Cara menonaktifkan notifikasi facebook

Suka facebook-an adalah hal yang wajar. Mungkin kalian adalah orang yang suka menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari mantengin facebook, tapi disaat tertentu kalian pasti ada waktu untuk kegiatan lain. Misalnya pekerjaan atau kegiatan lainnya yang memang harus “bebas” dari facebook.

Pastinya kalian akan sangat terganggu, jika saat lagi fokus dengan hal tertentu, tiba-tiba HP kalian rame dapat notifikasi dari facebook.

Nah, disini saya akan bahas bagaimana caranya menonaktifkan notifikasi atau pemberitahuan dari facebook ini secara lengkap.

Tapi sebelum kita masuk ke tutorialnya, saya perlu mengklarifikasikan beberapa hal disini mengenai “notifikasi” ini.

Ada 3 tipe notifikasi di facebook, notifikasi push (dari aplikasi), notifikasi ke email, dan notifikasi ke SMS. Tergantung setting awal kalian, kalian bisa saja menerima notifikasi ke email atau bisa saja hanya notifikasi push (dari aplikasi facebook itu sendiri).

Sedangkan Isi notifikasi, itu ada 14 jenisnya. Kalian bisa dapat notifikasi berupa komentar, saran pertemanan, pemberitahuan ulang tahun, notifikasi grup, dll. Dan ini semuanya bisa disetting secara terpisah apakah ingin dimatikan semua, atau cuma salah satu aja. Misalnya kalian hanya butuh notifikasi ulang tahun dan marketplace saja, sisanya bisa kalian matikan.

Jadi disini kalian bisa setting berdasarkan tipe notifikasi dan isi notifikasinya. Saya harap sampai disini sudah dipahami ya.

Ok langsung saja simak caranya.

Cara mematikan “notifikasi mengganggu” dari facebook

Perlu diperhatikan, cara dibawah ini bisa dilakukan diaplikasi facebook ataupun browser, tapi disini saya sendiri pakai aplikasi facebook reguler. Untuk facebook lite, menunya hampir sama, jadi bisa menyesuaikan mengikuti contoh yang ada.

1. Buka aplikasi facebook kalian masing-masing, lalu tap “opsi garis tiga” yang ada di pojok kanan atas untuk memunculkan menu.

masuk opsi garis tiga

2. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman menu seperti dibawah ini. Disini kalian cari bagian “pengaturan dan privasi”. Tap bagian tersebut untuk memunculkan menu dropdown yang ada dibawahnya.

masuk opsi pengaturan dan privasi

3. Dimenu baru yang muncul, kalian pilih menu “setting” atau “pengaturan”.

masuk menu pengaturan

4. Setelah itu kalian akan dibawa kelaman “pengaturan” seperti dibawah ini. Disini kalian geser (scroll) kebawah hingga kalian ketemu bagian “Notifikasi”. Dibagian notifikasi ini ada tiga menu. Pilih menu “Pengaturan notifikasi”.

geser kebawah hingga ketemu "notifikasi"

5.. Sampai dititik ini, kalian sudah masuk kelaman “pengaturan notifikasi” seperti dibawah ini.

Dilaman inilah kalian bisa mengatur semua yang saya sebutkan diatas sebelumnya. Nah disini agak sedikit rumit karena ada banyak pilihannya. Jadi saya akan bagi kebeberapa fungsi/pembahasan dibawah ini agar mudah dipahami.

a. Mematikan seluruh notifikasi untuk sementara (hingga 8 jam)

Untuk mematikan seluruh notifikasi sementara waktu, tap/slide bagian yang ditunjukkan tanda panah dibawah ini.

aktifkan tombol navigasi

Setelah itu akan muncul halaman kecil yang meminta kalian menentukan lama waktu penonaktifan. Kalian klik saja yang 8 jam. Ini waktu maksimalnya untuk menonaktifkan sementara.

pilih yang 8 jam

b. Mematikan notifikasi keseluruhan

Masih dilaman pengaturan notifikasi. Bagian yang di kotakin merah-hijau dibawah ini adalah pengaturan untuk hal ini. Jika kalian benar-benar tidak mau lagi menerima notifikasi dari facebook, kalian bisa mematikannya disini.

Pertama, kita akan setting bagian “komentar”, disini tinggal tap “komentar” tsbt.

setelah itu masuk ke komentar

Setelah itu akan muncul laman pengaturan notifikasi “komentar” seperti dibawah ini. Disini matikan semua slidenya.

nonaktifkan semua tombol navigasi

Setelah itu pilih back (kembali) untuk masuk kelaman sebelumnya.

Lalu ulangi proses diatas untuk bagian “tanda”, “pengingat”, “aktifitas lainnya tentang anda”,”pembaruan dari teman”, “permintaan perteman”, “orang yang mungkin anda kenal”, “grup”, “video”,”acara”,”Halaman yang anda ikuti”, “Marketplace”, dan pemberitahuan lainnya. Jadi matikan semuanya. Maka tidak akan ada lagi notifikasi yang masuk.

c. Mematikan notifikasi sebagian

Rasanya bagian ini tidak perlu dijelasin ulang. Sama seperti cara dibagian b, disini kalian hanya mematikan bagian yang kalian tidak suka saja dan menyisakan bagian yang kalian butuhkan.

Seperti yang sudah dibahas diawal, ada 3 sarana notifikasi, yaitu email, sms, dan push (dari aplikasi). Ada juga 14 jenis isi notifikasi. Kalian bisa atur sesuka kalian.

Misalnya kalian tidak suka ada banyak notidikasi yang masuk dari facebook ke email kalian, kalian bisa mematikan bagian emailnya saja dipengaturan 14 isi notifikasi tadi, sedangkan notifikasi pushnya bisa tetap diaktifkan dan kalian akan tetap dapat notifikasi (berupa push) dari aplikasi facebook.

Atau jika dari 14 isi notifikasi tadi, kalian hanya perlu notifikasi terkait ulang tahun dan grup saja, maka kalian bisa matikan 3 sarana notifikasi tadi dari 12 sisanya.

d. Mematikan penanda push notifikasi dari aplikasi

Kalau kalian scroll kebagian bawah, kalian akan ketemu menu seperti ini.

scrol dan masuk menu otomatis

Menu “otomatis” ini fungsinya mengatur penanda push notifikasi yang masuk, seperti misalnya ketika push notifikasi masuk apakah akan ada getar atau tidak, ada nada deringnya atau tidak, dll. Jadi disini tap aja menu “otomatis”nya.

Setelah itu akan muncul laman seperti dibawah ini. Jika kalian matikan semuanya, push notifikasi dari aplikasi tetap akan masuk, tapi tidak akan ada pemberitahuan/penanda seperti getar dan suara, ini seperti mode silent kalau di hp. Paham ya?

Kesimpulan

Nah jika kalian menyimak dengan baik cara-cara di atas pasti kalian akan sudah bisa menghentikan notifikasi-notifikasi mengganggu dari facebook.

Jika kalian ingin istirahat sejenak dari notifikasi facebook, cara tersimpel dan tercepat adalah cara pertama, kalian cuma perlu mengaktifkan “pengaturan mematikan notifikasi sementara”. Sayangnya dengan cara ini notifikasi hanya mati selama maksimal 8 jam.

Saranku, sebaiknya jika ada waktu luang, kalian tinjau ulang bagian pengaturan notifikasi ini, sehingga kalian bisa stop notifikasi yang tidak penting dan perbolehkan hanya yang benar-benar penting (atau menarik) saja.


Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Terimakasih.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan