Apa itu Fitur Catatan di Instagram dan Cara Membuatnya

Terbit

Diperbarui

Instagram merilis fitur baru yang memungkinkan kamu berbagi pikiran hanya kepada para mutual friends atau close friends. Yang bertujuan membuat pemicu awal percakapan antara kamu dan mereka. Fitur ini dinamai ‘Notes’ atau ‘Catatan’.

Fitur ini dapat kamu pakai untuk update “catatan” singkat berisi sebanyak maksimum 60 karakter. Mutual friends ataupun close friends yang ditandai di ‘Notes’ ini bisa melihat informasi tsbt selama kurun waktu 24 jam sejak dibuat.

‘Notes’ juga hanya terlihat di halaman Direct Message (DM).

Perbedaan Notes dengan Stories di Instagram

Sekilas fitur Notes memiliki kemiripan dengan Stories, sama-sama bertahan hanya 24 jam. Tetapi, Note dan Stories memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaan keduanya?

  1. Pada fitur Stories, kamu bisa membuat konten berupa teks, foto, ataupun video. Sedangkan di fitur Note, kamu hanya bisa membuat konten dalam bentuk teks.
  2. Kamu bisa membuat Stories dalam jumlah banyak. Sedangkan di Note, kamu hanya boleh membuat satu Note. Jika kamu membuat Note baru, maka Note yang lama akan tergantikan dengan Note baru.
  3. Kamu bisa melihat Stories di halaman utama (timeline) Instagram. Sedangkan Note, kamu akan menemukannya di halaman Direct Message (DM). Itu pun tidak semua orang. Hanya orang yang dipilih pembuat yang bisa melihatnya.
  4. Stories bisa dilihat oleh siapapun, baik followers atau bukan followers, jika kamu menggunakan akun publik. Sedangkan Note hanya bisa dilihat oleh “followers yang kamu follback (mutual friend)” atau ” teman yang masuk ke daftar teman dekat (close friend)”.

Langkah-langkah membuat Instagram Note

  1. Buka aplikasi Instagram, lalu login ke akun kamu.
  2. Kemudian, masuk ke halaman DM. Bisa dengan tap ikon pesawat kertas di sudut kanan atas atau mengusap layar ke arah kiri.
  1. Di halaman DM, tap ikon foto profil kamu yang terdapat ‘Tinggalkan catatan’.
  1. Selanjutnya silahkan tulis catatan apapun dibawah 60 karakter.
  2. Atur kemana mau dibagikan catatan tsbt.
  3. Setelah selesai, kamu bisa langsung menekan tombol Bagikan.
  1. Selesai. ‘Catatan’ atau ‘Notes’ yang kamu buat sudah jadi.

Mudah bukan?

Sekarang kamu sudah tahu apa itu fitur Notes dan bagaimana cara membuatnya di Instagram. Dengan begitu kamu bisa memulai obrolan dengan mutual / close friends-mu lebih simpel lagi. Oke, sampai disini dulu tulisan kali ini. Semoga bermanfaat.

Sampai jumpa ditulisan lainnya.

Sumber :

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *