Cara membuat Postingan Terjadwal di Facebook

  • Post Author:
  • Post Category:Facebook
  • Post last modified:April 8, 2020

Salah satu fitur Facebook yang banyak digunakan untuk membangun sebuah bisnis adalah fitur Grup dan fitur Fanpage. Banyak sekali fitur dari fanpages dan grup yang bisa membantu bisnis kalian.

Salah satunya adalah fitur “menjadwalkan postingan”.

Ada kalanya kalian sibuk dalam menjalankan sebuah usaha, hal ini membuat kalian tidak sempat untuk memposting promosi produk kalian di facebook.

Posting yang berisi promo biasanya baik dilakukan pada jam jam tertentu. Misalnya kalian menjual makanan ringan, maka waktu yang paling efektif untuk memposting produk kalian adalah pada jam Istirahat. Namun ada kalanya kalian sedang sibuk pada jam tersebut. Inilah fungsi dari fitur menjadwalkan postingan.

Dengan fitur ini, kalian bisa dengan mudah mengatur kapan postingan kalian akan diterbitkan.

Manfaat menjadwalkan postingan

Ini beberapa manfaat yang bisa kalian dapat dengan menjadwalkan postingan kalian.

  1. Dengan menjadwalkan postingan, kalian akan lebih disiplin dalam memposting sebuah konten.
  2. Dengan menjadwalkan postingan, kalian bisa promosi secara konsisten setiap hari, karena kalian bisa menjadwalkannya dari jauh-jauh hari.
  3. Pekerjaan kalian akan efektif dan efisien karena kalian cukup meluangkan waktu sekali saja, kalian bisa menjadwalkan postingan untuk beberapa hari kedepan.

Membuat postingan terjadwal di grup facebook

Untuk menjadwalkan postingan di grup facebook, kalian bisa dengan mudah melakukannya dari aplikasi facebook kalian. Disini syarat utamanya adalah kalian merupakan admin grup tersebut.

Untuk caranya, simak penjelasan dibawah.

1. Masuk ke aplikasi Facebook kalian, lalu masuk ke grup yang kalian punya.

2. Setelah berada di grup kalian seperti dibawah. Tulis status seperti biasanya kalian menulis status

Tulis Postingan

3. Untuk menjadwalkan postingan, kalian tap tombol “Jadwal” seperti gambar dibawah.

Jadwalkan postingan

4. Aktifkan postingan terjadwal dengan cara slice dibagian kanan tombol navigasi disebelah tulisan “Jadwalkan postingan”. Jika sudah diaktifkan, kalian baru bisa mengatur hari dan jamnya. Misalnya kalian ingin mengatur hari, tap kolom “Hari ini”. Nanti muncul kalender, disana pilih tanggal yang kalian mau.

5. Jika sudah menentukan tanggal dan waktu, kalian bisa lanjutkan menulis postingan, atau bisa langsung tap “JADWALKAN” untuk menjadwalkan postingan tsbt.

Jadwalkan Postingan

6. Selesai.

Postingan kalian tidak akan langsung terposting, namun akan terkirim sesuai jadwal yang sudah di set tadi.

postingan terjadwal berhasil

Sampai disini kalian seperti tidak melakukan posting, jadi jika kalian ragu apakah postingan tersebut sudah terjadwal atau belum, adalah hal yang wajar.

Untuk melihat apakah postingan tstb sudah terjadwal kalian bisa ikuti langkah dibawah ini. Kalian tap ikon admin untuk melihat fitur dan pengaturan yang hanya bisa diakses oleh admin, disana pilih menu “Postingan terjadwal”. Setelah itu kalian akan melihat semua postingan terjadwal yang kalian buat.

Sedangkan kalau kalian butuh mengubah tanggal ataupun mengedit postingan tsbt, kalian bisa lakukan dengan cara masuk ke daftar postingan terjadwal kalian seperti diatas, lalu tap “titik tiga di pojok kanan atas” postingan tersebut. Setelah itu pilih menu yang kalian butuhkan.

Membuat postingan terjadwal di fanpage

Untuk membuat postingan terjadwal di fanpages sebenarnya bisa kalian lakukan di aplikasi resmi pengelola halaman facebook. Aplikasi ini adalah “facebook pages manager” yang bisa kalian download disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.facebook.pages.app&hl=en

Tapi disini kita akan aplikasi pihak ketiga, aplikasi yang akan kita gunakan bernama buffer, aplikasi tsbt bisa di install dari sini https://play.google.com/store/apps/details?id=org.buffer.android&hl=en.

Kenapa pakai buffer? Itu karena aplikasinya lebih general dan bisa digunakan untuk banyak sosmed sehingga overall lebih baik dan lengkap.

Langsung saja, berikut caranya.

1. Install dan buka aplikasi buffer. Disini pilih “Facebook”. Lalu pilih “Add page/group”.

2. Pilih halaman fanpages yang kalian ingin connect kan ke buffer.

Pilih Group/Page

3. Jika sudah kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah. Disini kalian bisa mulai membuat postingan yang ingin kalian jadwalkan. Tap ikon pensil untuk mulai membuat postingan.

Buat Postingan

4. Tulis postinganmu lalu tap tombol “share”. Setelah itu pilih “Custom Schedule”.

5. Selanjutnya kalian akan diminta memilih tanggal, pilih tanggal yang kalian mau, lalu tap “Set Time”. Setelah itu kalian akan diminta memilih jam, jika sudah, tap “OK”.

6. Setelah itu postingan tadi akan masuk ke daftar queue dibawah ini. Itu artinya postingan sudah berhasil dijadwalkan.

Posting terjadwal berhasil dibuat
Posting terjadwal berhasil dibuat

7.Selesai.

Untuk menambahkan beberapa postingan lain, kalian bisa tap ikon pensil dan ulangi langkah-langkah diatas.


Menjadwalkan postingan di facebook hanya bisa dilakukan di fanpage dan di grup facebook.

Kalian tidak bisa membuat postingan terjadwal di profil kalian.


Itulah bagaimana cara membuat postingan terjadwal di Facebook. Jika ada yang ingin kalian tanyakan silahkan tulis dikolom komentar.

Tinggalkan Balasan