Cara mematikan notifikasi Instagram untuk sementara waktu

Media sosial di Indonesia sudah mulai meracuni dan berdampak negatif ke kehidupan sehari-hari kita (terutama buat penggila sosmed). Ada warganet yang bermain sosmed tidak hanya di waktu luang bahkan saat mereka sedang bekerja. Memang tidak semua orang seperti ini, tapi kalau hal ini sudah terjadi di diri pribadi, maka kita patut waspada.

Ingat kata orang tua jaman dulu, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Dari sekian banyak sosmed yang ada di dunia ini, Instagram masih menjadi salah satu primadona di Indonesia. Banyak hal yang bisa di lakukan di Instagram, apalagi kita yang suka kepo dengan orang lain pasti akan betah di Instagram.

Meskipun banyak kegunaannya, Instagram bisa menjadi “musibah” saat kita menggunakannya di jam kerja, di jam sekolah, di jam ibadah dan di jam-jam penting lainnya. Notifikasi Instagram yang masuk seolah-olah “wajib” kita baca semua. Kalau sudah begini, dari sekian banyak notif yang masuk, pasti ada yang membuat kita penasaran dan “terpaksa” harus buka instagram. .

Itu kenapa akan sangat bahaya jika ada notif yang muncul saat kita dalam keadaan “penting”. Bisa menggangu konsentrasi dan menimbulkan rasa “gatal” dipikiran kita.

Disini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Cara “mematikan sementara” semua notifikasi di Instagram

Untuk mematikan notifikasi Instagram tidaklah sulit. Yang sulit itu “menahan” diri dari melihat notifikasi. Jadi ya solusinya, kurangin (hilangkan) notifikasi yang muncul di jam-jam penting tersebut.

Cara dibawah yang akan saya ulas adalah cara yang sederhana namun mungkin jarang di ketahui orang, karena mungkin malas untuk mencari tau lebih lanjut tentang fitur-fitur Instagram (fitur di instagram itu ada banyak banget soalnya). Ok langsung aja ke tutorialnya.

1. Buka aplikasi Instagram kalian masing-masing, setelah itu kalian berada di beranda Instagram kalian. Masuk ke menu profil Instagram dengan men-tap “icon profil” yang ada di pojok kanan bawah.

masuk ke menu profil

2. Setelah kalian berada di halaman profil kalian. kalian tap “opsi garis tiga” yang ada di pojok kanan atas.

masuk ke opsi setting

3. Akan muncul halaman kecil di samping kanan berisi beberapa menu seperti dibawah ini. Disini pilih menu “setting” atau “pengaturan”.

masuk ke pengaturan

4. Setelah kalian masuk ke laman “pengaturan”, akan muncul banyak pilihan menu baru seperti dibawah ini. Disini pilih menu “notifikasi” yang bergambar lonceng.

pilih menu notifikasi

5. Setelah kalian masuk ke menu notifikasi, maka akan banyak pilihan yang bisa kalian gunakan. Nah di sini klik saja tombol jedanya untuk mengaktifkanya.

aktifkan fitur jeda semua

6. Setelah kalian mengklik tombol “jeda semua” akan muncul pop-up berisi beberapa pilihan. Disini kalian diberi pilihan berapa lama kalian akan mematikan notifikasi. ada pilihan mulai dari 15 menit hingga 8 jam, kalian tinggal pilih dan tap saja “waktu istirahat dari notifikasi” yang kalian inginkan.

pilih berapa menit kalian mau nonaktifkan

7. Setelah kalian memilih timernya. maka di bagian tombol tadi akan aktif dan berwarna biru, yang menandakan bahwa fitur “jeda semua notifikasi” sudah aktif.

icon sudah aktif berwarna biru

Jika sudah habis masa waktunya maka akan fitur ini akan otomatis mati, dan kalian akan mendapatkan lagi notifikasi dari Instagram kalian. Disini fungsi dari fitur tsbt adalah menunda dan memberi jeda dimana kalian tidak menerima notifkasi sama sekali.

Untuk settingan waktunya yang paling lama adalah 8 jam, artinya jika kalian pekerja kantoran, kalian bisa aktifin fitur ini sebelum mulai kerja dan kalian akan otomatis menerima notif lagi setelah pulang kerja, mengingat jam kerja rata-rata adalah 8 jam.

Kalian tidak perlu khawatir lagi jika disaat meeting akan terganggu oleh notifikasi Instagram yang selalu dan memancing kita untuk menghabiskan waktu di instagram.


Berlama-lama di dunia maya apalagi di sosial media, memang mengasyikkan, tetapi jika hingga sampai lupa waktu, ini sudah tidak baik (kecuali kerjaan kalian memang berkaitan dengan sosial media :-P)

Sekian pembahasan kali ini, jika ada yang ingin ditambahkan, silahkan komentar dibawah ini.

Share woy :D

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan