Cara melihat Trending Topik twitter berdasarkan lokasi

Twitter merupakan salah satu sosial media yang masih cukup populer diseluruh dunia. Di twitter, ada yang namanya fitur hashtag atau tagar. Tagar biasanya digunakan dalam tweet, sebagai penanda sebuah tweet tersebut sedang membahas tentang apa.

Hashtag ini nanti akan dihitung oleh system twitter dengan formulasi mereka, dari sana, mereka bisa menyimpulkan jika sebuah topik itu sedang trend atau tidak. Mereka juga bisa mengetahui dimana saja topik tersebut sedang trend-nya.

Trending topik ini merupakan fitur yang bisa dibilang penting untuk yang suka kepo-in berita dan tipe-tipe orang yang tidak ingin ketinggalan berita terbaru saat ini.

Biasanya jika kamu orang indonesia, fitur trending topik ini hanya akan menampilkan topik yang sedang tren di indonesia saja. Padahal mungkin kita sedang penasaran sama topik di negeri tetangga (malaysia misalnya), atau mungkin penasaran dengan apa yang sedang diperbincangkan orang-orang diseluruh dunia.

Ditulisan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara melihat trending topik berdasarkan lokasi, baik itu di kota tertentu, dinegara tertentu ataupun wordwide (seluruh dunia).

Cara cek trending topik dunia (atau negara tertentu) di twitter

Untuk mengubah trending topik di twitter, kalian bisa melakukannya di pengaturan, baik melalui browser ataupun aplikasi twitter it sendiri. Disini saya akan menggunakan browser chrome, karena lebih mudah aja prosesnya menurut saya.

1. Masuk ke beranda atau laman awal twitter kalian. Disini kalian tap “ikon bintang” di pojok kanan atas, seperti gambar dibawah ini.

klik icon bintang pojok kanan atas

2. Setelah itu akan muncul halaman kecil dari bawah layar ponsel berisi beberapa menu seperti dibawah ini. Disini kalian tap saja menu “Lihat preferensi konten“.

klik lihat prferensi konten

3. Setelah kalian tap “Lihat preferensi konten” tadi, akan muncul menu setting tambahan seperti dibawah ini. Pilih menu “Tren” .

pilih menu trend

4. Untuk menu defaultnya, dibagian trend akan ada tanda centangnya seperti dibawah ini. Nah di sini kalian hilangkan ceklisnya dengan menekan tanda tsbt..

hilangkan ceklisnya
hilangkan ceklisnya

5. Setelah hilang ceklisnya, akan muncul beberapa menu baru seperti dibawah ini. Menu baru ini adalah menu “Ubah lokasi”. Kalian bisa mengatur lokasi yang kalian mau disini. Untuk mengubah lokasi trending topiknya, tap menu tsbt.

6. Seteah itu kalian akan dibawa ke halaman pencarian lokasi seperti dibawah ini. Tap dibagian “Cari lokasi”, lalu ketikkan nama daerah/kota/negara yang kalian mau kalian ketahui trendingnya. Disini saya contohkan jepang.

7. Setelah kalian isikan nama daerahnya, maka kalian akan secara otomatis dibawah kehalaman sebelumnya, kalian bisa lihat dibagian bawah menu “Ubah lokasi”, sudah berubah dari “wordwide” menjadi “lokasi yang dipilih” tadi.

lokasi yang di tuju

8. Jika sudah, kalian balik lagi keberanda masing-masing, lalu tap saja bagian pencarian/search yang ada di bar atas. Setelah itu akan muncul “trending topik” dilokasi yang kalian pilih tadi.

Jika kalian pakai laptop, biasanya trending topik akan langsung kelihatan dibagian kanan (sidebar) twitter kalian langsung dari beranda.

Sampai disini kalain sudah berhasil mengubah lokasi dan bisa mengecek trending topik dilokasi tersebut. Jika kalian ingin men-cek lokasi lain, tinggal ikuti langkah-langkah diatas untuk mengubah lagi lokasinya.


Fitur mengubah trending twitter ini bisa memudahkan kalian semua untuk mencari postingan yang sedang trending di suatu “daerah”. Berikut ini tampak contoh trending topik dunia, daerah, dan setting default trending sebelum diubah tadi.

Dengan begini, kalian bisa saja mencari trending topik sesuai selera. Jika lagi ingin diskusi dengan anak-anak twitter dari daerah kalian, kalian bisa set trending nya dari daerah kalian saja.


Sekian pembahasan kali ini tentang cara melihat trending topik twitter berdasarkan lokasi, semoga bisa membantu kalian yang baca tulisan ini.

Sekian dari saya.

Terima kasih.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan