Apa itu LinkedIn? Bagaimana cara mendaftar di LinkedIn?

Pernahkah kamu mendengar sosial media yang bernama LinkedIn? Mungkin kamu pernah mendengarnya beberapa kali. Tapi apakah kamu tau apa itu LinkedIn? Apa fungsinya? Mengapa terlihat berbeda dengan sosial media lain?

Nah, kali ini aku akan membahas tentang sosial media yang satu ini. Karena pembahasan mengenai LinkedIn belum sebanyak sosial media lain, jadi disini aku mencoba membahasnya secara lengkap.

Yang perlu kamu tau, LinkedIn bukanlah sosial media biasa yang bisa kamu gunakan dengan bebas untuk upload atau update status layaknya Facebook, Twitter, maupun Instagram lho. Karena LinkedIn digunakan hanya untuk tujuan tertentu saja.

Lantas apa sebenarnya LinkedIn itu? Apa fungsinya? Dan bagaimana menggunakannya? Semua akan dibahas dibawah ini. Silahkan disimak!

Apa itu LinkedIn?

LinkedIn (dibaca “linked-in”) adalah jejaring sosial yang diciptakan untuk para profesional dan digunakan untuk dapat terhubung dengan kolega ataupun rekan bisnis. Media sosial yang diluncurkan tahun 2003 ini telah menggaet jumlah pengguna hingga lebih dari 500 juta pengguna aktif.

LinkedIn dikhususkan untuk kamu yang ingin bergabung dengan linkungan profesional dan berinteraksi dengan orang – orang yang ada di dalamnya.

Banyak yang bisa kamu lakukan disana. Jika kamu adalah seorang mahasiswa yang baru lulus dan ingin mencari kehidupan profesional dan mencari peluang baru terhadap karir, LinkedIn menjadi tempat yang tepat buat kamu.

LinkedIn bisa dikatakan sebagai tempat berkumpulnya orang –orang profesional, mulai dari pemilik bisnis, marketer, manajer, bahkan CEO. Kamu bisa berinteraksi satu sama lain, membahas tentang peluang bisnis, pekerjaan, dan bertukar pengalaman.

Layaknya sosial media lain, LinkedIn juga memiliki sisi lebih dan kurangnya. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari sosial media yang satu ini? Berikut ini kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan LinkedIn

1. Peluang koneksi jaringan yang luas. Maksudnya disini adalah kamu memiliki kesempatan yang besar untuk dapat bertemu dengan orang – orang profesional yang ada didalamnya. Barangkali kamu ingin memperluas koneksi dengan para pebisnis, manajer, HRD, dan bahkan pemilik perusahaan untuk tujuan profesional tertentu.

Dengan mudah kamu dapat menemukan orang – orang yang kamu inginkan dan memiliki koneksi dengannya. Membahas pekerjaan maupun bisnis, menawarkan ataupun mencari pekerjaan dan kerjasama lain yang lebih mendalam.

2. Mendapat pembaruan berita. Ketika kamu mengikuti halaman atau hashtag tertentu di LinkedIn maka nantinya kamu akan melihat pembaruan yang mereka posting dalam feed beranda kamu. Mereka biasanya akan memposting tentang pengalaman profesional, lowongan pekerjaan, tips dan trik dalam dunia bisnis atau pekerjaan, berita – berita terbaru, dan lainnya yang tentunya akan sangat bermanfaat buat kamu.

Pembaruan – pembaruan yang muncul di beranda juga dapat kamu bagikan kepada koneksi yang kamu miliki jika kamu ingin berbagi info dengan mereka.

3. Kesempatan untuk melakukan Q&A. LinkedIn dapat menghubungkan kamu dengan orang – orang yang berlatar belakang sama denganmu. Barangkali kamu memiliki pertanyaan terkait dengan pekerjaan atau bisnis, bisa kamu tanyakan dengan mereka. Atau kamu memiliki pertanyaan – pertanyaan yang ingin kamu ajukan kepada pemilik perusahaan, HRD, atau sekedar berdiskusi publik yang membahas topik tertentu.

Atau jika kamu memiliki jawaban atas pertanyaan – pertanyaan yang mereka ajukan, kamu bisa membantunya. Kamu bisa menunjukkan pengetahuan dan keterampilanmu kepada mereka sehingga nantinya terjadi umpan balik yang menguntungkan satu sama lain.

4. Adanya pembaruan profil. LinkedIn memberikan kemudahan untuk kamu yang ingin menemukan seseorang yang potensial untuk dijadikan rekanan, karyawan, atau melakukan kerjasama tertentu yang membutuhkan pengalaman atau keahlian yang sesuai dengan kriteria. Kamu hanya perlu melihat profil mereka dan lihatlah profil profesional yang mereka miliki, apakah sesuai dengan kualifikasi yang kamu cari.

Kebanyakan pengguna LinkedIn akan lebih sering memperbarui profil profesional mereka seiring dengan pengalaman dan keterampilan terbaru mereka.Dalam LinkedIn, profil bertindak sebagai resume virtual yang akan menampilkan latar belakang pengalaman dan keterampilan yang dimiliki seseorang

Kekurangan LinkedIn

1. Banyaknya penipuan melalui akun fake. Jumlah pengguna LinkedIn terus meningkat. Otomatis akan meningkat juga jumlah akun – akun LinkedIn dengan berbagai tujuan, termasuk salah satunya akun – akun fake yang bertebaran di LinkedIn. Kamu sebagai pengguna LinkedIn harus lebih berhati – hati jika ingin mencari koneksi ataupun melamar sebuah pekerjaan. Hati – hati dengan akun fiktif ataupun perekrut yang membuat lowongan pekerjaan palsu dengan tujuan ingin menjebak kamu.

2. LinkedIn memiliki data pribadi pengguna. Aku rasa ini sudah menjadi hal yang lumrah di zaman sekarang. LinkedIn sebagai aplikasi dan layanan tentu membutuhkan data pribadi pengguna untuk pengembangan layanan. Disisi lain, LinkedIn juga tentu membutuhkan pendapatan yang cukup untuk terus dapat hidup dan melayani para penggunannya.

LinkedIn tentu akan mendukung dan menopang dirinya sendiri melalui iklan, yang memungkinkan pengiklan menargetkan penggunanya melalui data yang diperoleh melalui LinkedIn.

Namun jangan khawatir, LinkedIn tentu memiliki kebijakan terhadap iklan tersendiri untuk hal tersebut. LinkedIn tetap membatasi para pengiklan untuk sekedar mengetahui data pengguna melalui profil profesional saja. Mungkin hal ini akan membuat sebagian pengguna LinkedIn risih. Inilah salah satu kelemahan LinkedIn.

Cara daftar dan membuat akun di LinkedIn

Untuk mendaftar di LinkedIn, kamu bisa melalui web resminya maupun melalui aplikasinya di Android/iOS. Tapi disini aku akan menjelaskan cara mendaftar LinkedIn melalui aplikasi LinkedIn di Android.

Oke. Sebelum mulai mendaftar, download terlebih dulu aplikasi LinkedIn di PlayStore jika kamu belum memilikinya. Ini link donwloadnya : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.linkedin.android&hl=en

1. Jika aplikasi sudah diinstal dan siap pakai, langsung saja buka aplikasinya. Nanti akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah. Silahkan isi nama, email, dan kata sandi untuk mendaftar. Jika sudah, pilih “Setuju & Bergabung” untuk melanjutkan.

Form yang harus diisi untuk mendaftar LinkedIn
Form yang harus diisi untuk mendaftar LinkedIn

2. Di halaman ini, kamu ditanyakan apakah kamu seorang pelajar atau bukan. Jika kamu seorang pelajar, silahkan pilih opsi “Ya”.

Menentukan apakah kamu seorang pelajar atau bukan

3. Pada halaman ini, kamu isikan form nama universitas, gelar, spesialisasi, serta tahun mulai dan akhir berkuliah. Jika sudah pilih “lanjutkan”.

Jika kamu seorang pelajar, akan mengisi form seperti pada gambar
Jika kamu seorang pelajar, akan mengisi form seperti pada gambar

4. Pilih negara / wilayah serta kode pos wilayahmu. Pilih “Lanjutkan” untuk melanjutkan pendaftaran.

Melengkapi form wilayah neagara dan kode pos daerah kamu

5. Sampai disini kamu perlu menambahkan foto untuk profil akun kamu. Pilih “Tambahkan Foto” untuk menambahkan foto dari galeri HP kamu.

Unggah foto untuk menambahkan foto profil LinkedIn

6. Jika kamu sudah memilih salah satu foto untuk dijadikan foto profil akun LinkedIn kamu, pilih “Simpan” untuk menerapkan foto profil.

"Simpan" untuk menyimpan pengaturan foto profil

7. Sampai disini, kamu akan dikirimkan kode konfirmasi ke alamat email yang sebelumnya sudah kamu gunakan untuk membuat akun di awal tadi. Pilih “Buka email” untuk masuk ke pesan konfirmasi email yang dikirimkan LinkedIn.

Melakukan konfimasi alamat email untuk verifikasi

8.Setelah pesan email dari LinkedIn terbuka, pilih “Konfirmasi alamat email anda” untuk melakukan konfirmasi akun LinkedIn kamu.

Email konfirmasi dari LinkedIn
Pesan email di inbox email kamu

9. Kamu akan dibawa ke halaman login LinkedIn web. Silahkan kembali login dengan memasukkan kata sandi, lalu pilih “Login” untuk kembali masuk ke akun kamu.

Login kembali setelah melakukan konfirmasi
Login kembali setelah melakukan konfirmasi

10. Pada halaman ini, kamu sudah bisa menambahkan koneksi. Silahkan pilih beberapa koneksi yang kamu inginkan dengan pilih “Hubungkan” untuk mengirimkan permintaan koneksi kepada orang yang kamu inginkan. Tapi disini aku akan memilih “Lewati” untuk langsung melanjutkan ke step selanjutnya.

Menambahkan koneksi di LinkedIn

11. Oke, kamu sudah sampai di halaman beranda akun LinkedIn kamu. Sekarang kamu tinggal melakukan setting dan menambahkan koneksi dan data lainnya yang kamu inginkan.

Halaman beranda akun LinkedIn kamu

Sampai disini proses pembuatan akun sudah selesai, namun masih belum lengkap, simak penjelasan dibawah untuk melengkapi akun LinkedIn-mu.

Cara melengkapi profil LinkedIn agar terlihat lebih profesional

Setelah kamu selesai mendaftar dan sudah memiliki akun LinkedIn. Sekarang saatnya kamu untuk melengkapi profil profesional kamu disana sebelum akun LinkedIn kamu digunakan. Nah, disini aku akan menjelaskan apa – apa saja yang perlu kamu lengkapi untuk membuat profil profesional di LinkedIn.

1. Bukalah akun LinkedIn kamu. Pilih ikon berupa gambar profil kamu yang ada disebelah kiri atas.

Menu aplikasi LinkedIn berada disebelah kiri atas

2. Selanjutnya kamu pilih “Lihat Profil” untuk masuk ke pengaturan profil kamu.

"Lihat Profil" untuk masuk ke halaman pengaturan profil

3. Kamu sekarang sudah berada di halaman dimana kamu akan membuat sebuah profil profesional disini. Usahakan semua form dan petunjuk diikuti supaya kamu memiliki profil LinkedIn yang lengkap.

"Skor Profil" sebagai acuan kelengkapan profil profesional kamu di LinkedIn
“Skor Profil” sebagai acuan kelengkapan profil profesional kamu di LinkedIn

Gambar yang aku beri kotak adalah skor profil yang dapat menjadi acuan kamu, apakah profil kamu sudah lengkap atau belum. Pada gambar dibawah bisa dilihat jika skor profil masih berstatus Pemula, karena profil masih dikatakan kosong atau profil hanya berisi info – info dasar.

Berikutnya, kamu bisa lihat pada gambar yang aku beri kotak. Disanalah kamu bisa mulai melengkapi form – form yang disediakan oleh LinkedIn. Kamu bisa melakukan swipe ke kiri untuk mulai melengkapi semua form yang ada. Untuk mulai melengkapi form yang pertama, Silahkan pilih “Tambahkan keahlian” untuk menambahkan skill / kemampuan / keahlian yang kamu miliki.

Menambahkan paling tidak 5 keahlian yang dimiliki
Menambahkan paling tidak 5 keahlian yang dimiliki

Silahkan tambahkan sebanyak paling tidak 5 skill yang kamu miliki sesuai dengan permintaan LinkedIn. Jika kamu memiliki skill lebih dari 5 bidang tentu akan jauh lebih baik. Tambahkan saja.

Setelah selesai mengisikan form keahlian, silahkan swipe ke kiri untuk menambahkan ringkasan singkat atau resume tentang dirimu.

Disini menjadi salah satu yang paling diperhatikan perekrut jika kamu sedang mencari sebuah pekerjaan di LinkedIn. Isikan resume dengan singkat dan jelas mengenai pengalaman kamu seperti pengalaman magang, pengalaman mengelola proyek tertentu, pencapaian prestasi akademis, atau pengalaman mengenai keahlian kamu, bisa dijelaskan disini.

Membuat resume di LinkedIn
Membuat resume di LinkedIn

Setelah selesai membuat resume, lanjut swipe ke kiri untuk menambahkan status pengalaman kerja.

Menambahkan pengalaman pekerjaan
Menambahkan pengalaman pekerjaan

Silahkan tambahkan beberapa pengalaman kerja yang kamu miliki disini. Kamu akan diminta untuk mengisi form seperti dimana kamu bekerja, apa posisi pekerjaan kamu, dan kapan kamu mulai bekerja. Silahkan diisi sesuai pengalaman kamu. Semakin banyak pengalaman kerja yang kamu miliki, akan semakin baik. Jangan ragu untuk menambahkan semuanya.

Jika kamu scroll kebawah di halaman profil kamu, maka kamu akan menemukan tampilan seperti pada gambar yang aku beri kotak. Disitu kamu nantinya bisa melihat siapa dan berapa orang yang melihat profil LinkedIn kamu, berapa postingan kunjungan, dan berapa pencarian tampilan terhadap profil kamu. Kamu bisa melihat perkembangan akun kamu disana.

Pemantau kunjungan profil, postingan kunjungan dan pencarian
Pemantau kunjungan profil, postingan kunjungan dan pencarian

4. Oke, sekarang kembali lagi ke beranda LinkedIn kamu. Di halaman beranda kamu akan menemukan tampilan seperti pada gambar yang aku beri kotak. Kamu pilih saja “Cari Koneksi” untuk mencari dan menambahkan koneksi.

"Cari Koneksi" untuk menambah koneksi di LinkedIn
“Cari Koneksi” untuk menambah koneksi di LinkedIn

Di LinkedIn tidak ada istilah “teman” atau “mengikuti” seperti di Instagram, Twitter, maupun Facebook. Di LinkedIn dikenal dengan sebutan “Koneksi”. Kamu bisa mencari seseorang yang kamu inginkan untuk meminta koneksi. Misalnya saja kamu menemukan seseorang yang kebetulan adalah HRD suatu perusahaan ternama. Kamu bisa meminta koneksi dengan cara pilih “Terhubung” dan tunggu sampai ia menerima.

Tambahkan sebanyak – banyaknya permintaan koneksi dengan orang – orang profesional di LinkedIn. Akan sangat membantu untuk memiliki kesempatan profil kamu dilihat dan tentu semakin besar pula peluang kamu untuk dikenal dan dilirik banyak pihak.

Masih di halaman beranda LinkedIn. Lakukan swipe kiri untuk melihat form selanjutnya. Kamu akan menemukan tampilan seperti pada gambar yang aku beri kotak. Kamu pilih saja “Tambahkan Hashtag” untuk mencari dan menambahkan hashtag sesuai dengan kebutuhan dan minat kamu.

"Ikuti Hashtag" untuk mengikuti hashtag tertentu di LinkedIn
“Ikuti Hashtag” untuk mengikuti hashtag tertentu di LinkedIn

Tidak hanya hashtag yang dapat kamu ikuti. Kamu juga dapat mengikuti halaman – halaman resmi dari berbagai perusahaan yang aktif di LinkedIn. Kamu bisa memilih “Ikuti” untuk mengikuti halaman tersebut.

Nantinya, hashtag – hashtag dan halaman – halaman yang sudah kamu ikuti akan muncul di timeline LinkedIn kamu jika ada postingan yang baru. Silahkan ikuti hashtag yang relevan dengan minat dan kebutuhan kamu, dan ikuti halaman – halaman resmi perusahaan yang kamu inginkan di LinkedIn untuk mendapat info terupdate dari mereka.

5. Nah, bagian terakhir sekarang adalah mengetahui fungsi dari beberapa menu LinkedIn yang ada di bagian bawah layar HP kamu.

Tampilan menu yang ada di dalam aplikasi LinkedIn
Tampilan menu yang ada di dalam aplikasi LinkedIn

Menu yang ber-ikon rumah adalah halaman utama LinkedIn, sedangkan menu yang aku beri nomor 1 adalah halaman dimana kamu bisa mengelola koneksi kamu. Kamu bisa mencari dan meminta koneksi dengan seseorang. Kamu juga bisa melihat orang – orang yang mengundang kamu untuk menjadi koneksi mereka.

Menu yang aku beri nomor 2 adalah halaman dimana kamu bisa membuat postingan. Namun perlu diingat, LinkedIn bukanlah sosmed yang bisa kamu gunakan untuk update status seperti medsos lain. Di LinkedIn kamu bisa membuat postingan mengenai pengalaman kamu dalam dunia kerja, memberikan tips dan trik kepada orang lain, atau yang lainnya.

Selanjutnya pada menu yang aku beri nomor 3, kamu bisa melihat semua pemberitahuan disana. Dan pada menu yang terakhir, kamu bisa melihat berbagai job atau pekerjaan yang tersedia di LinkedIn. Biasanya LinkedIn akan secara otomatis mem-filter pekerjaan yang sesuai dengan profil yang kamu buat di LinkedIn.

Ada banyak pekerjaan yang relevan dengan profil kamu. Silahkan melamar pekerjaan disana sesuai dengan syarat dan kualiifikasi yang dibutuhkan. Jika kamu belum ingin melamar pekerjaan saat ini dan akan melamar nanti, kamu bisa menyimpannya.


Sekali lagi aku mengingatkan jika LinkedIn bukanlah sosial media dimana kamu bisa bebas meng-ekspresikan semua perasaan dan aktivitasmu disana layaknya Facebook, Twitter, maupun Instagram.

LinkedIn adalah sosial media untuk mereka yang ingin masuk kedalam lingkungan profesional. Menunjukkan profil profesional sebagai ajang memperkenalkan diri, menawarkan skill dan kemampuan, serta berbagi ilmu dan pengalaman.

So, buat kamu yang juga ingin masuk kedalam lingkungan profesional, silahkan bergabung. Semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk memberikan pertanyaan atau saran di bawah ini.

Tinggalkan Balasan