Cara membuat polling di LINE

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Juni 23, 2020
  • Post category:Topik : Line

Kamu sampai kehalaman ini, itu artinya kamu tau bahwa di LINE tersedia fitur polling. Mungkin kamu pernah liat pengguna lain atau teman-temanmu menggunakan fitur ini sebelumnya.

Buat yang belum tau, fitur polling digunakan untuk jajak pendapat atau voting akan suatu hal. Misalnya di grup kelas, ingin diskusi waktu ketemuan, bisa gunakan fitur ini. Atau misalnya di grup arisan, ingin menentukan lokasi ngumpul untuk arisan berikutnya. Dll.

Berikut adalah contoh polling di LINE.

Untuk menggunakan fitur polling di LINE sebenarnya sangat mudah. Hanya beberapa kali “tap-tap-tap”, sudah selesai.

Berikut dibawah ini aku akan bahas cara membuat polling di LINE secara simpel. Silahkan disimak.

1. Buka grup LINE yang ingin kamu kirimkan pollingnya. Tap menu “+”.

2. Pilih “polling”.

3. Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman polling seperti dibawah ini. Tap menu “Buat polling”.

4. Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman pengisian polling seperti dibawah. Isi bagian pertanyaan sekaligus pilihan jawabannya. Jika perlu, tambahkan foto dipilihan jawabannya agar mudah dipahami.

5. Setelah itu gulir kebagian bawah untuk melihat pengaturan tambahan terkait polling tsbt. Jika sudah tap “Selesai”.

Buat yang belum tau, pengaturan “tanggal berakhir” artinya kamu menetapkan kapan polling akan berakhir, “voting banyak” artinya menetapkan votingan terbanyak sebagai pemenang, “voting anonim” artinya merahasiakan nama pemberi voting, dan “izinkan opsi baru” artinya pengguna lain boleh menambahkan opsi atau pilihan baru.

6. Setelah menekan tombol selesai, kamu akan dibawa kehalaman voting seperti dibawah. Polling kamu sudah otomatis dikirim ke grup. Disini tekan tombol back dua kali, untuk balik ke grup chat.

7. Setelah menekan tombol back dua kali, kamu akan melihat polling sudah terkirim di grup chat tsbt.

8. Selesai.

Setelah membuat polling, polling akan otomatis dibagikan ke ruang obrolan grup kamu, jadi semua member tahu bahwa ada polling yang sedang berjalan. Jumlah peserta polling juga bisa dilihat semua member untuk memberikan transparansi dalam polling.

Kamu sebagai pembuat polling juga bisa mengakhiri polling kalau kamu tidak setting kapan waktu polling berakhir.

Setelah polling berakhir, pemberitahuan bahwa polling berakhir akan di bagikan di ruang obrolan Line. Polling ini juga bisa di edit kalau belum ada yang voting di polling yang kamu buat, kalau sudah ada yang voting kamu tidak bisa edit lagi.

Kalau mau dibagikan ke ruang obrolan lagi kamu bisa klik titik tiga kebawah pada polling dan klik bagikan ke ruang obrolan. Polling ini juga akan otomatis diposting ke note grup. Jadi lebih mudah mencari polling terbaru


Fitur polling ternyata juga bisa digunakan untuk chat personal, bisa dilihat di screenshot chat personal dibawah. Tapi ini tentu tidak efektif, mengingat polling tujuannya adalah mengumpulkan pendapat dari banyak orang.


Untuk membuat polling ini, semua orang bisa membuatnya, tidak harus admin grup, siapapun kamu, entah anggota lama atau bahkan anggota yang baru masuk, juga bisa langsung membuat polling.

Mungkin sampai disini bahasan kali ini terkait pembuatan polling di LINE. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tambahkan dikolom komentar dibawah.

Sekian dan sampai jumpa lagi ditulisan berikutnya.

yudha

Menulis itu seni. Menulis cerita fiksi misalnya butuh kemampuan menulis tinggi. Untuk penulis noob sepertiku, menulis informasi dasar di blog ini aja, sudah cukup untuk bikin rambut rontok. Hahaha :D

Tinggalkan Balasan