Cara membuat Story di Telegram (Mirip status WA atau story IG)

Fitur stories atau cerita baru-baru ini muncul di Telegram. Yup fitur ini mirip dengan fitur story di Instagram atau fitur status di WhatsApp. Mirip tapi tidak sama persis ya, ada sedikit perbedaan disini. Penasaran? Silahkan lanjut baca ya.

Langkah Membuat Story atau Cerita di Telegram

Sebelumnya fitur ini hanya tersedia pada Telegram Premium, namun kini Telegram Stories sudah tersedia untuk semua pengguna.

Nah berikut adalah langkah membuat story di Telegram.

  1. Bukalah aplikasi Telegram seperti biasa.
  2. Dihalaman awal, tap ikon camera.
  1. Ambil foto atau video. Disini kamu bisa ambil foto/video lewat kamera atau dari galeri ya. Sebagai contoh disini aku ambil foto ya.
  1. Setelah mengambil foto, kamu akan dibawa kehalaman ‘New story’ atau ‘Cerita baru”. Disini kamu bisa melakukan editing seperti menambahkan teks, emoji, gif , stiker, dll.
  1. Kamu bisa eksplorasi fitur yang tersedia disana untuk mengkreasikan story kamu.
  2. Jika sudah, tap ‘Next’ untuk lanjut mengupload story.
  1. Selanjutnya akan muncul laman opsi story, atur sesuai kebutuhan, lalu tap ‘Post story”.
  1. Selesai. Story berhasil diupload. Dibagian atas akan muncul ikon ‘My story’ dan kamu bisa tekan ikon tsbt untuk melihat story yang telah terunggah.

Penjelasan opsi saat akan mengupload story

Disini ada tiga pengaturan,

  • Pertama pengaturan terkait pemirsa story. Kamu bisa pilih antara Everyone (Semua orang), My contact (Kontak saya), Close Friends (Teman dekat), Selected users (Hanya Pengguna Terpilih).
  • Kedua, pengaturan ‘Allow screenshots‘ (Perbolehkan mengambil tangkapan layar). Jika diaktifkan artinya kamu perbolehkan pemirsa untuk mengambil screenshot story tsbt.
  • Ketiga ‘Post to My Profile‘ (Posting ke profil saya), yang kalau diaktifkan akan menampilkan story tsbt dihalaman profil kamu meskipun story sudah lewat masa berlakunya (24 jam).

Story Telegram bisa di atur agar kadaluarsa dalam 6 Jam, 12 Jam, 24 Jam dan 48 Jam

Pengaturan ini sayangnya hanya tersedia untuk pengguna Telegram premium. Pengaturannya tersedia dihalaman pembuatan story, kamu bisa tap ikon 24 disebelah kolom pembuatan caption untuk mengganti waktu kadaluarsa story tsbt.


Demikianlah cara memposting cerita di Telegram. Bagaimana menurutmu, apakah kamu tertarik mencoba fitur ini?

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *