Cara melihat viewer video instagram kita

Instagram menjadi tempat bagi penggunanya untuk membagikan kontennya berupa foto maupun video. Dengan konten yang bagus, tentunya makin banyak orang yang mengikuti kamu di instagram. Namun terkadang, kamu tak dapat mengetahui, bagaimana sih konten yang bagus? Atau seperti apa sih, konten yang memiliki banyak peminat atau penonton?

Banyak video di instagram yang sekedar mampir di explore-mu. Beberapa diantaranya mungkin banyak orang sukai sehingga menjadi postingan yang cukup populer. Sehingga banyaknya peminat bisa kamu lihat dari jumlah likers dan viewers-nya.

Terkadang kamu mungkin merasa penasaran, apakah banyak yang sudah melihat video yang sudah pernah kamu upload? Berapa banyak orang sih yang sudah menyukai dan melihat videomu di instagram? Atau siapa saja sih, orang atau pengguna instagram yang sudah melihat tayangan videomu di instagram?

Apakah instagram akan menunjukkan siapa saja penonton videomu?

Instagram pada dasarnya sudah melakukan transparansi terkait jumlah viewers video yang telah kamu upload di instagram. Begitu pula dengan video orang lain, kamu dapat dengan bebas melihat total jumlah penonton videonya.

Akan tetapi, instagram tidak akan secara gamblang menyebutkan siapa-siapa saja yang telah menonton videomu.

Walaupun begitu, instagram tetap mengijinkan kamu untuk dapat melihat siapa saja likers-nya. Sehingga penonton yang “pasif” (tidak memberikan like maupun komentar) tidak akan kamu ketahui.

Instagram akan menghitung satu view, jika video telah ditonton paling tidak selama 3 detik. Jadi jika kamu melewatkan videonya, itu tidak akan terhitung dalam jumlah tayangan. Perhitungan tadi tidak termasuk loop video (video yang berulang dalam sekali buka).

Oh iya, perlu dicatat juga bahwa video yang diupload sebelum 19 November 2015 tidak dapat diketahui jumlah tayangannya.

Apakah ada cara lain untuk melihat viewers video di instagram?

Saat ini, mungkin belum ada aplikasi untuk melihat siapa saja yang telah menonton video kita di instagram. Jika ada pun, kamu perlu berhati-hati jika aplikasi tersebut memintamu untuk memasukkan alamat email dan password instagram-mu. Karena tidak ada jaminan 100 persen aman ketika kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga tersebut.

Tak mau kan, kalau sewaktu-waktu akun instagrammu beserta data-data di dalamnya mengalami masalah? Maka dari itu, akan lebih baik jika kita bijak menggunakan fasilitas yang disediakan. Toh, apa sih tujuan kamu mengetahui siapa saja penonton videomu di instagram?

Admin: Aku liat ada aplikasi yang bisa memperlihatkan siapa saja penonton sebuah video di instagram, tapi jujur, aku sendiri tidak yakin kalau ini aplikasi legit, apakah nama yang ditampilkan memang benar real si penonton? bukan sekedar nama pengguna instagram yang di pull lalu di randomize dan dibilang ini adalah penontonnya. Belum lagi kalau jumlah tayangan video kamu itu 50K, apa mungkin kamu mau liat 50.000 nama ? bagaimana kalau video populer yang punya tayangan 1M, mungkin kah kamu mau cek satu-satu siapa aja yang melihat video tersebut, apakah kamu mau cari nama-nama yang kamu kenal dari satu juta orang yang menonton? Ini kenapa aku ga yakin ada aplikasi yang benar-benar memberikan data yang real dan benar tentang hal ini.

Seberapa pentingkah mengetahui penonton videomu di instagram?

Mungkin ada beberapa alasan mengapa kamu harus mengetahui penonton videomu di instagram. Bisa jadi kamu memerlukannya untuk mengembangkan akunmu supaya lebih baik lagi, dan lebih banyak followers lagi. Atau kemungkinan kedua, bisa jadi kamu hanya sekedar kepo atau ingin tahu saja.

Admin: Seperti yang aku udah mention sebelumnya, untuk dapetin view 5K di instagram biasanya tidak lah sulit. Itu artinya ada 5000 orang yang menonton, artinya ada 5000 nama pengguna yang perlu kamu cek satu-satu. Aku ga liat ada manfaatnya mengetahui hal ini. 😛

Jika kamu ingin melihat viewers videomu di instagram untuk mengembangkan akunmu, kamu masih dapat menggunakan cara yang memang sudah disediakan oleh instagram sendiri, yaitu dengan melihat total tayangan. Namun jika kamu hanya sekedar ingin tahu saja, ya tidak ada cara lain selain melihat daftar likers dan jumlah viewers-nya saja, serta total tayangan.

Cara mengetahui yang menonton (sekaligus menyukai) video milikmu di instagram

Instagram pada dasarnya sudah menyediakan fitur untuk kamu bisa mengetahui berapa jumlah likers dan viewers dari video yang kamu publikasikan di instagram. Sehingga kamu tak perlu lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga hanya untuk dapat mengetahui siapa saja viewers dari video yang telah kamu upload di instagram. Langsung saja, untuk langkah-langkah melihat viewers videomu di instagram, kamu dapat melihat penjelasan berikut ini.

1. Pertama, temukan dulu target video yang ingin kamu ketahui viewers-nya. Kamu dapat melihatnya melalui halaman profilmu.

buka halaman profilmu sendiri

2. Lihatlah video yang telah kamu upload. Akan terlihat jumlah viewers dari video yang telah kamu bagikan itu tadi.Tap jumlah viewersnya.

buka videonya, tap jumlah viewers

3. Akan ditampilkan jumlah viewers dan siapa-siapa saja yang menyukai postingan kamu tadi. Tentunya, jika pengguna tersebut sudah menekan tanda love atau double tap pada postinganmu, pengguna tersebut pasti sudah menonton videomu.

orang yang melihat dan menyukai video akan terlihat

Meskipun instagram secara transparan memberi tahu berapa jumlah viewers videomu di instagram, akan tetapi instagram tak memberi tahu secara pasti siapa saja yang melihat videomu saja tanpa menyukai postinganmu. Instagram pada dasarnya hanya memberi tahu berapa banyak viewers dan likers video milikmu.

Cara mengetahui yang menonton (sekaligus menyukai) video orang lain di instagram

Selain dapat mengetahui jumlah viewers pada konten yang telah kamu upload sendiri, kamu juga dapat melihat jumlah viewers dan likers pada video pengguna lain. Pada dasarnya, kamu dapat mengetahuinya sama halnya dengan cara melihat viewers videomu sendiri di instagram. Untuk lebih jelasnya, mari simak langkah-langkah berikut.

  1. Temukan target video yang ingin kamu ketahui viewersnya. Entah itu kamu temukan di timeline, di explore, maupun pada halaman profil pengguna tersebut, yang pasti tentukan dulu target videonya. Disini aku contohkan untuk melihat penonton video milik akun dagelan. Buka target videonya.

buka profil yang mengupload video

2. Pada video tersebut akan terlihat jumlah viewers-nya. Silahkan tap jumlah viewers-nya untuk mengetahui siapa-siapa saja penonton video tersebut.

buka target video, tap pada jumlah viewers

3. Akan terlihat deh, siapa saja yang menonton sekaligus menyukai video tersebut. Teman-teman kamu akan menjadi urutan teratas dalam daftar ini.

orang yang melihat dan menyukai video tersebut akan terlihat


Demikianlah itu tadi informasi mengenai cara-cara melihat penonton video di instagram. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terutama para instagramers. Pastikan untuk update informasi menarik lainnya di Bukugue dot com ya.

Selamat mencoba dan sampai jumpa lagi!

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan