Notifikasi grup facebook mengganggu ? Atasi dengan cara ini

Grup merupakan tempat bagi orang-orang yang memiliki hobi, pekerjaan, tempat tinggal, komunitas atau kesamaan lainnya untuk saling berbagi informasi dan berkomunikasi satu sama lain tanpa harus menghubungi setiap orang satu per satu.

Kamu akan mendapat pemberitahuan grup facebook saat ada informasi baru yang dibagikan oleh anggota grup. Hal ini tentu sangat membantu bagi kamu yang ingin mengetahui informasi tapi tidak tahu harus bertanya kepada siapa. Selain itu kamu tinggal menulis apa yang ingin kamu tanyakan di grup, dan anggota grup yang lain dengan cepat akan membantu menjawab pertanyaan kamu. Begitu juga jika kamu memiliki informasi baru yang sesuai dengan kebutuhan anggota grup, kamu tinggal share informasi tersebut di grup dan secara otomatis semua anggota grup menerima pemberitahuan grup bahwa kamu telah mengirim informasi di grup facebook. Dan tentu saja ini akan sangat membantu bagi mereka.

Bagi kamu yang memang menunggu update terbaru dari grup, kamu akan sangat terbantu dengan pemberitahuan grup yang tersetting dengan otomatis. Tapi hal ini akan menjadi sangat mengganggu ketika pemberitahuan grup yang masuk bukan dari informasi yang kamu butuhkan. Apalagi kalau postingan baru tersebut mendapat banyak komentar. Tentu saja kamu akan terganggu dengan setiap pemberitahuan komentar baru yang masuk ke hp kamu.

Hal lain yang lebih mengganggu adalah ketika tiba-tiba kamu dimasukkan oleh teman ke grup yang sebenarnya tidak penting untuk kamu atau informasi didalamnya tidak terlalu kamu butuhkan.

Misalnya grup dagangan teman, grup yang isinya hanya guyonan, atau bisa juga grup yang isinya tidak sesuai dengan namanya. Lain judul lain isi. Pasti kamu merasa nggak penting untuk mengikuti update terbaru dari grup tersebut. Mau keluar nggak enak sama teman, tapi kalau nggak keluar pemberitahuan grup facebook sangat mengganggu kamu.

Eits, tidak cukup sampai disitu. Pemberitahuan dari facebook yang berkali-kali masuk ke android kamu seringkali membuat notifikasi aplikasi lain yang belum terbaca menjadi tertutupi. Belum lagi jika kamu sedang menunggu chat dari do’i, tiba-tiba ponsel kamu bunyi dan ternyata yang masuk adalah pemberitahuan dari facebook. Menyebalkan bukan?

Jadi harus bagaimana donk? Haruskah keluar dari grup agar tidak lagi mendapat pemberitahuan baru dari grup facebook? Jawabannya tidak juga. Jadi

Cara mengatasi Pemberitahuan grup facebook yang sangat mengganggu

Ada beberapa hal yang bisa kamu coba sebelum memutuskan hengkang dari grup karena pemberitahuan grup facebook sangat mengganggu kamu. Simak baik-baik ya..

1. Mematikan pemberitahuan dari facebook secara keseluruhan.

Dengan mematikan pemberitahuan dari facebook secara keseluruhan, pemberitahuan apapun dari facebook yang biasanya masuk secara terus menerus, kini tidak akan masuk ke android kamu. Tidak hanya grup. Tetapi juga notifikasi ulang tahun, komentar, like, update dari teman yang diikuti, dan lain-lain. Ada dua cara untuk mematikan pemberitahuan dari facebook secara keseluruhan.

a. Mematikan dari aplikasi facebook. 
  • Buka aplikasi facebook (aku pakai facebook lite)
  • Masuk ke profil-> pengaturan
  • Pilih pemberitahuan otomatis
  • Hapus tanda centang di sebelah tulisan pemberitahuan otomatis jika kamu ingin mematikan semua notifikasi
  • Tapi jika kamu ingin mematikan notifikasi dari satu aktifitas saja , maka biarkan centang di samping pemberitahuan otomatis, lalu hapus centang di samping tulisan aktifitas yang ingin kamu matikan notifikasinya. Disini aku kasih contoh mematikan notifikasi grup dan kiriman linimasa
  • Konsekuensi dari cara ini, notifikasi facebook tidak akan sering muncul dan membuat android kamu sering bunyi “clentang clentung”. Jadi, untuk mengetahui update terbaru kamu harus sering-sering membuka facebook.
b. Mematikan dari setting android
Yudha note : Cara ini akan beda antara smartphone satu dengan yang lainnya, karna perbedaan versi OS yang dipake. Seperti yang kita tau, ada OS android dan IOS untuk smartphone, dan android sendiri memiliki banyak versi seperti jelly bean, nougat, oreo, dll. Perbedaan ini ga cuma dari segi tampilan. tapi dari segi susunan settingnya juga.
  • Cara yang kedua punya konsekuensi yang sama dengan cara pertama. Oke langsung saja
  • Masuk ke menu pengaturan
  • Pilih menu suara dan notifikasi
  • Pilih notifikasi aplikasi
  • Cari aplikasi facebook
  • Aktifkan menu blokir notifikasi

2. Berhenti mengikuti grup facebook

Berhenti mengikuti grup berarti kamu hanya tidak akan mendapatkan pemberitahuan ketika ada update dan komentar baru dan kamu tidak ikut komentar di postingan tersebut.

Tapi jika kamu adalah orang yang mengirim postingan di grup atau ikut berkomentar dalam postingan tersebut, maka kamu akan tetap mendapatkan pemberitahuan grup facebook.

Walaupun notifikasinya tidak akan muncul dan clentang clentung di android kamu. Hal ini tidak akan merugikan kamu, karena kamu akan tetap mendapatkan informasi yang kamu butuhkan. Nah, begini step by step-nya

  • Masuk ke facebook -> masuk ke grup yang ingin kamu matikan notifikasinya 
  • Klik centang di tulisan bergabung-> pilih berhenti mengikuti grup 

Nah, mudah sekali bukan?

3. Mematikan pemberitahuan hanya dari grup yang tidak diinginkan

Selain dengan dua cara diatas, kamu juga bisa mematikan pemberitahuan grup facebook yang sangat mengganggu hingga membuat notifikasi aplikasi yang lain menjadi tertutupi.

Apalagi jika kamu memang sedang menunggu notifikasi masuk dari aplikasi lain. Pesan dari si dia misalnya. Tentu saja ini akan membuatmu risih.

Kalau kamu merasakan hal yang sama, maka matikan saja pemberitahuan grupnya. Kamu hanya bisa mengetahui apa saja update baru dari grup tersebut jika kamu melihat ke menu grup atau membuka grup. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini

  • Masuk ke facebook -> pilih titik tiga yang ada di pojok kanan
  • Masuk ke menu grup
  • Masuk ke grup yang ingin kamu matikan notifikasinya.

  • Klik info grup
  • Di bagian lihat kiriman grup, ubah pengaturan pemberitahuan dari semua kiriman menjadi mati

4. Keluar dari grup facebook

Ini adalah cara terakhir yang bisa kamu lakukan jika pemberitahuan grup facebook terasa sangat mengganggu atau memang grup tersebut tidak penting dan tidak sesuai dengan kamu.

Sebaiknya kamu berfikir matang-matang terlebih dahulu sebelum keluar dari grup. Pikirkan dulu apakah grup tersebut memang tidak bermanfaat bagi kamu. Jangan keluar dari grup hanya karena emosi sesaat. Jangan-jangan di masa depan justru kamu membutuhkan grup tersebut dan akhirnya memutuskan untuk masuk lagi ke grup tersebut. Kan malu tuh…

Oke, setelah berfikir panjang dan matang-matang kamu tetap memutuskan untuk keluar dari grup, ikuti langkah-langkah berikut

  • Masuk ke facebook-> masuk ke grup yang tidak ingin kamu ikuti lagi
  • Klik centang di tulisan bergabung
  • Pilih keluar dari grup

Nah, itu tadi 4 cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah notifikasi facebook. Kamu bisa memilih salah satu dari 4 cara diatas untuk mengatasi pemberitahuan grup facebook yang sangat mengganggu, atau kamu juga mengombinasikan keempatnya jika kamu merasa grup tersebut sangat mengganggu.

Sekarang kamu sudah tidak lagi melihat pemberitahuan dari grup facebook yang membanjiri android kamu sampai-sampai menutupi notifikasi aplikasi lain yang lebih penting.

Sebenarnya ada banyak lagi cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari pemberitahuan facebook yang berlebihan. Seperti selalu me-log-out akun facebook ketika sudah selesai, menyetting akun facebook agar tidak otomatis menerima undangan grup, menerima undangan grup yang penting-penting saja, dan sempatkan membaca kiriman-kiriman dalam grup tersebut sebelum memutuskan untuk menerima, menolak undangan grup, atau meminta persetujuan admin untuk mengikuti grup.

Yang perlu diingat, pikirkan dengan matang sebelum melakukan sesuatu. Jadi sebelum memutuskan untuk mengubah settingan grup, pikirkan dulu penting atau tidaknya informasi dari grup tersebut bagi kamu. Jangan sampai, hanya karena emosi kamu jadi ketinggalan informasi. Jadi bagaimana? Apakah artikel ini bisa membantu kamu? Selamat mencoba…. ?

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *