Cara membuat tombol “gabung obrolan” di Instagram Stories

Instagram selalu menghadirkan fitur baru di dalam aplikasinya. Salah satu fitur yang terbaru, di rilis pada juli 2019 ini, merupakan fitur terkait dengan obrolan/chat. Fitur ini memudahkan para penggunanya untuk bisa membuat group obrolan sendiri dalam satu ruang melalui halaman instastori mereka.

Kalian bisa memposting story, sekaligus mengumpulkan followers kalian dalam satu ruang/group untuk saling berbincang. Entah itu membicarakan soal postingan story atau yang lain.

tampilan tombol “gabung obrolan” di insta story

Fitur ini memiliki tampilan seperti stiker suhu, waktu dan stiker-stiker yang lainya. Untuk mengaktifkan fitur ini kalian hanya perlu menambahkan “sticker” yang sesuai kedalam story kalian, dan jika ada yang men-tap tombol “gabung obrolan” itu maka mereka akan dibawa ke halaman group chat bersama follower lain yang men-tap tombol itu juga.

Meskipun namanya group obrolan, namun ini bukan group seperti yang ada di aplikasi whatsapp, yang harus memiliki nama group dan lain sebagainya. Nama group obrolan bisa kalian buat dari caption instastori yang kalian posting hari itu

Masih bingung? Lanjut baca ke proses pembuatannya dibawah ini.

1. Buka aplikasi Instagram yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah kalian berada di halaman beranda Instagram kalian, kalian klik “icon camera” yang ada di pojok kiri atas.

pilih icon foto pojok kiri atas

3. Setelah itu buat stori kalian seperti biasa. Setelah selesai, kalian klik “menu stiker” yang ada dibar atas.

klik icon senyum di bar bagian atas

4. Setelah itu akan muncul banyak pilihan stiker, diantaranya suhu, waktu dan banyak lainnya. Kalian pilih saja “stiker obrolan”.

klik stiker obrolan

5. Setelah itu kalian dibawa ke halaman caption dari stiker obrolan tersebut. Kalian kasih “judul” yang bisa menggambarkan apa yang akan dibahas di grup obrolan tersebut.

beri judul group obrolan

6. Setelah kalian isi “judulnya” tadi, kalian tap “centang” yang ada di pojok kanan atas.

klik centang jika sudah

7. Setelah itu kalian akan dibawa kembali kehalaman pembuatan story tadi. Jika dirasa tidak ada yang ingin ditambahkan lagi, kalian klik “kirim ke”, untuk mempublikasikan postingan story kalian.

8. Lalu prosesnya selanjutnya sama seperti mem-publish story kalian seperti biasa. Kalian akan di bawa kehalaman bagikan. Disini kalian bisa pilih ingin membagikan dimana saja. Jika sudah, tap “Selesai”.

9. Setelah kalian klik selesai, maka story dengan tombol “obrolan” tadi akan ditampilankan seperti ini, di story kalian.

tampilan insta story nya

10. Untuk mengecek apakah ada yang ingin mengobrol dengan kalian melalui instastory, kalian bisa cek secara random di bagian dilihat yang ada di pojok kiri bawah.

cek apa ada yang masuk

11. Untuk berbicara dengan teman kalian melalui obrolan group kalian harus konfirmasi permintaan dari follower kalian. dengan cara klik “Mulai Obrolan”.

klik mulai obrolan

12. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman obrolan seperti dibawah ini. Kalian bisa mengobrol dengan banyak orang jika banyak yang mengirim permintaan untuk mengobrol dengan kalian.

tampilan halman group obrolan

Dengan hadirnya fitur ini kalian bisa mengumpulkan siapa saja yang melihat stori dan respek terhadap stori kalian. Kalian juga bisa berkumpul langsung dengan follower Instagram kalian di dalam sebuah grup obrolan tersendiri, jadi akan lebih asyik tentunya.

Sedangkan kalau kalian ingin masuk obrolan di story orang lain, caranya cukup mudah. Kalian bisa klik tombolnya, namun sayangnya kalian tidak akan bisa langsung masuk, kecuali jika disetujui oleh yang membuat story.


Bagaimana menurut kalian? Kira-kira di kondisi seperti apa pemanfaatan yang efektif untuk sticker ini?

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan, jangan lupa komentar dikolom komentar dibawah ini. Sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan