Cara Mematikan Notifikasi Marketplace Facebook

Marketplace Facebook bisa diibaratkan sebagai “pasar online”. Dimana kita sebagai pengguna bebas menawarkan produk atau jasa, ataupun mencari dan membeli produk dan jasa yang ditawarkan pengguna lain.

Semua pengguna, tanpa batasan, bisa menjadi penjual, pembeli, ataupun keduanya.

Semakin banyak interaksi kamu dimarketplace, biasanya akan menyebabkan bertambahnya jumlah notifikasi dari marketplace, notifikasi terkait pesan, penawaran, ataupun rekomendasi produk.

Nah buat yang lagi butuh, biasanya notifikasi ini sangat membantu. Namun jika kita sudah tidak butuh lagi, misalnya karena sudah dapat barangnya dari belanja online di shopee atau toped, notifikasi dari marketplace facebook akan terasa mengganggu.

Notifikasi ini bisa dimatikan dengan mudah sebenarnya, tapi pengaturannya agak “tersembunyi”, jadi banyak pengguna yang tidak tau.

Mematikan seluruh notifikasi Marketplace di Facebook

Kamu bisa mematikan SELURUH notifikasi marketplace sekaligus langsung melalui metode yang dijelaskan dilaman https://bukugue.com/cara-menonaktifkan-notifikasi-facebook/. Tinggal baca bagian “Mematikan notifikasi Facebook berdasarkan kategori”, dan matikan kategori “Marketplace”.

Kira-kira seperti ini langkah-langkahnya.

1. Buka menu “Pengaturan”.
2. Masuk ke menu “Notifikasi”.

Cara Mematikan Notifikasi Marketplace Facebook 1

3. Dihalaman “Pengaturan Notifikasi” ini. Gulir kebawah dan cari menu “Marketplace”

Cara Mematikan Notifikasi Marketplace Facebook 3

4. Setelah itu matikan opsi di sebelah “Push”, “Email”, dan “SMS”. Jika kamu merasa benar-benar terganggu, kamu bisa matikan juga di “Izinkan notifikasi di Facebook”

Cara Mematikan Notifikasi Marketplace Facebook 5

5. Selesai.

Mematikan sebagian notifikasi Marketplace Facebook

Ada beberapa sub kategori untuk notifikias marketplace ini. Ada pengaturan khusus terkait penjual dan terkait pembeli. Jadi kamu bisa matikan berdasarkan sub kategori yang kamu tidak butuhkan saja.

Misalnya disini aku akan mematikan notifikasi “Pesan dari penjual”. Berikut langkah-langkahnya.

Baca juga :  Cara Membuat Pertanyaan Saat Masuk di Grup Facebook

1. Tap ikon “garis tiga” di pojok kanan atas.
2. Pilih menu “Marketplace”.

Pilih dan klik "marketplace"

3. Di Marketplace. tap ikon “orang” disebelah ikon pencarian.

Pilih dan klik "logo profil"

4. Disini akan muncul banyak pilihan menu, gulir kebawah dan tap “Pengaturan”.

Pilih dan klik "pengaturan"

5. Pilih “Kelola notifikasi”.

Pilih dan klik "kelola notifikasi"

6. Disini ada beberapa pilihan pengaturan notifikasi. Ada pengaturan notifikasi “Beli” dan “Jual”. Untuk yang “Beli” itu terkait notifikasi jika kamu seorang pembeli, dan “Jual” jika kamu seorang penjual. Kamu bisa memilih untuk menonaktifkan semuanya jika mau, atau hanya yang terkait denganmu saja. Pilih salah satu pengaturan notifikasinya. Misalnya disini kamu pilih menu “Pesan dari Penjual”.

Cara Mematikan Notifikasi Marketplace Facebook 11

7. Disini kamu bisa menonaktifkan pesan dari penjual dengan menonaktifkan tombol navigasi berwarna biru tsbt.

8. Setelah itu kembali kelaman sebelumnya, pilih menu “pembaruan”, matikan semua tombol birunya. Kembali lagi kelaman ini, pilih menu “tersimpan”, matikan semua tombol birunya, dstnya.

Cara Mematikan Notifikasi Marketplace Facebook 11

9. Selesai.

Simpel kan ya?

Jika kita ingin semua notifikasinya mati, kita bisa atur langsung dengan metode pertama. Namun jika kita hanya perlu “sebagian” saja yang mati, maka perlu luangkan waktu dan baca satu persatu setiap pengaturan yang tersedia. \

Misalnya untuk pengaturan notifikasi “Direkomendasikan untuk Anda”, ada banyak pengaturan lanjutannya. Beberapa mungkin cukup penting untuk kamu, sehingga tidak perlu dimatikan semua.

Jika kamu sudah terlanjur mematikan semua notifikasi, kamu bisa dengan mudah balik kehalaman “kelola notifikasi” marketplace tadi, dan aktifkan tombol birunya dipengaturan yang kamu butuhkan.


Mungkin sampai disini dulu bahasan terkait menonaktifkan notifikasi di marketplace Facebook. Semoga berhasil mencoba cara diatas dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.