Cara mengetahui “Terakhir dilihat” WhatsApp yang disembunyikan

Belum lama ini, sekitar Juni 2022, Whatsapp meluncurkan fitur menyembunyikan last seen. Yang mana, ketika fitur ini diaktifkan, maka waktu terakhir online maupun status online WA seorang pengguna menjadi tidak terlihat.

Fitur menyembunyikan last seen ini sangat bagus. Privasi pengguna terjaga sekaligus tidak perlu merasa “dikejar-kejar” untuk membalas pesan secepatnya saat selesai membaca pesan.

Meskipun bagus, fitur ngumpet ini bisa jadi fitur yang menjengkelkan, terutama ketika kita ingin mendapat respon cepat dari lawan chat. Jika berada dalam situasi ini, kamu mungkin bertanya-tanya: apakah lawan chat-mu sedang memakai fitur ngumpet ini atau benar-benar sedang tidak online WA?

Jangan khawatir, kamu bisa memeriksa status online pengguna WA yang mengaktifkan fitur menyembunyikan last seen ini berbekal bantuan aplikasi pihak ketiga, yakni: WAStat. Usai dipasang di ponsel kita, aplikasi ini bisa mengetahui aktivitas online dan offline seorang pengguna Whatsapp yang menyembunyikan last seen-nya dengan cara memasukkan nomor target saja.

Kamu mau tahu caranya? Yuk, simak langkah demi langkahnya berikut ini.

Cara melihat last seen WA orang lain yang disembunyikan

Disini kita perlu aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi sejenis, tapi disini kita akan gunakan “WAStats – WhatsApp tracker”, karena rating dan jumlah downloadnya tergolong yang terbaik diantara aplikasi sejenis.

Perkiraan waktu dibutuhkan 5 menit

  1. Install aplikasi “WAStat – WhatsApp tracker” dari playstore

    Kamu bisa cari di playstore, atau masuk ke link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.peanutbutter.wastat&hl=en&gl=US langsung

  2. Setelah terpasang, silahkan buka aplikasi-nya.

    Pada awal pertama membuka aplikasi, kita perlu memberi izin beberapa hal – seperti Permissions Request, izin akses, dan kebijakan privasi.

  3. Muncul popup “Permission request”, tap “Continue”

    Cara mengetahui "Terakhir dilihat" WhatsApp yang disembunyikan 1

    Disini dijelaskan bahwa aplikasi membutuhkan akses izin tertentu supaya bisa berfungsi dengan benar. Jadi tekan “Continue” untuk lanjut ke proses pemberian izin.

  4. Selanjutnya akan muncul permintaan izin akses media penyimpanan, tap “Izinkan”.

    Cara mengetahui "Terakhir dilihat" WhatsApp yang disembunyikan 3

    Permintaan izin ke storage merupakan permintaan yang lazim, namun perlu diingat bahwa resiko selalu ada, jadi sebisa mungkin jika aplikasi sudah tidak lagi digunakan, uninstall atau lepaskan izin aksesnya.

  5. Selanjutnya terkait privacy policy, silahkan baca dan tap “Agree”

    Cara mengetahui "Terakhir dilihat" WhatsApp yang disembunyikan 5

    Tidak banyak yang bisa dilakukan disini, suka tidak suka, kita harus “Agree” atau “Menyetujui” aturan yang mereka berlakukan, karena kalau tidak, kita tidak bisa pergunakan aplikasinya.

  6. Setelah masuk ke halaman utama, tap ikon “Tambah Orang”

    Cara mengetahui "Terakhir dilihat" WhatsApp yang disembunyikan 7

    Kita perlu menambahkan orang yang ingin di tracking.

  7. Masukkan nomor HP, beri nama dan tap “OK”

    Cara mengetahui "Terakhir dilihat" WhatsApp yang disembunyikan 9

    Kamu bisa memasukkan nama dan nomor telpon, atau bisa memilih dari kontak dengan tap menu “SELECT FROM CONTACTS”. Intinya disini kita memasukkan data nomor telepon WhatsApp yang akan di track.

  8. Disini akan terlihat status target. Entah itu offline ataupun online.

    Cara mengetahui "Terakhir dilihat" WhatsApp yang disembunyikan 11

    Dicontoh ini terlihat bahwa target sedang offline.

  9. Setelah beberapa waktu, tap di bagian “nama” tsbt untuk melihat detail lebih dalam.

    Cara mengetahui "Terakhir dilihat" WhatsApp yang disembunyikan 13

    Kamu perlu menunggu beberapa waktu hingga ada data kapan orang tsbt online ataupun offline.

  10. Terlihat detail kapan saja orang tsbt terakhir online

    Cara mengetahui "Terakhir dilihat" WhatsApp yang disembunyikan 15

    Disini kamu bisa lihat bahwa di hari ini nomor tsbt sudah online 4 kali dijam 00:55, 01:42, 05:29, dan 05:59.

Kekurangan WAStat dan aplikasi sejenis

Ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Ini termasuk cara melihat last seen WA orang lain yang disembunyikan. Adapun kekurangannya, antara lain:

  1. WAStat (dan aplikasi sejenisnya) bukanlah aplikasi gratis. Jenis aplikasi ini berbayar dan masa uji coba-nya cukup singkat, hanya satu hari bahkan ada yang kurang dari itu. Selama dalam masa uji coba (trial), kamu tidak perlu membayar, tapi setelah itu kamu akan diminta membayar.
  2. Nomor yang bisa kita tracking terbatas. Tiap aplikasi punya jenis pembayaran tersendiri, jadi ada yang bayar pernomor ada yang sekali pembayaran sudah untuk beberapa nomor. Jadi mau aplikasi manapun, semuanya terbatas.
  3. WhatsApp yang bisa di-tracking WAStat adalah WhatsApp original. Jadi, jika lawan chat kita memakai Whatsapp mod atau aplikasi pembuka pesan WA (semisal, Offline Chat Last Seen, dan sejenisnya), maka kita tidak bisa men-tracking dengan cara ini.

Kesimpulannya, jika kamu mau coba cari tahu aktivitas online pengguna WA yang menyembunyikan last seen-nya, sebaiknya gunakan untuk orang-orang terdekat saja.

Oke, itu saja yang bisa kami sampaikan terkait cara melihat last seen pengguna WA lain yang disembunyikan. Semoga cara yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kamu semua. Akhir kata, jika kamu ada pertanyaan tentang topik artikel ini, silakan sampaikan di kolom komentar. Terimakasih, dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.