahnya berasal dari banyaknya file sampah yang menumpuk di galerinya yang berasal dari unduhan otomatis yang dikirimkan melalui group whatsapp.

Jika biasanya kita menghapus satu persatu kali ini saya akan memberitahukan cara menghapus cache secara otomatis atau manual, dan caranyapun cukup mudah kalian tinggal mengikuti langkah demi langkahnya OK.

#Langkah Pertama Stop Pengunduhan Secara Otmatis.

Langkah ini di tujukan untuk memudahkan kalian supaya tidak mengunduh file dari whatsapp kalian secara otomatis, karena jika menghentikan pengunduhan file secara otomatis kalian akan lebih menghemat ruang di memori internal kalian. Jadi kalian bisa pilih dan download file2 yang benar benar dibutuhkan.

Cara ini mungkin tidak perlu dilakukan semua orang, karena untuk pengguna wa super aktif, lebih mudah untuk biarin download otomatis, dan nanti tinggal bersihin cache secara berkala.

  • Buka aplikasi whatsap yang ada hp kalian.
buka whatsapp
buka aplikasinya
  •  Setelah itu kalian klik icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu kalian pilih setting/setelan.
masuk ke setting
masuk ke setting
  •  Setelah kalian masuk ke setelan maka tampilanya seperti ini. Setelah itu kalian masuk ke penggunaan data dan penyimpanan/data and storahe usage jika punya kalian berbaha inggris.

    data dan penyimpanan
    data dan penyimpanan

  • Setelah kalin masuk lalu kalian hilangkan tanda centang yang ada di semua pilihan.lalu klik ok.

    hialangkan centang
    hialangkan centang

  • Setelah itu kalian pilih icon saat terhubung ke wi-fi/when connected on wi-fi. Maka tampilanya seperti ini semua tanda tercentang lalu kalian hilangkan semua centang foto,audio,video,dokumen. Lalu klik ok.

    hapus ceklis
    hapus ceklis

  • Setelah selesai lalu masuk lagi ke saat roaming dan lakukan hal yang sama seperti di atas.
    hapus centang rooming
    hapus centang rooming

     

Jika kalian sudah melakukan langkah-langkah di atas maka aplikasi whatsapp kalian sudah tidak bisa mengunduh secara otomatis. Dan menyimpanya di galleri, sehingga kalian bukan hanya menghemat ruang penyimpanan kalian tetapi kalian juga menghemat kuota data kalian.

# Langkah Kedua Menghapus Foto dan Gambar-gambar Sampah (cache lama) yang ada di Whatsapp Kalian.

Jika langkah yang pertama anda menggunakan settingan yang ada di aplikasi whatsapp kalia ini saya akan menunjukan cara menghapus data-data yang tidak berguna yang sudah terlanjur tersimpan di galeri namun kalian, disini kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi cleaner.

Ada banyak sekali aplikasi cleaner di playstore, silahkan gunakan yang kalian paling familiar aja. Biasanya fungsinya tidak jauh beda satu sama lain.

Ok langsung aja kita simak dan mengikuti langkah-langkahnya.

    1. Untuk memudahka proses penghapusan cache secara otomatis maka kita akan menggunakan aplikasi “Magic Cleaner(cleaner for whatsapp)” silahkan kalian download terlebih dulu aplikasinya di playstore, jika kalian tidak tahu seperti apa wujud aplikasi maka wujudnya seperti ini.

      cleaner for whatsapp
      cleaner for whatsapp

    2. Setelah kalian buka aplikasinya maka tampilan awalnya seperti ini.

      tampilan awal
      tampilan awal

    3. Saya yakin pasti kalian bingung bagaimana cara menggunakanya. Berbeda dengan aplikasi-aplikasi pada umumya aplikasi ini lebih spesifik untuk membersihkan file-file sampah yang terdapat pada whatsapp. Dan cara menggunakanya pun cukup mudah kalian hanya mengklik icon centangnya.

      pilih kategori file
      pilih kategori file

    4. Setelah kalian klik centangnya pastikan centang nya berwarna hijau menandakan aplikasi ini berhasil. Aplikasi ini selain spesifik hanya untuk whatsapp saja kalian juga bisa memilih kalian akan menghapus apa foto,video atu apapun yang ingin kalian hapus di situ juga di jelaskan ada berapa file yang tersimpan di setiap menunya.setelah itu klik clear selected data.

      hapus cache
      hapus cache

    5. Maka kalian akan di bawa ke menu pilihan seperti ini untuk memastikan kalian benar-benar ingin menghapus data yang tercentang tadi. Setelah itu klik ok.

      pilih ok
      pilih ok

    6. Karena saya tadi memilih data video maka data-data video whatsapp saya telah terhapus secara otomatis. Maka filenya sekarang menjadi empty.
      empty
      empty

      Di aplikasi ini memang bisa di filter setiap datanya mulai foto, video, audio, profil dan masih banyak lagi sehingga memudahkan kita untuk memilih data mana yang masih kita butuhkan sehingga datanya tidak terhapus.

# Langkah Tiga Menghapus dari Dalam Aplikasi Whatsapp

Cara yang ketiga ini berbeda dengan cara yang pertama dan kedua cara yang pertama bertujuan supaya aplikasi whatsapp tidak mengunduh data file secara otomatis dan cara yang kedua menghapus keseluruhan datanya berdasarkan kategori-kategorinya, cara yang ketiga ini berbeda cara ini bertujuan untuk menghapus di setiap aktifitas chat bersama kawan kita secara individu.

ok langsung ke langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi whatsapp yang ada di android kalian lalu klik icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu kalian klik menu setting.
  2. Setelah kaian klik menu setting/setelan kalian masuk ke penggunaan data dan penyimpanan/Data and Storage Usage.

    data dan penyimpanan
    data dan penyimpanan

  3. Setelah kalian masuk ke penggunaan data dan penyimpanan. Maka tampilanya seperti ini setelah itu kalian masuk ke penggunaan penyimpanan/Storage Usage.

    penggunaan penyimpanan
    penggunaan penyimpanan

  4. Setelah kalian masuk tampilanya seperti ini lebih mengarah ke setiap chat. Dan di situ juga ada ukuran file dari setiap percakapan yang kita lakukan.

    pilih chat
    pilih chat

  5. Jika kalian ingin menghapusnya kalian tinggal pilih pesan mana yang ingin kalian hapus.

    pilih chat
    pilih chat

  6. Setelah kalian pilih maka akan muncul rincian dari pesan tersebut.setelah itu pilih kelola pesan yang berada di pojok kanan bawah.

    kelola pesan
    kelola pesan

  7. Setelah kalian pilih kelola pesan maka akan ada text merah dengan ukuran filenya juga. Setelah itu jika kalian ingin memnghapusnya kalian tnggal klik texs merah yang ada di pojok kanan bawah.

    bersihkan pesan
    bersihkan pesan

  8. Setelah itu maka kalian akan di bawa ke menu persetujuan bahwa kalian akan benar-benar menghapus pesan kalian. Lalu klik bersihkan semua pesan.

    bersihkan pesan
    bersihkan pesan

  9. Maka pesan kalian bersama teman kalian akan terhapus tanpa menghapus pesan-pesan yang lain yang tidak kalian pilih.

Baiklah saya cukup tutorial dari saya, saya rasa semua cara-cara di atas memiliki kegunaan yang memungkinkan kalian untuk mempermudah kalian dalam menghapus cache whatsapp. Agar ruang penyimpanan kalian lebih longgar lagi hehehe. semoga tutorial ini membantu ya

anwarnulis

penikmat kopi

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar

    Makasih sangat membantu,dengan ini bisa sekalian hapus chat dari mantan

    1. Avatar

      sip lah klo gitu mas.. :D..

Tinggalkan Balasan