Cara melaporkan akun facebook

Banyaknya pengguna Facebook saat ini, membuat banyak pihak memanfaatkan Facebook sebagai ladang bisnis, mulai dari jualan hingga menawarkan jasa, atau mencari keuntungan lewat popularitas.

Bukan hanya bisnis legit, scammer dan penipu pun makin hari makin banyak di Facebook.

Ini karena masih banyaknya pengguna internet yang awam. Banyak pengguna facebook yang “belum” terpapar kejamnya dunia online membuat mereka menjadi sasaran empuk oleh para scammer tadi.

Selain itu, mudahnya mendaftarkan akun Facebook baru juga menjadi salah satu faktor. Banyak penjahat yang memanfaatkan kemudahan ini untuk melakukan tindakan penipuan dengan menggunakan identitas palsu.

Untuk mengurangi terjadinya tindakan kejahatan, Facebook sendiri menambahkan fitur “report” atau “laporkan”, agar pengguna bisa melaporkan orang akun pengguna lainnya.

Tujuannya ya itu tadi, jika ada akun yang melakukan pelanggaran, atau melakukan tindak kejahatan, kita bisa langsung melaporkannya ke Facebook.

Facebook akan meninjau setiap laporan yang masuk, jika terbukti melakukan pelanggaran, akun yang dilaporkan bisa ditutup atau dibanned permanen oleh Facebook.

Sebagai pengguna yang baik, kita perlu tau, akun apa saja yang sebaiknya dilaporkan, dan bagaimana proses melaporkan akun tsbt.

Tipe Akun yang pantas untuk di report

Disini kita tidak akan bahas semuanya, karena akan terlampau banyak. Secara garis besar, kalian harus paham, bahwa facebook ingin kalian betah di platform mereka. Sehingga segala bentuk “tindakan” yang membuat kalian tidak nyaman, biasanya bisa dilaporkan.

Beberapa diantaranya seperti, bullying, spamming, kata-kata kotor, p*rnografi, SARA, dll. Hal-hal yang membuat kita tidak nyaman ini, SEMUANYA bisa dilaporkan.

Jadi kalau kita harus buat listnya, kira-kira akun-akun berikut ini patut untuk dilaporkan.

  1. Akun palsu dan ada indikasi penggunaannya untuk penipuan, ataupun mungkin SPAMMING.
  2. Akun jualan, banyak orang yang jualan tidak pada tempatnya, hal ini selain mengganggu kenyamanan pengguna lain, ternyata juga melanggar ToS Facebook.
  3. Akun yang di bajak. Biasanya akun yang dibajak akan dipakai untuk menyebarkan HOAX, P”RNOGRAFI, dll. Jadi jika ada akun teman yang kena bajak, sebaiknya langsung laporkan.
  4. Dll.

Melaporkan akun Facebook melalui aplikasi Facebook biasa

Disini kita akan ambil contoh akun palsu. Kita akan melaporkan akun tsbt dengan alasan akun palsu.

Sebaiknya ketika kalian melaporkan akun lain, gunakan alasan yang sesuai, agar pihak support Facebook bisa mudah mem-verifikasi laporan kalian, dan menindaklanjuti akun tsbt.

Berikut caranya.

1. Buka aplikasi facebook yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah berada dihalaman beranda facebook, silahkan masuk ke profil akun yang akan di report.
3. Setelah berada dihalaman profil akun palsu tsbt, silahkan klik “ikon titik tiga” yang ada di samping icon messenger, seperti pada gambar dibawah.

klik icon titik tiga
klik icon titik tiga

4. Setelah itu pilih “Cari dukungan atau laporkan profil”.

cari dukungan atau laporkan profil

5. Jika sudah, maka akan muncul kotak berisi pilihan masalah. Disini pilih saja “akun palsu”. Setelah itu klik saja selanjutnya.

klik akun palsu dan selanjutnya

6. Jika sudah, kalian akan dibawa ke langkah selanjutnya, disini kalian pilih “Laporkan profil”, lalu tap tombol “Selesai”. Jika ada notifikasi terkait covid, pilih “Teruskan saja”.

7. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman konfirmasi laporan. Disini kalian beri centang pada kolom konfirmasi. Setelah itu, tap “Laporkan”.

centang dan laporkan

8. Selesai. Sampai disini proses pelaporan sudah selesai. Kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah ini. Tap “selanjutnya”

klik selanjutnya

Akan muncul pilihan langkah tambahan yang bisa kalian ambil selagi akun ditinjau oleh facebook. Jadi kalian bisa pilih, untuk mem-blokir akun, atau tap “Selesai” untuk tidak mengambil langkah tambahan apapun.

klik selesai

Melaporkan akun facebook melalui Facebook Lite

Disini kita akan melaporkan akun Facebook dengan nama palsu. Mungkin tidak banyak yang tau, tapi nama yang dipakai di facebook haruslah nama asli.

Hal ini dibahas detail di laman https://www.facebook.com/help/112146705538576. Jadi nama palsu, bisa dilaporkan, apalagi kalau nama yang dibuat tidak senonoh, tidak pantas, atau malah menjelek-jelekkan agama lain atau menyinggung perkara SARA.

Untuk melaporkan nama palsu di Facebook Lite, simak bahasan dibawah ini.

1. Buka aplikasi Facebook Lite di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah berada di halaman beranda. Silahkan masuk kehalaman profil facebook yang ingin kalian laporkan.

beranda fb lite

3. Setelah berada di halaman profil, tap “ikon titik tiga” yang ada di bawah nama profil. Setelah itu pilih menu “Cari dukungan atau laporkan profil”.

Admin: Disini penulis sepertinya mengambil contoh random. Aku sendiri tidak menyarankan melaporkan nama akun kalau pengguna tidak buat salah. Jadi kalau nama yang dia pakai buat masalah, barulah pantas dilaporkan. Contoh gampangnya, ada yang nama akunnya menjelekkan agama lain, dstnya.

4. Setelah itu kalian akan di bawa kehalaman pemilihan masalah. Laporkan keluhan kalian, disini saya pilih “Nama palsu”. Lalu tap “Selanjutnya”.

pilih nama palsu dan klik selanjutnya

5. Setelah itu kalian akan dibawa kelangkah selanjutnya, disini pilih saja “Selesai”.

klik selesai

Melaporkan akun facebook melalui Komputer PC

Selanjutnya disini kita akan melaporkan pengguna yang berpura-pura menjadi orang lain. Misalnya kalian tidak sengaja liat, ada akun baru seperti akun teman kalin, ternyata bukan. Dia pakainya foto facebook teman kalian, tapi identitasnya beda. Dst.

Berikut cara melaporkannya.

1. Masuk keakun facebook kalian masing-masing.
2. Setelah berada dihalaman beranda facebook kalian. Silahkan cari akun yang ingin kalian report.
3. Setelah berada dihalaman profil akun yang ingin kalian report. Silahkan klik icon titik tiga yang ada di pojok halaman.

klik icon titik tiga

4. Setelah itu akan muncul halaman kecil dengan dua pilihan menu. Kalian pilih saja menu “Cari dukungan atau laporkan”.

klik cari dukungan atau laporkan

5. Jika sudah kalian akan di bawa ke halaman baru dengan beberapa pilihan keluhan. Disini silahkan kalian klik saja “pura-pura menjadi orang lain”, setelah itu muncul pertanyaan “Dia menyamar sebagai siapa?” Disini saya pilih “teman“. Jawab sesuai dengan kenyataan ya.

klik pura-pura menjadi orang lain dan klik teman

6. Setelah itu, akan muncul halaman baru yang meminta kita memilih teman yang ditiru oleh akun sebelumnya tadi. Jika sudah dipilih, tap saja selesai.

Admin: Itulah kenapa kita tidak boleh sembarang isi atau melaporkan pengguna lain. Pastikan bahwa alasannya jelas, sehingga facebook bisa memproses hal ini dengan cepat.

pilih teman yang mirip dan klik selanjutnya

7. Setelah itu kalian akan di bawa kehalaman konfirmasi terakhir. Nah disini langsung aja klik “Selesai”.

klik selesai

Pada dasarnya melaporkan pengguna dari komputer atau dari ponsel, sama saja. Yang berbeda hanya tampilan facebooknya.


Kalian bisa mereport akun facebook sesuai dengan keluhan yang kalian rasakan.

Untuk mempercepat proses pemblokiran dari pihak facebook kalian bisa meminta teman kalian utnuk mereport juga. Semakin banyak yang melaporkan, semakin baik. Ibaratnya kalau orang unjuk rasa, kalau rame lebih cepat didengar.


Sekian pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah.

This Post Has 4 Comments

  1. ariestawijaya

    akun facebook aq di bajak

  2. Yatni

    Tolong donk bang.bantu aq balik in account ku.entah buat apa tuh ama si pembajak.aq bisa melihat notification nya banyak bangetttt.takut buat d salah gunakan nich bang.please dech pusing aq

    1. yudha

      lihat notifikasinya dimana mba?

Tinggalkan Balasan