Cara Membuat dan Menggunakan Twitter List di Android

Pertama-tama mari kita berkenalan sedikit tentang apa itu Twitter List.

Dalam bahasa Indonesia, ‘list’ dapat diartikan sebagai ‘daftar’. Dalam istilah dunia per-twitter-an, ‘list’ digunakan untuk mengumpulkan sejumlah akun twitter yang masuk dalam suatu kriteria yang ditentukan si pembuat list.

Misalnya saja, kamu membuat daftar akun-akun yang berisi teman-teman satu angkatan sekolah. Atau kamu ingin membuat ‘list’ yang berisi artis-artis yang kamu sukai. Kamu masih bisa mendapatkan update konten dari akun-akun yang masuk ke dalam list tersebut tanpa kamu harus mengikuti akun tersebut.

Membuat ‘list’ di twitter hampir sama dengan membuat playlist di perangkat pemutar musik seperti spotify atau winamp. Daftar akun-akun tersebut dapat diedit, ditambah, dihapus ataupun diganti kapanpun sesuai kebutuhan. Kamu bisa membuat sendiri ‘list’ yang sesuai dengan kebutuhanmu atau bisa pula dengan mengikuti ‘list’ yang sudah dibikin oleh orang lain.

Sama halnya dengan melihat timeline twittermu yang berisi update konten dari akun-akun yang kamu ikuti / follow, timeline dari ‘list’ juga memberikan update dari akun-akun yang masuk dalam daftar list tersebut. Jadi, trik ini juga sering dimanfaatkan sebagai strategi untuk mempunyai follower yang banyak, namun tanpa mengikuti/ following banyak akun.

Baca juga : Cara meningkatkan follower twitter secara natural

Lalu, bagaimana cara membuat twitter list?

Tidak ada cara yang mudah untuk membuat twitter list karena memang caranya sangat mudah. Untuk kamu yang menggunakan aplikasi twitter pada perangkat berbasis android, berikut langkah-langkahnya:

  • Pada versi yang berbeda, penampilan menu bagian atas akan berbeda, bisa berupa ‘navigation menu’, icon tiga garis vertikal atau ikon profilmu. Saya menggunakan twitter versi 7.46.0, dan bagian menu paling atas menunjukkan ikon profil. Tap ikon profil tersebut atau bisa juga dengan menggeserkan jarimu dari arah kiri layar ke sebelah kanan. Maka akan keluar halaman baru seperti gambar dibawah ini. Kemudian tap ‘list’.
  • Kalau kamu belum pernah membuat atau mengikuti ‘list’ orang lain sebelumnya, maka halaman yang sajikan berikutnya adalah seperti berikut (gambar 2).
  • Tap pada icon list yang berwarna biru dibagian kanan bawah dan kamu akan diarahkan ke halaman baru seperti yang ditunjukkan oleh gambar 3.
  • Isi kolom yang disajikan. Pilih nama yang ingin kamu berikan untuk list, yang perlu diingat adalah nama list tidak boleh melebihi 25 karakter dan tidak boleh juga diawali dengan sebuah angka. Jangan lupa pula untuk memberikan deskripsi singkat tentang list yang kamu buat.
  • Yang menjadikan salah satu keunikan dari fitur list ini adalah kamu bisa mengaturnya menjadi ‘private’ dimana hanya kamu yang bisa melihat dan mengaksesnya, kamu hanya perlu tap pada check-box di pilihan Private yang ada dibawahnya. Namun, jika kamu tidak mengaturnya menjadi ‘private’ mode, maka orang lain tidak hanya dapat melihat isi dari akun-akun yang masuk dalam list kamu, tapi mereka juga bisa mengikuti list yang kamu buat.
  • Jika sudah selesai, tap ‘save’ pada bagian kanan atas.

Setelah ‘list’ kamu jadi, sekarang kita akan memasukkan akun-akun yang ingin kamu masukkan ke dalam list. Berikut ini caranya :

  • – Satu-satunya cara untuk memasukkan satu akun ke dalam list adalah dengan mengunjungi halaman profilnya terlebih dahulu.
  • Misalnya saja kamu mau memasukkan akun @BTS_twt ke dalam list yang sudah kamu buat, maka masuklah ke halaman profil akun tersebut. Seperti yang diperlihatkan pada gambar dibawah ini, tap pada bagian pojok kanan atas yang disimbolkan oleh tiga titik vertical sampai muncul beberapa pilihan. Tap pada pilihan ‘add list’.
  • Selanjutnya akan ditampilkan daftar list yang sudah kamu buat. Apabila kamu sudah membuat lebih dari satu list, pilih list yang ingin kamu masukkan akun tersebut. Tunggu sesaat sampai muncul konfirmasi bertuliskan ‘Added to List’ yang menandakan bahwa akun tersebut sudah masuk ke dalam ‘list’ kamu.
  • Lakukan langkah-langkah yang sama seperti diatas untuk memasukkan akun lainnya ke dalam list.

Bagaimana cara melihat update konten dari akun-akun yang sudah masuk dalam list kamu?

Begini caranya :

  • Pada halaman ‘Home’, tap profile iconmu atau bisa juga dengan menggeser bagian kiri layar ke sebelah kanan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Tap ‘Lists’ dan kemudian pilih nama list yang ingin kamu lihat updatenya. Misalnya gambar dibawah ini adalah timeline dari ‘list’ yang saya buat yang isinya adalah akun-akun yang suka membuat gambar-gambar fanart.
  • Ada dua bagian pada halaman tersebut, yaitu ‘tweets’ pada bagian kiri dan ‘members’ pada bagian kanan. Pada bagian ‘tweets’, untuk meng-update timeline dengan konten yang terbaru, kamu bisa menggeserkan/menarik halaman kebawah dan melepaskannya. Tunggu beberapa saat sampai halaman tersebut selesai ‘reload’.
  • Sedangkan pada bagian kanan yang berlabelkan ‘members’ akan menampilkan semua akun-akun yang sudah kamu masukkan ke dalam ke dalam list tersebut.

Masih di halaman yang sama, untuk mengedit deskripsi dan anggota list yang sudah kamu buat, kamu bisa melakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Tap bagian pojok kanan atas yang ditandai oleh tiga bulatan vertical. Kemudian kamu akan disuguhi dengan dua pilihan yaitu “Edit List” dan “Delete List”. Apabila list yang kamu buat sudah tidak relevan lagi dan kamu ingin menghapusnya, tinggal tap pilihan “Delete List”. Sedangkan untuk mengedit list, tapi “Edit List”
  • Kamu akan diarahkan kembali ke halaman yang hampir sama dengan ketika kamu pertama kali membuat list, dengan dua tambahan pilihan yaitu “Manage members” dan “Delete List”. Tap bagian “Manage members”. Kamu akan diberikan daftar akun yang masuk dalam daftar listmu, untuk menghapus suatu akun agar tidak masuk ke dalam list kamu hanya perlu klik pada tanda X yang ada disebelah profil akun tersebut dan pilih ‘yes’.
  • Sayangnya, fitur ‘remove member’ ini masih belum sempurna jika dibuka melalui aplikasi smartphone. Kekurangannya yaitu tidak semua member list ditayangkan pada daftar tersebut. Untuk melakukan ‘remove member’ dengan lebih nyaman, kamu perlu membuka twitter dari browser di desktop.

Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui, ada kemungkinan bahwa seseorang memasukkan akunmu ke dalam daftar listnya tanpa izin terlebih dahulu. Sayangnya, untuk mengecheck hal ini hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Twitter untuk iOS atau kamu harus membuka akunmu dari browser di versi desktop.

Dan untuk mengeluarkan akunmu dari list tersebut, kamu perlu mem-block akun si pembuat list. Hal ini tentunya tidak perlu kamu lakukan apabila orang tersebut sudah kamu kenal, atau list yang dibuatnya tersebut masih wajar dan bukanlah sesuatu yang wajib kamu curigai.

Terima kasih sudah membaca dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan