Cara menggunakan Mode Latihan di Live Streaming Instagram

Saaat ini semua orang bisa melakukan live streaming hanya dengan modal smartphone saja. Tiktok, Facebook hingga Instagram. Semua media sosial dengan jumlah pengguna yang sangat besar menyediakan fitur untuk melakukan live streaming sehingga nyaris tidak ada kesulitan yang menghambat pengguna untuk melakukan hal tersebut.

Kita hanya tinggal memilih aplikasi mana yang ingin kita jadikan sebagai media live streaming, kemudian tap tombol live streaming untuk memulai siaran langsung.

Tetapi masalahnya, melakukan live streaming dan berbicara di depan kamera adalah hal yang jauh berbeda dengan ngobrol dengan teman atau berbicara dengan diri sendiri.

Kamu mungkin merasa tahu apa yang perlu kamu lakukan dan dipikiranmu, kamu sudah tahu apa yang ingin kamu katakan ketika live streaming. Namun begitu kamu menekan tombol siaran langsung dan kamu sudah terhubung ke internet, tiba-tiba saja kamu nge-blank, lidahmu kaku dan kamu tidak tahu harus mengatakan hal apa. Kamu tidak menjadi dirimu sendiri atau tidak menjadi seperti yang kamu pikirkan sebelumnya.

Ini cukup wajar karena kamu tidak terbiasa. Bahkan ketika tidak ada penonton sekali pun, menjadi diri sendiri saat melakukan live streaming adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Oleh sebab itulah, kamu perlu melakukan latihan agar terbiasa.

Nah, berbicara mengenai latihan, Instagram menyediakan sesi latihan untuk live streaming. Jadi kamu bisa berlatih siaran langsung tanpa dilihat oleh orang lain. Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk melatih dirimu agar terbiasa berbicara dihadapan penonton dan mengecek hal-hal penting seperti kondisi audio, volume, pencahayaan hingga konektivitas agar live streaming bisa lebih sempurna.

Memulai Siaran Langsung mode Latihan di Instagram

Silahkan ikuti petunjuk di bawah untuk melakukan siaran langsung dalam mode latihan di Instagram.

1. Buka aplikasi Instagram, lalu masuk kehalaman profil kamu.
2. Tap ikon plus dipojok kanan atas.
3. Pilih menu “Siaran Langsung”.

4. Di fitur live ini, tap ikon “Pemirsa”.

Tap “Pemirsa”.

5. Ubah Pemirsa dari “Publik” menjadi “Latihan”.
6. Kemudian tap “Atur pemirsa”.

7. Setelah pemirsa diubah jadi “Latihan”, tap ikon “siaran langsung” untuk memulai.

Tap ikon siaran langsung.

8. Kamu sudah berhasil memulai live streaming di mode “Latihan.

Di sebelah kanan atas kamu akan menemukan kata “Practice” yang dalam bahasa Indonesia berarti latihan dan di bagian bawah kamu akan menemukan informasi yang menyebutkan bahwa siaran langsung disembunyikan dari semua orang.

Cara menggunakan Mode Latihan di Live Streaming Instagram 7

Fitur-fitur lainnya kurang lebih sama dengan saat siaran langsung mode publik.

9. Jika kamu ingin berhenti, tekan tombol “X” di kanan atas.

Tekan tombol “X” di kanan atas.

10. Tap “Akhiri Video”.

Tap “Akhiri Video”.

11. Sampai disini siaran langsung berhasil dihentikan.

Menambahkan teman ke Siaran Langsung mode Latihan

Ketika melakukan siarang langsung dalam mode latihan, kamu juga bisa mengundang orang seperti di mode publik. Disini teman yang diundang bisa melihat ataupun bergabung dengan latihan kamu tsbt.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Saat siaran langsungnya sudah dimulai, tap ikon undang orang di sebelah bawah.

Tap ikon undang orang di sebelah bawah.

2. Ketik nama akun Instagram yang ingin kamu undang.  Lalu tap “Undang” di sebelah nama akun.

Setelah itu, kamu tinggal menunggu orang yang kamu undang memenuhi undanganmu. Nantinya, orang tersebut bisa menonton siaran langsungmu dan bahkan bergabung denganmu melakukan siaran langsung bersama-sama.


Mungkin sampai disini terkait cara menggunakan mode latihan siaran langsung di Instagram. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah ya.

Sekian dan sampai jumpa di tulisanku selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *