Cara Mematikan Suara Kamera Instagram di Semua HP

Saat memotret di Instastory, secara otomatis, kita pasti akan mendengar bunyi suara yang menandakan foto berhasil di ambil. Meskipun tidak begitu keras, beberapa pengguna merasa terganggu dengan suara ini sehingga ingin menghilangkannya.

Ingin menghilangkan bunyi suara kamera ini, tapi belum tahu caranya? Simak sampai selesai ya.

Simpelnya, solusi untuk hal ini ada dua. Pertama, memasang aplikasi tambahan (seperti Camera Mute) untuk membisukan suara kamera dan kedua menyetel volume dering ponsel.

Langsung saja kita bahas satu-satu dibawah ya.

Mematikan suara kamera Instagram dengan “Camera Mute”

Suara kamera Instagram bisa dimatikan dengan memasang aplikasi tambahan. Jenis aplikasi ini terdapat di ponsel Android (semua merek) maupun iOS. Disini aku memakai Android, jadi aplikasinya berasal dari Playstore. Aplikasi yang akan aku gunakan adalah Camera Mute, ada banyak aplikasi sejenis, jadi kamu bisa bebas pakai yang lain jika mau.

Aku memilih aplikasi ini, karena aplikasinya memiliki interface yang simpel dan paling ringan.

Kita langsung saja ke langkah-langkah mematikan shutter kamera ponsel dengan Camera Mute.

  1. Langkah pertama, pasang Camera Mute dari Playstore. Tunggu beberapa saat hingga proses pemasangan selesai. Bila sudah selesai, kita bisa langsung membuka aplikasi tsbt.
  2. Kita akan disuguhkan tampilan interface simpel. Hanya ada dua tombol: “start automatic mute” dan “stop”.
  1. Tekanlah tombol “start automatic mute” untuk menghidupkan aplikasi ini. Nantinya, kita bisa melihat ikon aplikasi ini di bar notifikasi sebagai tanda aplikasi ini telah aktif.
  1. Jika sudah begitu, kita tinggal membuka Instagram, terus masuk ke menu pembuatan Instastory. Nah, disini, kita akan melihat popup box mute sebagai tanda suara shutter kamera Instagram sudah nonaktif.
  1. Selesai membuat story, kita bisa menonaktifkan kembali aplikasi Camera Mute. Atau tidak perlu dinonaktifkan kalau tetap ingin suara shutter dalam kondisi mati.

Mematikan suara kamera Instagram dengan menyetel volume dering ponsel

Semua jenis ponsel pastilah memiliki pengaturan suara untuk mengatur besar-kecil volume media, panggilan, dering, notifikasi, dll. Salah satu pengaturan suara ini, yakni volume dering, yang memiliki pengaruh terhadap besar-kecilnya suara shutter kamera.

Teman-teman yang ingin mematikan suara kamera ponselnya bisa melakukannya lewat penyetelan pengaturan volume dering ini. Penyetelan volume dering ini bisa dilakukan semua merek dan tipe ponsel Android (Oppo, Realme, Redmi, Vivo, Samsung, dll.) dan iOS (iPhone).

Belum tahu caranya? Silakan simak step-stepnya berikut ini!

  1. Tekan tombol volume UP atau Down di HP kamu

    Carilah tombol fisik untuk mengatur suara ponsel. Biasanya terletak di samping – bisa kiri, bisa kanan, tergantung merek ponselnya. Tekan salah satu saja.

  2. Muncul pop up pengaturan suara, tekan ikon “lonceng”-nya.

    Cara Mematikan Suara Kamera Instagram di Semua HP 4

    Dicontoh ini ikon “lonceng bergetar” menandakan bahwa nada dering HP kamu berbunyi. Suara kamera Instagram akan berbunyi selama nada dering HP kita berbunyi.

  3. Tekan hingga berubah menjadi ikon “lonceng dicoret”

    Cara Mematikan Suara Kamera Instagram di Semua HP 6

    Ikon lonceng dicoret ini menandakan nada dering kita sudah dibisukan sehingga hasilnya seharusnya suara kamera Instagram juga akan hilang.

  4. Silahkan testing dan buka kamera Instagram kamu

    Coba ambil gambar untuk instastory kamu dan perhatikan apakah bunyi cekrek saat mengambil gambar sudah hilang. Seharusnya sih sudah ya.

  5. Jika sudah, silahkan kembalikan pengaturan nada-nya ke semula.

    Jika kamu sudah puas mengambil foto untuk story kamu, kamu bisa mengembalikan pengaturan nada deringnya seperti semula.

Teman-teman yang ingin mematikan suara kamera ponselnya bisa melakukannya lewat penyetelan pengaturan volume dering ini. Penyetelan volume dering ini bisa dilakukan semua merek dan tipe ponsel Android (Oppo, Realme, Redmi, Vivo, Samsung, dll.) dan iOS (iPhone).

Belum tahu caranya? Silakan simak step-stepnya berikut ini!

Andai kata, tidak dapat mengatur volume dering dengan tombol fisik (tombol rusak atau apapun), kita punya opsi lain dengan mengaturnya lewat pengaturan cepat. Simak langkah-langkah ya!

  1. Usap turun layar ponsel dari bagian paling atas. Ini untuk membuka pengaturan cepat di ponsel kita. Cari menu dan tab sekali Panel Volume (namanya mungkin berbeda di ponselmu).
  1. Nantinya kamu akan melihat popup box yang sama persis seperti pada langkah dua sebelumnya diatas. Kamu bisa langsung tap ikon lonceng hingga ikonnya berubah menjadi lonceng dicoret.
  2. Setelah itu silahkan gunakan kamera Instagram seperti biasa.
  3. Dan jika sudah selesai, bisa kembalikan ikon loncengnya seperti semula supaya nada dering kamu kembali ada suaranya.

Selain cara yang sudah dibahas diatas, kita juga bisa mengatur volume dering dengan cara lainnya, yakni pengaturan suara di ponsel. Namun intinya tetap sama, yaitu kita ingin nada dering kita untuk sementara dimatikan. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Silakan buka pengaturan ponsel kamu. Lalu, cari dan buka menu suara.
  1. Kita akan melihat menu volume media, panggilan, dering, notifikasi, dan sebagainya. Kita pilih menu volume dering, lalu geser ke kiri untuk mematikannya.
  1. Selesai. Silahkan buka Instagram untuk membuat Instastory kece-mu. Kami jamin, kamu takkan mendengar suara shutter kamera ponsel lagi. Dan kalau sudah selesai, kamu bisa mengembalikan pengaturan volume dering ke posisi awal.

Bagaimana mudah bukan?

Kamu tinggal memilih cara yang paling “sesuai” dengan kondisi kamu saat ini. Apakah kamu lebih suka memasang aplikasi tambahan (Camera Mute) atau menyetel volume dering ponsel? Semuanya kami kembalikan kepadamu. Silahkan memilih, dan selamat membuat Instastory tanpa khawatir mendengar suara kamera lagi.

Mungkin sampai disini tulisan kali ini. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *