Cara melamar pekerjaan melalui LinkedIn

Setelah menyelesaikan studi pendidikan, baik itu pada bangku sekolah maupun perkuliahan, hal yang selanjutnya kamu ingin masuki mungkin adalah dunia kerja. Dalam mencari pekerjaan, kamu perlu mengaplikasikan teori yang kamu dapatkan selama sekolah serta menggunakan skill yang kamu punya saat ini.

Meskipun kelihatannya cukup mudah, namun pada kenyataannya mencari pekerjaan tidak semudah teorinya.

Dalam mencari pekerjaan, kamu membutuhkan modal setidaknya waktu dan uang.

Kamu harus membuat dan mencetak surat lamaran, mengirimkan lamaran satu per satu ke perusahaan yang ingin kamu lamar. Lambat laun jaman berkembang, banyak job fair atau bursa kerja yang diadakan oleh pemerintah maupun swasta. Bursa kerja ini dapat mempermudah pencari kerja dalam melamar pekerjaan. Akan tetapi, bursa kerja tidak dapat setiap saat diadakan. Sehingga pencari kerja mungkin akan merasa kesulitan memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan.

Namun, kini cukup banyak tersedia website yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan dari berbagai bidang dan jenis perusahaan. Kamu dapat menyaring mana saja perusahaan atau bidang pekerjaan yang kamu inginkan. Kamu bahkan dapat dengan mudah melakukan pencarian melalui ponselmu sekalipun. Ya, semudah itulah mencari informasi lowongan pekerjaan di jaman ini.

Salah satu website yang dapat kamu manfaatkan untuk melamar pekerjaan adalah LinkedIn.

Mengapa harus LinkedIn?

Sebenarnya masih banyak website penyedia informasi lowongan pekerjaan yang dapat kamu gunakan. Meskipun demikian, hanya di LinkedIn-lah kamu dapat membangun brand image dirimu sendiri, menghubungkan koneksi, serta melamar pekerjaan sekaligus dalam satu akun.

Bahkan saat ini LinkedIn juga sudah menyediakan versi aplikasi dari layanannya. Sehingga melamar pekerjaan dapat kamu lakukan melalui ponsel.

Pada tulisan kali ini, Bukugue dot com akan merangkum bagaimana cara melamar pekerjaan via aplikasi LinkedIn di ponselmu. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan secara umum apa itu media sosial LinkedIn secara umum.

Sekilas, Apa itu LinkedIn?

LinkedIn merupakan media sosial yang mempunyai pengguna yang sebagian besar adalah orang-orang profesional dengan berbagai latar belakang. Melalui LinkedIn, kamu dapat menghubungkan profilmu dengan orang-orang yang kamu kenal. Baik itu teman satu almamater, maupun rekan kerja. Kamu dapat menambah teman dengan memasukkannya ke sebagai koneksi.

LinkedIn dapat menjadi sarana untuk mengenalkan dirimu sendiri kepada khalayak, termasuk perusahaan yang ingin kamu lamar.

Kamu dapat mengisi profil dengan ketrampilan dan pengalaman kerja yang kamu punya. Melalui profilmu-lah kamu dapat membuat brand yang ingin kamu bangun pada dirimu sendiri. Oleh karena itu, pastikan untuk memperkaya isi profil LinkedIn seperti halnya pada curriculum vitae (CV) yang kamu buat.

Namun catatan untuk kamu, pastikan untuk mengisi data profil dengan jujur ya!

Kalau kamu belum punya akun linkedin, bisa daftar dulu, hal ini dibahas dengan detail dilaman ini bukugue.com/cara-membuat-akun-linkedin, disana dijelaskan mulai dari hal simpel seperti kelebihan linkedin, cara daftar hingga setting awal akun kamu.

Ok, langsung saja ikuti langkah dibawah ini jika kamu sudah setting akun linkedin kamu dengan benar.

Langkah pertama: Mencari lowongan pekerjaan

Langkah pertama dalam proses melamar pekerjaan adalah mencari informasi ada atau tidaknya kesempatan kerja yang terbuka untuk para pelamar. Adanya informasi lowongan sangatlah penting. Untuk dapat mencari informasi lowongan pekerjaan yang sedang dibuka melalui LinkedIn, kamu dapat melakukan langkah-langkah ini.

  1. Cari pekerjaan melalui kolom pencarian pada aplikasi LinkedIn. Kamu dapat mengetikkan kata kuncinya sesuai nama pekerjaan yang kamu inginkan. Kamu juga dapat mencarinya dengan menggunakan nama perusahaan yang kamu incar. Kali ini kami akan mencoba untuk mencari lowongan freelance writer.

    Untuk mempermudah pencarian, kamu dapat terlebih dahulu menekan icon jobs agar pencarian LinkedIn hanya menampilkan informasi lowongan pekerjaan saja.

  2. Setelah LinkedIn menampilkan hasil pencarian, kamu dapat memilah-milah mana pekerjaan yang ingin kamu lamar. Kamu dapat melihat pula berapa banyak koneksi yang terhubung dengan perusahaan tersebut. Akan ditampilkan siapa saja koneksi yang pernah bekerja di perusahaan tersebut.

    tap lowongan pekerjaan yang ingin kamu masuki
    tap lowongan pekerjaan yang ingin kamu masuki

  3. Kamu juga dapat melakukan filter pencarian dengan menekan tombol filter di bagian atas. Kamu dapat mengatur filter berdasarkan tanggal posting, perusahaan, level pengalaman yang dibutuhkan, tipe pekerjaan, jenis industri, dan fungsi pekerjaan.

Langkah kedua: Melamar pekerjaan

Ada dua cara melamar pekerjaan melalui LinkedIn.

Yang pertama, kamu dapat langsung melamar pekerjaan dengan fitur easy apply. Melalui cara pertama ini, kamu hanya cukup melamar pekerjaan dalam beberapa langkah saja. Meskipun sangat mudah, akan tetapi tidak semua perusahaan memiliki fitur easy apply ini.

Sedangkan yang kedua adalah melamar secara manual. Ketika kamu menekan tombol apply, kamu akan ditujukan pada situs penyedia informasi lowongan pekerjaan lainnya. Meskipun demikian, caranya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara pertama. Kamu hanya cukup menyediakan resume dirimu sendiri dan menguploadnya sebagai bahan pertimbangan HRD perusahan yang akan kamu lamar. Masih cukup praktis bukan?

Untuk  lebih jelasnya, kamu dapat menyimak tutorial melamar pekerjaan melalui LinkedIn seperti berikut:

  1. Tap informasi lowongan pekerjaan yang ingin kamu lamar tersebut. Kamu dapat melihat-lihat deskripsi pekerjaan maupun profil perusahaan terlebih dahulu. Kamu juga dapat mengetahui apakah posisi yang ditawarkan membutuhkan skill yang sesuai dengan profil yang kamu bangun. Akan tetapi untuk mengetahui lebih lanjut, kamu perlu menggunakan akun premium (akun berbayar).

    tap "easy apply"
    tap “easy apply”

  2. Untuk melamar pekerjaan, silahkan tap easy apply jika memang pekerjaan yang kamu incar mendukung fitur ini.
    • Setelah men-tap easy apply, selanjutnya kamu akan diminta memasukkan email dan nomor yang dapat dihubungi. Isi data tersebut pada kolom yang disediakan.

      masukkan email, nomor, dan upload resume
      masukkan email, nomor, dan upload resume

    • Selain diminta memasukkan email dan nomor ponsel, kamu juga akan diminta untuk mengupload resume. Meskipun demikian, resume ini sifatnya opsional (tidak wajib).
    • Setelah itu, tap submit application.
  3. Selain dengan cara easy apply, kamu juga dapat melamar pekerjaan secara manual jika memang perusahaan yang kamu incar tidak mendukung fitur easy apply.
    • Caranya adalah dengan menekan tombol apply pada informasi lowongan. Setelah itu LinkedIn akan menghubungkanmu dengan situs penyedia informasi lowongan tadi. Nah disitulah kamu dapat memasukkan lamaran pekerjaan. Biasanya, cara yang perlu dilakukan pun tidak begitu rumit.

      tap "apply"
      tap “apply”

    • Kali ini pekerjaan yang akan kami coba untuk lamar memiliki link menuju situs Glints.  Tap apply.

      tap "lamar"
      tap “apply”

    • Jika kamu telah mempunyai akun Glints sebelumnya, kamu dapat langsung melakukan login. Jika tidak, kamu juga bisa melakukan login melalui akun Facebook-mu.

      login akun glints
      login akun glints

    • Kemudian kamu harus menyiapkan CV dan cover letter (jika tersedia).

      upload CV yang telah kamu siapkan sebelumnya
      upload CV yang telah kamu siapkan sebelumnya

Nah, sekarang kamu mengerti kan bagaimana cara melamar pekerjaan melalui aplikasi LinkedIn di ponsel kamu? Mencari pekerjaan kini tidak lagi memerlukan banyak biaya dan tenaga.

Kamu hanya perlu cukup aktif mencari informasi di internet dan buatlah CV semenarik mungkin.

Waktu dan tenaga yang tersisa juga dapat kamu manfaatkan untuk mempersiapkan seleksi dalam proses rekrutmen.

Sekian untuk informasi kali ini. Semoga informasi dalam tulisan kali ini bermanfaat untuk semuanya, terutama bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan.

Ikuti terus informasi menarik seputar media sosial lainnya di Bukugue dot com. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, silahkan tambahkan dikolom komentar dibawah ini. Sampai jumpa lagi.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan