Cara melaporkan Spam & Akun Palsu di Instagram

Instagram merupakan aplikasi yang cukup popular saat ini. Instagram bukan hanya digunakan untuk berbagi foto dan video saja, seiring berjalan waktu, instagram juga jadi lahan “cari uang” baru.

Tak hayal sekarang banyak orang-orang yang tak bertanggung jawab membuat akun spam dengan identitas dan foto orang lain.

Mudahnya mendaftar akun Instagram, menjadikan instagram sasaran empuk untuk para pelaku spam dalam meraup keuntungan. Seseorang bisa saja mengambil foto kalian dan mengupload ulang foto tersebut di akun palsu milik mereka.

Untuk mengatasi hal itu Instagram memiliki fitur report/lapor untuk setiap pengguna yang merasa dirugikan oleh orang lain, salah satunya ketika seseorang menggunakan foto atau video kalian tanpa izin atau berpura-pura menjadi kalian.

Kalian bisa melaporkan akun spam agar di tindak lanjuti oleh pihak Instagram. Untuk menonaktifkan akun atau memblokirnya secara permanen dari Instagram.

Adapun beberapa pelanggaran yang bisa kalian laporkan adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan akun untuk spam, mengunakan Instagram untuk memberi komentar yang dirasa kurang pantas, tidak sopan, memberikan komentar yang bersifat mengancam/membahayakan orang lain, melakukan promosi yang mengganggu, dll.
  • Mengunggah konten tidak pantas, hal ini biasanya dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk memposting konten yang berbau kekerasan, seksual, dsb.
  • Mengaku sebagai orang lain, akun fake seperti ini biasanya banyak terjadi untuk mengunggah foto-foto yang bukan miliknya (misalnya pakai foto cewek-cewek cantik), untuk mendapatkan banyak follower.
  • Melanggar hak cipta, jika kalian seorang konten creator Instagram kalian memiliki hak atas karya kalian. Jika ada orang lain menggunakan video kalian tanpa izin itu termasuk dalam golongan melanggar hak cipta.

Sebelum kalian melaporkan akun yang akan kalian laporkan, alangkah lebih baiknya jika kalian mengenali/mendalami akunnya terlebih dahulu.

Kenali pelanggarannya dan pastikan bahwa akun tersebut benar-benar masuk dalam kategori pelanggaran.

Jika kalian asal melaporkan dan saat ditinjau oleh Instagram akun tersebut tidak terbukti melanggar nanti malah kalian yang di anggap spam oleh pihak Instagram.

A. Cara melaporkan akun spam di Instagram

Spam di Instagram adalah perbuatan yang kurang baik yang bisa di lakukan di kolom komentar, postingan, like dan lain sebagainya, intinya spam merupakan kelakuan yang tidak menyenangkan yang di lakukan oleh orang lain dan bersifat menggangu kita.

1. Buka aplikasi Instagram di smartphone kalian masing-masing.
2. Lalu buka postingan yang kalian post atau postingan teman kalian. Kalian lihat apakah ada akun yang berkomentar tidak baik atau komentar copas (promosi jual obat kuat, dll). Jika sudah ada yang dirasa spam klik bagian nama akun tersebut.

3. Setelah kalian klik bagian namanya, akun akan ditandai dan ada bar warna biru transparan diatas seperti gambar dibawah ini..

4. Setelah itu kalian klik bagian tanda seru yang ada di pojok kanan atas, yang ada di bar biru itu.

5. Setelah itu akan muncul kotak kecil berisi beberapa menu pilihan dengan judul “mengapa anda melaporkan komentar ini ?”. Nah disitu kalian pilih saja “Spam atau Penipuan”.

6. Jika sudah kalian laporkan maka akun yang kalian laporkan spam tadi tidak ada lagi di bagian kolom komentar.

Admin: Ini yang lagi dikomentarin apa sih sebenarnya 😀

B. Cara melaporkan akun palsu di Instagram

Untuk melaporkan akun palsu pastikan dulu bahwa akun yang akan di laporkan benar-benar palsu. Agar kita nantinya tidak dituduh spam oleh pihak Instagram.

1. Buka aplikasi Instagram yang ada di smartpone kalian masing-masing.
2. Setelah itu kalian buka profil akun yang kalian curigai palsu.

3. Untuk melaporkanya kalian klik icon titik tiga yang di pojok kanan atas.

tap icon titik tiga

4. Setelah itu akan muncul kotak kecil berisi beberapa pilihan menu. Disana pilih “Laporkan”.

pilih saja laporkan

5. Setelah itu akan muncul halaman laporan. Dan disitu ada dua pilihan, kalian pilih saja ini tidak pantas. Di gambar udah terlanjur saya kotakin yang SPAM. Bebas sebenarnya pilih yang mana, yang paling sesuai dengan keadaan saat itu.

pilih spam

6. Setelah itu akan muncul menu baru, apakah kita akan melaporkan bagian tertentu seperti postingan atau keseluruhan akun. Sekali lagi, pilih tergantung kondisi, jika hanya satu postingannya yang bisa jadi bukti akun tersebut bermasalah, maka laporin postingannya saja.

pilih laorkan akun

7. Karena dipilihan sebelumnya kita pilih “Laporkan Akun”, maka pertanyaan selanjutnya berkaitan dengan pelaporan akun. Disini kita pilih “ini berpura-pura menjadi orang lain”.

8. Setelah itu kalian akan dimintai keterangan tentang laporan kalian kalian pilih yang sesuai dengan keluhan kalian. Disini saya pilih “seseorang yang saya kenal”. Setelah itu tap “kirim laporan”.

9. Setelah kalian laporkan pihak Instagram akan meninjau apakah akun tersebut benar-benar palsu, jika akun tersebut terbukti palsu maka pihak Instagram akan memberitahu kalian melalui notifikasi.

pemberitahuan konfirmasi
pemberitahuan konfirmasi

Cara di atas bisa kalian lakukan dengan sangat mudah, namun tidak boleh di gunakan secara sembarangan, karena bisa jadi instagram akan menandai orang-orang yang memberikan laporan palsu. Tapi selama laporan kalian benar, jangan takut untuk klik tombol kirim laporan.

Kalian bisa melaporkan akun tersebut spam atau palsu. Untuk mengetahui palsu tidaknya akun tersebut kalian bisa melihatnya dari postingan ataupun komentar yang ada di dalam postingan tersebut.

Kalian juga bisa melaporkan akun yang menggunakan nama, foto ataupun keterangan yang bersangkutan dengan orang yang kalian kenal seperti teman ataupun keluarga kalian.

Lalu apa yang terjadi setelah kita melaporkan akun atau postingan tertentu di instagram?

Biasanya akun atau postingannya akan tetap tampil. Sementara laporan kalian akan masuk ke databasenya instagram. Setelah itu akan ada team dari instagram yang memeriksa semua laporan yang masuk. Dari sana mereka akan menentukan apakah laporan kalian benar atau tidak.

Jika benar, apakah pelanggaran yang dilakukan oleh akun yang dilaporkan itu sudah benar-benar pelanggaran berat atau belum.

Ada banyak tipe sanksi di instagram, misalnya action blocked, banned sementara (ada jeda waktu), barulah terakhir banned permanen.

Itupun setelah banned permanen, si pemilik akun yang dilaporkan masih bisa mengajukan banding, dan jika bandingnya diterima, akunnya bisa saja diaktifkan lagi.


Bagaimana menurut kalian? siap melaporkan akun penipu dan spammer di instagram? Walaupun saat ini instagram masih butuh manusia manual untuk melaporkan akun seperti ini, lambat laun instagram akan belajar dan punya algoritma untuk mendeteksi akun-akun seperti ini.

Sekian pembahasan kali ini. Sampai jumpa lagi.

Tinggalkan Balasan