Cara membuat tulisan warna-warni di story Instagram

Sejak awal di luncurkan, dan menjadi media social yang menjadi media social terbesar untuk berbagi foto dan video. Instagram memang sudah menyita perhatian seluruh dunia. Indonesia sendiri menduduki peringkat ke empat sebagai negara dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia.

Instagram dengan fitur “cerita/story”-nya mampu menggait penggunanya untuk betah berlama-lama di instagram. Ada banyak sekali yang bisa kalian bagikan di Instagram story. Salah satu yang bisa dibagikan di story adalah tulisan/teks, yang bisa di create dengan background simpel atau ditambahkan ke foto.

Di saat kita menambahkan tulisan yang akan menggambarkan perasaan kita, tentunya kurang asyik jika tulisan yang akan kita unggah sebagai status warnanya monoton putih atau hitam saja.

Nah, disini akan dijelaskan bagaimana membuat tulisan warna-warni seperti pelangi.

Apa fungsinya? tidak ada fungsinya selain membuat tulisan kelihatan enak dipandang mata 😀 dan mungkin bisa “menggambarkan secara jelas perasaan kalian saat ini” yang sedang berwarna-warni juga.

created by admin (warna pelangi dengan gradasi yang smooth)

Admin: Aku sedikit menambahkan disini, bahwa tulisan warna-warni yang aku harapkan seperti diatas. Tapi hasil dan metode penulis agak berbeda. Teman-teman yang penasaran dengan tulisan pelangi buatan penulis bisa lanjut baca. Tapi jika butuhnya yang seperti diatas, bisa baca dilink ini https://bukugue.com/instagram-story-kreatif-dan-kekinian/#3-trik-membuat-tulisan-warna-warni-di-story-ig, mungkin nanti akan digabung jadi satu tulisan disini, karena kedua cara bisa dipakai dan menghasilkan tulisan warna-warni yang unik. Tapi untuk sementara aku biarin terpisah dulu, karena gabungin dua tulisan perlu waktu lebih banyak lagi. Maafkan admin yang pemalas ini. (ಥ﹏ಥ)

Cara membuat tulisan warna-warni seperti pelangi di Story Instagram (versi mas anwar)

Untuk membuat teks pelangi ini kita tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk membuat efek pelanginya. Kita hanya perlu menggunakan sedikit kreasi menggunakan fitur yang sudah di sediakan oleh pihak Instagram itu sendiri.

Berikut ini hasil yang akan diharapkan dari tutorial ini.

created by mas anwar (warna pelanginya kentara dan proses pembuatan simpel)

Seperti biasa, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka aplikasi Instagram yang ada di smartphone kalian masing-masing. Setelah itu baru kita bisa masuk ke tutorialnya.

1. Masuk ke “tambahkan cerita” untuk membuat story seperti biasa dengan tap icon “cerita anda”.

2. Akan muncul laman pembuatan story seperti dibawah ini. Ubah kepembuatan teks. Setelah itu kalian tuliskan saja teks apa yang kalian inginkan. Disini saya menggunakan background bawaan kalian bisa mengambil foto dulu untuk backgroundnya.

slide bagian bawahnya sampai muncul tempat pembuatan teks
slide bagian bawahnya sampai muncul tempat pembuatan teks

3. Saya disini menuliskan “Tutorial stori di Instagram di bukugue.com” sebagai contoh, terlihat disana tulisannya terbagi menjadi 3 baris. Setelah selesai tap “icon panah” di bawah tulisan untuk kembali ke halaman story.

klik icon panah untuk kembali ke stories menu

4. Sebelum kalian memulai mewarnai tulisan dengan efek pelangi kalian bisa mengganti jenis font dengan tap “nama font” dalam kotak kuning digambar dibawah ini. Setelah kalian pilih fontnya, tap “ikon centang” di pojok kanan atas.

5. Setelah itu kalian akan dibawa kembali ke halaman pembuatan story. Disini kita akan mengubah warna tulisan sehingga bisa seperti pelangi. Pertama blok/select dulu tulisannya.

kalian bisa blok (select) tulisannya dulu

6. Setelah kalian blok tulisannya, dibagian bawah akan ada bar pemilihan warna, tinggal pilih warna yang kalian mau.

pilih warna yang sesuai keinginan

7. Lakukan pengeblokan secara berkala (sedikit-sedikit) dan beri warna yang berbeda agar tampak degradasi dari perbedaan warnanya.

blok dan warnai dengan warna berbeda-beda

8. Dibawah ini adalah contoh hasilnya, dimana tulisan diberi warna yang berbeda dibeberapa penggalan kata.

warna tampak berbeda seperti warna pelangi

9. Jika kalian sudah puas dengan warnanya, kalian tinggal bagikan ke story kalian.


Warna yang berbeda akan menghasilkan arti emosional yang berbeda bagi setiap orang yang mempostingnya atau bagi seorang yang membacanya. Maka dari itu warna pelangi sendiri menurut saya dapat menggambarkan emosi yang bahagia atau situasi yang menyenangkan.

Selain background yang asli bawaan instagramnya. Kalian juga bisa menggunakan foto galeri atau foto yang bisa kalian ambil langsung dari jepretan smartphone kalian. di bawah ini adalah foto yang saya gunakan sebagai background adalah foto yang ada di galeri saya.

contoh dengan background foto

Selain foto untuk fontnya sendiri kalian juga bisa ubah sesuai dengan background yang kalian gunakan atau sesuai dengan keinginan kalian sendiri. Ada beberapa font yang sudah di sediakan oleh pihak instagramnya sendiri. Jadi kalian tidak terpaku pada satu bentuk font saja.

Kalian juga bisa memadukanya dengan menambahkan sticker jam, suhu, kuis, tanggal dan lain sebagainya, sesuai dengan ide situasi dan kreasi yang kalian miliki.

Ok saya rasa sudah cukup lengkap penjelasan saya ditutorial diatas. Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa tambahkan dikolom komentar dibawah ini. Sekian dan terima kasih.

Share woy :D

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan